Membahas tentang Doa ketika Membeli Hewan Peliharaan

Sebagian kita memiliki hobi memelihara hewan sebab lucunya atau sebab semata-mata senang saja. Kita menerima hewan peliharaan itu melalui pemberian atau hadiah orang lain, barter, maupun pembelian.

Kita pun berharap supaya hewan peliharaan yg baru kita beli dapat tunduk dan jinak sehingga tak membahayakan kita. Oleh sebabnya kita dapat berdoa ketika membeli hewan peliharaan sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumiddin [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 412).

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

Allâhumma innî as’aluka khairahû wa khaira mâ jubila alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihî wa syarri mâ jubila alaih.

Artinya: “Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yg diciptakan buatnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yg diciptakan buatnya.”

Sayyid Muhammad Az-Zabidi dalam Kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah Ihya Ulumiddin) mengatakan, riwayat ini telah diverifikasi oleh Al-Iraqi. Doa ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah dari hadits Amr bin Syu’aib. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman 113). Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)

 





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.