Karamah Umar bin Abdul Azis, Serigala Jadi Jinak

Siapa yg tak kenal dgn sosok khalifah ke-5, Umar bin Abdul Aziz yg terkenal dgn sikap adil dan zuhud. Keramat seputar keadilannya ini terekam dalam sebuah kisah sebagaimana diceritakan dalam kitab “Hikayat Islamiyyah Qablan Naumi lil Atfhal” karya Najwa Husain Abdul Aziz.<>

Suatu ketika ada serigala pada masa kepemimpinan Khalifah Umar bin Abdul Aziz yg bercampur dgn ratusan kambing yg digembalakan oleh seseorang.

Dikisahkan bahwa ada seorang saleh melewati tempat gembalaan kambing dan melihat keanehan perihal serigala yg dapat bersatu dgn kambing-kambing. Karena merasa aneh dan heran, akhirnya orang saleh tersebut mendekati penggembala kambing dan bertanya perihal yg dilihatnya.

“Wahai penggembala, kenapa kok dapat bercampur antara serigala dan kambing-kambing yg Tuan gembalakan, dan serigala tersebut tak memangsa kambing-kambing?” tanya orang saleh keheranan.

Kemudian penggembala menjawab, “Wahai saudarakau apa yg tuan lihat itu ialah karamah dan bukti keadilan khalifah Umar bin Abdul Aziz dalam memimpin”.

Beberapa hari kemudian orang saleh itu melewati kembali lokasi gembalaan kambing, dan menyaksikan serigala yg sedang memangsa salah satu kambing. Si kambing menjerit histeris dan akhirnya mati.
Ternyata kejadian tersebut bersamaan dgn wafatnya khalifah Umar bin Abdul Aziz. (Ahmad Rosyidi)





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.