Menimba Teladan dari Kisah Pemuda Ashabul Kahfi

Khutbah I

اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وعلى اله وأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم}، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Rasulullah SAW telah bersabda dalam sebuah hadits yg diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa kelak pada hari Kiamat Allah SWT mau memberikan perlindungan kepada tujuh (golongan) orang. Salah satunya ialah golongan pemuda yg menyibukkan dirinya dgn beribadah kepada Allah sebagaimana disebutkan dalam penggalan hadits berikut:

وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّه

Artinya: “Pemuda yg tumbuh dan berkembang dgn beribadah kepada Allah SWT”.

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Masa muda ialah masa di mana nafsu atau syahwat sedang menggelora sehingga tak jarang banyak pemuda terjerumus dalam kemaksiatan. Apalagi mereka yg telah terpengaruh oleh pandangan hidup hedonis, seperti “Muda foya-foya; tua kaya raya; dan mati masuk surga”. Pandangan itu jelas keliru sebab tak logis dan tak berdasar. Bagaimana mungkin dgn hidup foya-foya mau menjadi kaya raya di usia tua? Lalu bagaimana mau mati masuk surga dgn foya-foya di usia muda dan menumpuk harta di usia tua? Semboyan hidup ini memang keliru dan harus ditinggalkan sebab tak mendidik dan bahkan menjerumuskan.

Namun, pemuda yg mampu mengisi hari-harinya dgn ibadah kepada Allah ialah yg terselamatkan baik di dunia mamupun di akhirat, sebagaimana Ashabul Kahfi (para pemuda Kahfi) yg menghindari kezaliman penguasa demi mempertahankan aqidah mereka dan keleluasaan beribadah kepada Allah SWT. Dalam surah ke-18 di dalam Al-Qur’an ini, Allah SWT menceritakan kisah para pemuda itu. Surah itu diberi nama Al-Kahfi sesuai dgn nama kelompok pemuda tersebut. Penamaan surah ini menjadi bukti bahwa Ashabul Kahfi mendapat perhatian besar di dalam Al-Qur’an.

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Ashabul Kahfi ialah nama sekelompok pemuda beriman yg hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi, beberapa ratus tahun sebelum diutusnya Nabi Isa AS. Mereka hidup di tengah masyarakat penyembah berhala dgn seorang raja yg dzalim. Ketika sang raja mengetahui ada sekelompok pemuda yg tak menyembah berhala, maka sang raja marah lalu memanggil dan memerintahkan mereka buat mengikuti kepercayaan sang raja. Tapi Ashabul Kahfi menolak perintah itu dan lari menjauh dari sang raja. Dikejarlah mereka buat dibunuh. Namun, mereka selamat dari kejaran pasukan raja dgn bersembunyi di sebuah gua.

Kisah tersebut antara lain bersumber dari ayat 10 Surah Al-Kahfi sebagai berikut:

إِذ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: “(Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yg lurus dalam urusan kami (ini)”.

Ashabul Kahfi mencari tempat berlindung di sebuah gua demi menyelamatkan diri dari ancaman pembunuhan oleh pasukan Raja Diqyanus sebab menolak buat berhenti menyembah Allah SWT. Mereka berdoa supaya Allah SWT senantiasa memberinya petunjuk yg lurus dalam setiap urusan yg mereka hadapi. Usaha mereka buat bersembunyi di gua dan doa-doa mereka supaya Allah senantiasa memberinya petunjuk merupakan bukti bahwa Ashabul Kahfi ialah sekelompok pemuda yg gigih mempertahakan iman, yakni iman tauhid yg hanya menyembah Allah SWT.

Dengan perlindungan Allah SWT mereka kemudian tidur selama bertahun-tahun di dalam gua itu. Kisah ini dapat kita temukan sumbernya pada ayat 11 Surah Al-Kahfi sebagai berikut:

فَضَرَبْنَا عَلَى آذَانِهِمْ فِي الْكَهْفِ سِنِينَ عَدَدًا

Artinya: “Maka Kami tutup telinga mereka bertahun-tahun dalam gua itu.”

Allah melindungi mereka dgn membuat mereka tak mendengar apa-apa. Dengan cara ini mereka tidur nyenyak hingga ratusan tahun. Berapa lama sebenarnya mereka tidur dalam gua itu menjadi perdebatan di antara dua kelompok dalam Ashbul Kahfi sendiri ketika telah bangun sebagaimana dapat kita lihat pada ayat 12 berikut ini:

ثُمَّ بَعَثْنَاهُمْ لِنَعْلَمَ أَيُّ الْحِزْبَيْنِ أَحْصَى لِمَا لَبِثُوا أَمَدًا

Artinya: “Kemudian Kami bangkitkan mereka (dari tidurnya) buat Kami menguji siapakah dari dua golongan di antara mereka yg lebih tepat kiraannya, tentang lamanya mereka hidup (dalam gua itu)”.

