Assalamu ‘alaikum wr. wb. Pak ustadz, saya ialah seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta, dan tinggal beserta anak-istri di sebuah rumah yg sederhana. Kami memiliki tetangga non-muslim yg berkecukupan dan sangat baik. Setiap menjelang lebaran tetangga saya yg non-muslim itu membagi-bagikan sarung, sirup, dan sembako bahkan uang kepada kami yg muslim.<>
Dia selalu bilang: “Ini THR dari kami, mohon diterima dgn baik meski seadanyaâ€. Saya sering kali ragu buat menerimanya sebab yg memberikan ialah orang non-muslim. Yang mau saya tanyakan ialah bagaimana hukumnya menerima THR dari orang non-muslim? Mohon kiranya pak ustadz memberikan penjelasan hukumnya. Atas penjelasannya saya ucapkan terimakasih. Dedy/Jakarta        Â
Jawaban
Penanya yg budiman, semoga selalu dirahmati Allah swt. Setelah mencermati pertanyaan di atas, kami berkesimpulan bahwa THR yg diberikan orang non-muslim tersebut pada dasarnya masuk dalam kategori hadiah. Karena pemberian tersebut tanpa konpensasi. Maka sebelum menjawab pertanyaan tersebut kami mau menjelaskan sedikit tentang hukum memberikan hadiah.
Pada dasarnya hukum memberikan hadiah ialah sunnah, sebab hadiah dapat memberikan efek positif. Yaitu menumbuhkan welas-asih dan menjauhkan permusuhan. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh al-Qurthubi.
اَلْهَدÙيَّة٠مَنْدÙوبٌ Ø¥Ùلَيْهَا، ÙˆÙŽÙ‡ÙÙŠÙŽ Ù…Ùمَّا تÙوْرÙث٠الْمَوَدَّةَ وَتÙذْهÙب٠الْعَدَاوَةَ، رَوَى مَالÙÙƒÙŒ عَنْ عَطَاء٠بْن٠عَبْد٠الله٠الخÙرَاسَانÙيّ٠قَالَ قَالَ رَسÙول٠الله٠صَلَّى اللَّه٠عَلَيْه٠وَسَلَّمَ: تَصَاÙÙŽØÙوا يَذْهَبْ الْغÙلّ٠وَتَهَادَوْا تَØَابّÙوا وَتَذْهَبْ
“Hukum hadiah itu disunnahkan, dan hadiah itu dapat mewariskan kasih sayg dan menghilangkan permusuhan. Imam Malik telah meriwayatkan dari ‘Atha` bin Abdillah al-Khurasani, ia berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda, Hendaknya kalian saling bersalaman maka kedengkian mau sirna, dan hendaknya kalian saling memberi hadiah maka kalian mau saling menyaygi satu sama lainnya dan permusuhan mau sirnaâ€.(Al-Qurthubi, al-Jami’ li Ahkam al-Qur`an, Kairo-Dar al-Kutub al-Mishriyyah, cet ke-2, 1384 H/1964 M, juz, 13, h. 199).
Sampai disini sebenarnya tak ada persoalan. Namun kemudian muncul persoalan sebagaimana pertanyaan di atas. Yaitu, bagaimana bila yg memberikan hadiah ialah orang non-muslim?
Imam Bukhari pakar hadits terkemuka dan hadits riwayatnya diakui paling shahih di antara riwayat-riwayat ahli hadits yg lainya, dalam kitab Shahih-nya menulis bab khusus mengenai qabul al-hadiyah min al-musyrikink (kebolehan menerima hadiah dari non muslim).
Dalam bab ini Imam Bukhari menyuguhkan beberapa hadits yg menunjukkan kebolehan menerima hadiah dari non-muslim. Di antaranya ialah:
وَقَالَ سَعÙيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَس٠إÙنَّ Ø£ÙكَيْدÙرَ دÙومَةَ أَهْدَى Ø¥ÙÙ„ÙŽÙ‰ النَّبÙىّ٠صَلَّى الله٠عَلَيْه٠وَسَلَّمَ –رواه البخاري
“Said berkata, dari Qatadah dari Anas ra, sesungguhnya Ukaidira Dumah pernah memberikan hadiah kepada Nabi sawâ€. (HR. Bukhari).
Hadits lain yg juga dapat dijadikan dasar hukum kebolehan menerima hadiah dari orang non-muslim ialah hadits riwayat at-Tirmidzi yg mengisahkan bahwa Salman al-Farisi pernah memberikan hadiah kepada Rasulullah saw berupa ruthab (kurma basah). Pada saat Salman al-Farisi memberikan hadiah tersebut, ia belum masuk Islam. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Zainuddin al-‘Iraqi:
ÙˆÙŽÙÙيه٠قَبÙول٠هَدÙيَّة٠الْكَاÙÙر٠ÙÙŽØ¥Ùنَّ سَلْمَانَ رَضÙÙŠÙŽ اللَّه٠عَنْه٠لَمْ ÙŠÙŽÙƒÙنْ أَسْلَمَ إذْ ذَاكَ ÙˆÙŽØ¥Ùنَّمَا أَسْلَمَ بَعْدَ اسْتÙيعَاب٠الْعَلَامَات٠الثَّلَاث٠الَّتÙÙŠ كَانَ عَلÙمَهَا Ù…Ùنْ عَلَامَات٠النّÙبÙوَّة٠وَهÙÙŠÙŽ امْتÙنَاعÙÙ‡Ù Ù…Ùنْ الصَّدَقَة٠، وَأَكْلÙÙ‡Ù Ù„ÙلْهَدÙيَّة٠وَخَاتَم٠النّÙبÙوَّة٠وَإÙنَّمَا رَأَى خَاتَمَ النّÙبÙوَّة٠بَعْدَ قَبÙولÙ
“Di dalam hadits tersebut mengandung pengertian kebolehan menerima hadiah dari orang kafir. Sebab, Salman al-Farisi ketika memberikan hadiah kepada Rasulullah saw belum masuk Islam. Ia masuk Islam setelah mengentahui tiga tanda kenabian yaitu penolakan Rasulullah saw terhadap shadaqah (zakat), memakan hadiah, dan khatam an-nubuwwah. Hanya saja Salman al-Farisi ra melihat khatam an-nubuwwah setelah Rasulullah saw menerima hadiahnyaâ€. (Zainuddin al-‘Iraqi, Tharh at-Tatsrib fi Syrah at-Taqrib, Bairut-Mu`assah at-Tarikh al-‘Arabi, tt, juz, 4, h. 40).
Penjelasan singkat ini bila ditarik ke dalam kontesk pertanyaan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hukum menerima THR dari orang non-muslim ialah boleh sebagaimana bolehnya menerima hadiah dari orang non-muslim.
Demikian jawaban yg dapat kami kemukakan, semoga bermanfaat. Dan saran kami ialah hargailah pemberian orang lain meski tak seiman, hormati keyakinan orang lain, balasalah perbuatan baik orang lain dgn kebaikan pula. Karena, tiada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula. (Mahbub Ma’afi Ramdlan)       Â