Menag Fachrul Razi: Salat Id di Rumah Masing-masing

Ramadhan telah berlangsung 20 hari. Umat Islam mau segera memasuki fase 10 hari terakhir menjelang Idul Fitri.

Menag Fachrul Razi mengatakan, Ramadhan 1441 H/2020 M dijalani dalam suasana berbeda dgn tahun-tahun sebelumnya. Sebab, Ramadhan tahun ini berjalan dalam suasana pandemi. Status pandemi itu sendiri ditetapkan oleh WHO sejak Maret 2020.

Menag sangat berharap suasana pandemi ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal, baik di Indonesia maupun dunia.

Namun, mengingat pandemi masih belum selesai, Menag mengimbau supaya umat Islam menyambut Idul Fitri dgn tetap tinggal di rumah.

“Saya imbau umat Islam menjalankan Salat Id di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama, dalam penanganan COVID-19,” kata Menag di Jakarta, Rabu, 13 Mei 2020.

Baca Juga:  Menag: Dana Haji 2020 Bisa Diambil Calon Jemaah Jika Batal Berangkat

“Usahakan Salat Id jangan ditinggalkan, tapi diselenggarakan bersama keluarga di rumah, sesuai teladan Rasulullah SAW yg tak pernah meninggalkan shalat Id,” sambungnya.

Menag berharap para ulama, termasuk MUI, dapat terus memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang hukum fikih Islam dan tata cara Salat Idul Fitri yg merupakan Sunnah Muakkadah, yaitu, sunnah yg sangat dianjurkan.

“Mari kita sambut kehadiran Idul Fitri 1441 H dgn suka-cita dan bahagia, sebab itu ialah hari kemenangan dan hari kembalinya kita ke fitrah yg suci. Mari berbagi kepedulian kepada yg memerlukan, supaya mereka juga dapat berlebaran seperti kita semua,” ucap Fachrul Razi.

“Pandemi Covid-19 tak boleh mengurangi kebahagiaan dan kegembiraan kita dalam menyambut Idul Fitri 1441 H. Taqobalallahu Minna Waminkum, Semoga Allah menerima amal kita semua,” pungkasnya. (Rls)

Baca Juga:  Fenomena Baru di Arab Saudi, Perempuan Bebas Merokok di Muka Umum





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.