Mereka kemudian bangun sebab Allah yg membangunkannya sebagaimana sebelumnya mereka tidur sebab Allah yg menidurkannya. Dengan kata lain mereka tidur selama berabad-abad itu sebab memang Allah menghendaki demikian dalam rangka menyelamatkan jiwa dan iman mereka. Ibnu Katsir dalam Tafsir Al-Qur’an al-‘Adzim; menyebut angka 309 tahun buat menunjukkan lamanya mereka tidur dalam gua. Mereka mulai tidur di jaman pemerintahan Raja Diqyanus dan baru bangun setelah raja yg berkuasa telah berganti beberapa generasi. Masyarakat beserta sang raja pada saat itu telah beriman kepada Allah SWT.

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa kisah Ashabul Kahfi di dalam Al-Qur’an bukanlah kisah yg kebetulan, tetapi Allah SWT memang sengaja menceritakan kisah itu sebab banyak pelajaran berharga di dalamnya yg dapat menjadi petunjuk bagi kita semua. Kesengajaan itu dapat kita lihat pada ayat 13 Surah Al-Kahfi berikut ini:

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى

Artinya:: “Kami ceritakan kisah mereka kepadamu (Muhammad) dgn sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu ialah pemuda-pemuda yg beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambahkan kepada mereka petunjuk;”

Allah sengaja mengangkat kisah Ashabul Kahfi sebagai kisah teladan dari para pemuda yg memang layak buat menjadi suri teladan dari generasi ke generasi. Apalagi di zaman sekarang dimana tingkat godaan lebih besar dari pada jaman dahulu. Yang lebih ditekankan dalam kisah Ashabul Kahfi ini ialah perlunya mempertahankan iman dalam kondisi apa pun. Iman memiliki peran sangat penting sebab dari situlah mau lahir amal-amal saleh dalam kehidupan di dunia ini yg buahnya mau dinikmati terutama di akhirat nanti.

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Hadits Nabi yg menyatakan bawa ada tujuh golongan orang yg mau mendapat perlindungan dari Allah SWT, yg salah satunya ialah para pemuda yg tumbuh dan berkembang dgn suka beribadah kepada Allah SWT, maka Ashabul Kahfi yg terdiri dari tujuh orang pemuda itu menjadi salah satu contohnya. Mereka ialah sekelompok pemuda yg tak menjadikan masa muda sebagai pembenar buat bermaksiat kepada Allah SWT dgn hidup berfoya-foya, tetapi justru banyak menghabiskan waktunya buat beribadah kepada Allah SWT. Ketika keselamatan jiwa mereka terancam, Allah melindungi mereka dgn membuatnya tidur selama berabad-abad hingga situasi kondusif.

Setelah mereka bangkit dan kembali pada kehidupan nyata, para pemuda itu melanjutkan ibadahnya kepada Allah SWT. Di dunia mereka mendapat perlindugan dari Allah SWT. Terlebih nanti di Hari Kiamat, mereka mau mendapat perlindungan dan pertolongan bersama-sama dgn keenam golongan orang lainnya, yakni: (1) para pemimpin yg adil, (2) orang-orang yg hatinya bergantung di masjid, (3) dua orang yg saling menyaygi sebab Allah, bersatu sebab Allah dan berpisah sebab Allah, (4) orang-orang yg diajak berbuat zina oleh wanita cantik dan kaya namun mereka menolak sebab takut pada Allah, (5) orang-orang yg bersedekah dgn ikhlas, dan (6) Orang-orang yg ketika mengingat Allah dalam kesendirian berlinang airmatanya.

Jamaah Jumat rahimakumullah,

Mudah-mudahan apa yg telah saya uraikan tersebut dapat bermanfaat khususnya buat diri saya sendiri, dan para jamaah pada umummya, dan lebih khusus bagi para pemuda. Semoga Allah SWT senantiasa menujukkan kita ke jalan yg diridhai-Nya. Amin, ya rabbal alamin

جَعَلَنا اللهُ وَإيَّاكم مِنَ الفَائِزِين الآمِنِين، وَأدْخَلَنَا وإِيَّاكم فِي زُمْرَةِ عِبَادِهِ المُؤْمِنِيْنَ : أعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيمْ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمانِ الرَّحِيمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ وذِكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Muhammad Ishom, dosen Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.