Khutbah I
Â
اَلسَّلاَم٠عَلَيْكÙمْ وَرَØْمَة٠الله٠وَبَرَكَاتÙهْ
اَلْØَمْد٠Ùلله٠جَعَلَ رَمَضَانَ شَهْرًا Ù…Ùبَارَكًا، ÙˆÙŽÙَرَضَ عَلَيْنَا الصّÙيَامَ Ù„Ùأَجْل٠التَّقْوٰى. أَشْهَد٠أَنْ لَاۧ Ø¥Ùلٰهَ Ø¥Ùلَّا الله٠وَØْدَه٠لاَ شَرÙيْكَ Ù„ÙŽÙ‡ÙØŒ وَأَشْهَد٠أَنَّ Ù…ÙØَمَّدًا عَبْدÙه٠وَرَسÙوْلÙÙ‡Ù . اَللّٰهÙمَّ صَلّ٠وَسَلّÙمْ عَلٰى سَيّÙدÙنَا Ù…ÙŽØَمَّد٠نÙالْمÙجْتَبٰى، وَعَلٰى آلÙه٠وَصَØْبÙه٠أَهْل٠التّÙقٰى وَالْوَÙٰى. أَمَّا بَعْدÙ
ÙَيَاأَيّÙهَا الْمÙسْلÙÙ…Ùوْنَ! Ø£ÙوْصÙيْكÙمْ ÙˆÙŽÙ†ÙŽÙْسÙيْ بÙتَقْوَى الله٠وَطَاعَتÙÙ‡Ù Ùَقَدْ Ùَازَ مَن٠اتَّقَى. Ùَقَالَ الله٠تَعَالٰى ÙÙيْ ÙƒÙتَابÙه٠الْكَرÙيْم٠: أَعÙوْذ٠بÙالله٠مÙÙ†ÙŽ الشَّيْطَان٠الرَّجÙيْمÙØŒ بÙسْم٠الله٠الرَّØْمٰن٠الرَّØÙيْمÙ
يَاۤأَيّÙهَا الَّذÙيْنَ ءٰمَنÙوا ÙƒÙتÙبَ عَلَيْكÙم٠الصّÙيَام٠كَمَا ÙƒÙتÙبَ عَلَى الَّذÙيْنَ Ù…Ùنْ قَبْلÙÙƒÙمْ لَعَلَّكÙمْ تَتَّقÙوْنَ
Â
Ma`âsyiral Muslimîn jamaah shalat Jumat hafidhakumullâh,Â
Â
Pada kesempatan yg mulia ini marilah kita tingkatkan kualitas takwa kita, di antaranya dgn berusaha melaksanakan ibadah Ramadhan dgn sebaik-baiknya.Â
Â
Kita saat ini berada di bulan suci Ramadhan, yaitu bulan yg diberkahi. Terutama sebab di bulan Ramadhan ini ada peristiwa agung, yaitu Nuzul al-Qur’an (turunnya kitab suci al-Qur’an). Al-Qur’an ini berfungsi sebagai nûr (cahaya), hudan (petunjuk), dan rahmat bagi manusia.Â
Â
Telah maklum bahwa Ramadhan ialah bulan keberkahan, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits:
Â
عَنْ أَبÙيْ Ù‡Ùرَيْرَةَ رَضÙÙŠÙŽ الله٠عَنْه٠قَالَ : كَانَ رَسÙوْل٠الله٠ﷺ ÙŠÙبَشّÙر٠أَصْØَابَهÙØŒ ÙŠÙŽÙ‚Ùوْل٠: ” قَدْ جَاۤءَكÙمْ شَهْر٠رَمَضَانَ شَهْرٌ Ù…Ùبَارَكٌ Ùَرَضَ الله٠عَلَيْكÙمْ صÙيَامَهÙØŒ تÙÙْتَØÙ ÙÙيْه٠أَبْوَاب٠الْجَنَّةÙØŒ وَتÙغْلَق٠ÙÙيْه٠أَبْوَاب٠النَّارÙØŒ ÙÙيْه٠لَيْلَةٌ خَيْرٌ Ù…Ùنْ أَلْÙ٠شَهْرÙØŒ مَنْ ØÙرÙÙ…ÙŽ خَيْرَها Ùَقَدْ ØÙرÙÙ…ÙŽ ” )وَهٰذَا Ù„ÙŽÙْظ٠Øَمَّاد٠بْن٠زَيْدÙØŒ أَخْرَجَه٠النَّسَائÙيّÙØŒ عَنْ بÙشْر٠بْن٠هÙلَالÙ( Ù€
Â
Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata: Rasulullah s.a.w. memberikan kabar gembira kepada para sahabat beliau. Beliau bersabda: telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, yaitu bulan yg diberkahi, Allah telah memfardhukan (mewajibkan) atas kalian berpuasa di bulan itu, di bulan itu dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan di bulan itu pula ada Lailatul Qadar (Malam Qadar) yg lebih baik dari seribu bulanâ€, Siapa saja yg terhalang dari kebaikan malam itu maka ia terhalang dari rahmah Tuhan (HR. al-Nasa’i).
