Waketum MPR: Program Belajar dari Rumah Lewat TVRI Juga Perlu Untuk Siswa Madrasah

– Program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yg menggunakan TVRI sebagai media belajar dari rumah siswa SD hingga SMA mendapat apresiasi dari Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW).

NHW juga meminta supaya Menteri Agama (Menag) melakukan hal yg serupa buat siswa madrasah.

“Terobosan bagus dari Mendikbud yg mulai dilaksanakan pada 13 April 2020 itu sesuai dgn usulan dari Dr Dimyati Natakusumah, Wakil Ketua BURT DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, yg telah disampaikan sejak 25 Maret 2020 lalu,” ujarnya, dikutip dari Detikcom, Selasa, 14 April 2020.

Hidayat Nur Wahid juga meminta supaya kebijakan Mendikbud itu juga perlu ditingkatkan buat siswa SMK sebagaimana diusulkan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari FPKS yaitu Dr Fikri Faqih.

Baca Juga:  96 Pesantren dan Majelis Taklim di Lebak Rusak Berat Karena Banjir Bandang

Kemudian buat memaksimalkan belajar dari rumah, perlu ditekankan supaya acara TV baik sebelum acara belajar siswa, di tengah-tengah, atau setelah kegiatan belajar mengajar via TVRI itu supaya disterilkan dari program-program lainnya.

Apalagi, kata Hidayat, dari program yg tak sesuai dgn tujuan belajar dari rumah dan menghindarkan dari COVID-19.

“Bagusnya diisi dgn lagu-lagu kebangsaan atau hiburan yg mendidik, meningkatkan wawasan atau siaran-siaran yg meningkatkan cinta dan bangga dgn bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia pun juga menyampaikan bahwa Menag perlu meniru kebijakan Mendikbud yg sangat baik tersebut buat para siswa madrasah, baik siswa madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah maupun Aliyah.

“Saya telah usulkan ini ketika Rapat Kerja dgn Menteri Agama pada 25 Maret lalu. Harapannya dgn kebijakan pemerintah supaya kegiatan belajar siswa selama berada di rumah dapat diisi dgn kegiatan yg bermanfaat, sehingga tak ada materi pelajaran yg tertinggal, bahkan dapat memaksimalkan waktu dgn segala yg meningkatkan kualitas peserta didik,” ujar anggota Komisi VIII DPR RI yg membidangi urusan keagamaan ini.

Baca Juga:  Beredar Video, Kantor NU Solo Diserang Sekelompok Orang Berbendera Tauhid

“Saya berharap supaya Menag merealisasikan usulan ketika Raker dgn Komisi VIII DPR RI itu, yaitu membuat program pendidikan siswa-siswa madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah maupun aliyah ketika mereka belajar di rumah akibat pandemi via TVRI,” pungkasnya.





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.