Membahas tentang Hukum Meninggalkan Salat Jumat tiga Kali Berturut-turut, Laki-Laki Wajib Tahu!

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang Hukum Meninggalkan Salat Jumat tiga Kali Berturut-turut, Laki-Laki Wajib Tahu!,

Salat Jumat merupakan salah satu ibadah yg diwajibkan bagi umat Islam, terutama laki-laki. Salat ini terdiri dari dua rakaat yg dilakukan setiap hari Jumat, secara berjamaah pada waktu dzuhur.

Kewajiban melaksanakan salat Jumat tercantum dalam QS. Al-Jumu`ah ayat 9 yg berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: Wahai orang-orang yg beriman! Apabila telah diseru buat melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu bila kamu mengetahui.

Perintah salat Jumat dalam ayat di atas diperkuat oleh sabda Rasulullah ﷺ:

و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ قَالَ مَالِك لَا أَدْرِي أَعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْ لَا أَنَّهُ قَالَ
مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ وَلَا عِلَّةٍ طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

Artinya: Telah menceritakan kepadaku dari Malik dari Shafwan bin Sulaim, Malik berkata; Saya tak tahu apakah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam atau tidak? Yaitu perkataan, “Barang siapa meninggalkan salat Jumat tiga kali tanpa ada udzur (halangan) dan alasan, niscaya Allah telah menutup hatinya.” (HR. Malik)

Melihat firman Allah Swt dan sabda Rasulullah ﷺ di atas sangat jelas bahwa perintah salat Jumat ini tak dapat dianggap sepele. Hal ini disebabkan adanya kalimat ancaman dari Allah buat mereka yg tak melaksanakannya. Terlebih lagi bila sampai meninggalkannya 3 kali berturut-turut tanpa adanya udzur.

Dalam hadis tersebut Allah Swt mau menutup hati mereka yg dgn mudahnya meninggalkan salat Jumat, bahkan mencapai 3 kali berturut-turut. Orang yg hatinya telah tertutup, maka tak mau dapat menerima kebaikan.

Kebaikan yg dimaksud di sini bukan sekedar informasi-informasi baik yg diberikan. Tetapi mereka mau susah buat menerima nur (cahaya) atau petunjuk dari Allah. Sehingga ada yg berkata bila ada laki-laki muslim yg meninggalkan salat Jumat 3 kali berturut-turut tanpa udzur, maka mereka telah dianggap keluar dari Islam.

Oleh sebab itu, sebagai umat muslim yg beriman hendaklah menyegerakan panggilan-Nya supaya terhindar dari hal-hal yg mau menyeret kita kepada dosa.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang Hukum Meninggalkan Salat Jumat tiga Kali Berturut-turut, Laki-Laki Wajib Tahu! . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.