Membahas tentang lima Ayat Al-Quran Tentang Perintah Salat lima Waktu

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang lima Ayat Al-Quran Tentang Perintah Salat lima Waktu,

Salat diartikan sebagai ibadah yg diawali dgn niat dan takbir, lalu diakhiri salam sambil memanjatkan doa kepada Allah. Perintah salat 5 waktu ini turun sejak Rasulullah melakukan perjalanan Isra' Mi'raj pada tanggal 27 Rajab.

Sejak terjadinya peristiwa tersebut, umat muslim diwajibkan melakukan salat 5 waktu sehari semalam dgn waktu yg telah ditentukan oleh Allah Swt.

Sebagaimana firman Allah Swt dalam penggalan Al-Quran Surah An-Nisa ayat 103:

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: Sungguh, salat itu ialah kewajiban yg ditentukan waktunya atas orang-orang yg beriman.

Begitu banyak ayat Al-Quran yg menyebutkan tentang perintah salat. Tapi pada kali ini hanya merangkum 5 ayat dari beberapa sumber, di antaranya:

1. Al-Baqarah ayat 43

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Artinya: Dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yg rukuk.

2. Al-Baqarah ayat 45

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ

Artinya: Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yg demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yg khusyuk.

3. Al-Baqarah ayat 110

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya: Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yg kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu mau mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yg kamu kerjakan.

4. Al-Isra ayat 78

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: Dirikanlah salat dari setelah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah salat Subuh. Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan oleh malaikat.

5. Hud ayat 114

وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ طَرَفَىِ ٱلنَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ ٱلَّيْلِ ۚ إِنَّ ٱلْحَسَنَٰتِ يُذْهِبْنَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّٰكِرِينَ

Artinya: Dan dirikanlah salat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan ketimbang malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yg baik itu menghapuskan dosa perbuatan yg buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yg ingat.

Perintah salat memang tak selalu disebutkan secara gamblang dalam Al-Quran. Namun, tak diragukan lagi bahwa perintah salat lima waktu sehari semalam memang ada. Dan sebagai umat muslim hendaklah kita melaksanakannya tanpa ragu dan khusyuk.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang lima Ayat Al-Quran Tentang Perintah Salat lima Waktu . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.