Membahas tentang Dua Peristiwa Penting yg Terjadi pada Bulan Jumadil Akhir

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang Dua Peristiwa Penting yg Terjadi pada Bulan Jumadil Akhir,

Jumadil Akhir merupakan bulan keenam dalam kalender Hijriah, yg memiliki arti musim kemarau yg penghadapatn. Dalam sejarah Islam, terdapat dua peristiwa penting yg terjadi di bulan Jumadil Akhir. Peristiwa tersebut ialah wafatnya Abu Bakar Ash Shiddiq dan terjadinya perang Yarmuk.

1. Wafatnya sahabat Nabi ﷺ

Abu Bakar Ash Shiddiq merupakan salah satu sahabat Rasulullah ﷺ yg wafat pada bulan Jumadil Akhir. Tepatnya pada tanggal 22 Jumadil Akhir tahun 13 Hijriah atau sekitar 12 Agustus 634 Masehi. Abu Bakar wafat pada usianya yg ke 63 tahun, lalu beliau dimakamkan bersebelahan dgn makam Rasulullah ﷺ.

Abu Bakar merupakan orang pertama yg masuk Islam dan sekaligus menerima dakwah dan membenarkan kerasulan Nabi Muhammad ﷺ. Sosok Abu Bakar Ash Shiddiq dikenal sebagai sosok yg penyabar dan memiliki akhlak yg luhur.

2. Perang Yarmuk

Perang ini terjadi pada bulan Jumadil Akhir tahun ke 13 Hijriah, yg dipimpin oleh Khalid bin Al-Walid dgn jumlah pasukan sebanyak 45.000 orang Muslimin. Dalam peperangan ini, separuh tentara Rum menghilang, dan dari pihak Muslimin mencapai 3000 orang syahid.

Perang ini akhirnya dimenangkan oleh tentara Muslim. Demikian dua peristiwa penting dalam sejarah Islam, semoga kita selalu mengingat sejarah Islam buat meningkatkan ketakwaan. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang Dua Peristiwa Penting yg Terjadi pada Bulan Jumadil Akhir . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.