Membahas tentang Dahsyat, Inilah Makna & tiga Kebaikan dari Membaca Surat Al Kautsar

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang Dahsyat, Inilah Makna & tiga Kebaikan dari Membaca Surat Al Kautsar,

 Al-Kautsar merupakan surah ke-108 dalam Al-Quran, tergolong dalam surah Makkiyah dalam Al-Quran dan hanya memiliki 3 ayat. Surah Al-Kautsar mengandung arti nikmat yg luar biasa dari Allah Swt.

Surah ini diturunkan kepada Rasulullah ﷺ disebabkan suatu alasan yaitu kesedihan. Saat itu Rasulullah ﷺ ditinggalkan dua orang yg sangat dikasihi. Oleh sebab itu, surah ini berfungsi sebagai penghibur Rasulullah ﷺ.

Berikut bunyi Surah Al Kautsar:

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ

Innaa a'taina kal kauthar

“Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yg banyak.”

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Fa salli li rabbika wanhar

“Maka laksanakanlah shalat sebab Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

Inna shani-aka huwal abtar

“Sungguh, orang-orang yg membencimu dialah yg terputus (dari rahmat Allah).”

BACA: Masya Allah, Inilah 3 Keagungan Surah An-Nasr

Lalu apa saja kebaikan yg diperoleh dari membaca Al-Kautsar? Berikut melansir dari beberapa sumber mengenai surah Al-Kautsar. Yuk simak!

Makna surah Al-Kautsar

Dalam sebuah hadis yg diriwayatkan shahih Muslim. Dari Anas, ia berkata, suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di sisi kami dan ketika itu beliau dalam keadaan tidur ringan (tidak nyenyak). Lantas beliau mengangkat kepala dan tersenyum. Kami pun bertanya, “Mengapa engkau tertawa, wahai Rasulullah?” “Baru saja turun kepadaku suatu surat.” Lalu beliau membaca, (QS. Al Kautsar: 1-3). Kemudian beliau berkata, “Tahukah kalian apa itu Al Kautsar?” “Allah dan Rasul-Nya yg lebih mengetahui”, jawab kami. Rasulullah shallallahu  ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِنَّهُ نَهْرٌ وَعَدَنِيهِ رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْهِ خَيْرٌ كَثِيرٌ هُوَ حَوْضٌ تَرِدُ عَلَيْهِ أُمَّتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ آنِيَتُهُ عَدَدُ النُّجُومِ فَيُخْتَلَجُ الْعَبْدُ مِنْهُمْ فَأَقُولُ رَبِّ إِنَّهُ مِنْ أُمَّتِى. فَيَقُولُ مَا تَدْرِى مَا أَحْدَثَتْ بَعْدَكَ

“Al Kautsar ialah sungai yg dijanbilan oleh Rabbku ‘azza wa jalla. Sungai tersebut memiliki kebaikan yg banyak. Ia ialah telaga yg nanti mau didatangi oleh umatku pada hari kiamat nanti. Bejana (gelas) di telaga tersebut sejumlah bintang di langit. Namun ada dari sebagian hamba yg tak dapat minum dari telaga tersebut.  Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa mereka telah berbuat bid’ah setelahmu.” (HR. Muslim no. 400).

Keutamaan surah Al Kautsar

1. Mengatasi rasa sedih

Surah Al-Kautsar mau memberikan perasaan ketenangan dgn menghilangkan perasaan sedih yg dirasakan Hamba-Nya. Dengan cara mengamalkan surat ini setelah salat dan Allah mau memberikan banyak nikmat.

2. Bukakan pintu rezeki

Rezeki merupakan salah satu nikmat dari Allah Swt, dgn mengamalkan surah Al Kautsar maka Allah mau membantu membukakan banyak pintu rezeki sehingga yg diperoleh mau lebih banyak dan berkah.

3. Menjadi lebih bersyukur

Mengamalkan surah Al-Kautsar mampu membuat kita sebagai hamba Allah swt buat lebih bersyukur atas nikmat yg lebih diberikan melalui salat dan berkurban. Lalu dgn ini mau menjadi kita lebih dekat Allah swt.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang Dahsyat, Inilah Makna & tiga Kebaikan dari Membaca Surat Al Kautsar . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.