Â
Oleh sebab itu, sesungguhnya kita diajarkan oleh Nabi Muhammad supaya menyambut bulan Ramadhan ini dgn mempersiapkan diri sebaik-baiknya sejak jauh-jauh hari, dari bulan Rajab. Sejak bulan Rajab kita diajarkan buat memohon keberkahan hidup di bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan. Dalam hadits yg diriwayatkan oleh imam Ahmad, kita diajarkan supaya berdoa:
Â
اَللّٰهÙمَّ بَارÙكْ لَنَا ÙÙيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَارÙكْ لَنَا ÙÙيْ رَمَضَانَ
Â
â€Wahai Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan bulan Sya’ban, dan berkahilah pula kami di bulan Ramadhan.â€Â
Â
Mengapa kita diajarkan buat memohon keberkahan? Apakah keberkahan penting bagi kita? Ini sebab keberkahan hidup menjadi dambaan setiap orang yg berakal sehat. Berkah berarti bertambah. Dalam makna luas berkah berarti bertambah kebaikan (ziyâdat al-khair fî al-syai’), termasuk kesejahteraan baik dari segi material maupun immaterial.
Â
Berkah dalam arti materi, seperti harta benda yg kita miliki makin bertambah, dan usaha semakin maju. Berkah dalam arti immateri, seperti ketenteraman hati kita makin terasa, dan pengetahuan dan wawasan yg semakin bertambah luas, yg mengarahkan kepada sikap dan perbuatan yg penuh hikmah kebijaksanaan, sikap dan perbuatan yg moderat, tak ekstrem, sikap dan perbuatan yg mencerminkan rahmatan lil ‘alamin.Â
Â
Ma’asyiral Muslimin yg semoga dimuliakan Allah,
Â
Di antara hikmah bulan Ramadhan ialah ada pengabulan doa bagi orang yg berdoa; ada penerimaan tobat orang yg bertobat, dan ada pengampunan bagi orang yg mohon ampunan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Qudsi yg panjang, yg diriwayatkan dari Ibn ‘Abbas radhiyallau ‘anhuma, di dalam bagian hadits ini disebutkan:
Â
ÙŠÙŽÙ‚Ùوْل٠الله٠– عَزَّ وَجَلَّ – ÙÙÙŠ ÙƒÙلّ٠لَيْلَة٠مÙنْ شَهْر٠رَمَضَانَ ثَلاثَ مَرَّات٠: هَلْ Ù…Ùنْ سَاۤئÙÙ„Ù ÙÙŽØ£ÙعْطÙيَه٠سÙؤَلْه٠؟ هَلْ Ù…Ùنْ تَاۤئÙب٠ÙَأَتÙوْبَ عَلَيْه٠؟ هَلْ Ù…Ùنْ Ù…ÙسْتَغْÙÙر٠ÙَأَغْÙÙرَ Ù„ÙŽÙ‡ÙØŸ
Â
“Dalam setiap malam bulan Ramadhan Allah ‘azza wa jalla berseru sebanyak tiga kali: Adakah orang yg meminta maka aku penuhi permintaannya? Adakah orang yg bertobat maka aku terima tobatnya? Dan adakah orang yg memohon ampunan maka aku ampuni dia?†(HR. Al-Thabrâni dan al-Baihaqî).Â
Â
Jamaah shalat Jumat yg semoga dimuliakan Allah,
Â
Pada bulan Ramadhan kita diwajibkan berpuasa, yg tujuan utamanya ialah buat menjadikan kita orang-orang yg bertakwa. Sejarah kewajiban puasa Ramadhan ini ditetapkan pada bulan Sya’ban Tahun Kedua Hijriyah, yg mengandung banyak hikmahnya.Â
Â
Di antara hikmah berpuasa Ramadhan ialah mensyukuri nikmat Tuhan yg diberikan kepada kita selama ini. Karena makna ibadah secara mutlak, termasuk ibadah puasa, ialah ungkapan syukur dari seorang hamba kepada Tuhannya atas nikmat-nikmat yg telah diberikan kepadanya. Sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an, bahwa kita tak mau dapat menghitung nikmat Tuhan (QS. Ibrâhim [14]: 34).
Â
Dalam puasa Ramadhan setaknya ada 3 faedah (manfaat), yaitu fâ’idah rûhiyyah (manfaat psikologis/spiritual/kejiwaan), fâ’idah ijtimâ’iyyah (manfaat sosial-kemasyarakatan) dan fâ’idah shihhiyyah (manfaat kesehatan).
Â
Di antara faedah kejiwaan dari berpuasa Ramadhan ialah pembiasaan diri kita supaya berlaku sabar, ajaran supaya kita mengekang hawa nafsu, dan ekspresi atau ungkapan mengenai karakteristik takwa yg tertanam dalam hati. Takwa itulah yg menjadi tujuan khusus dalam berpuasa Ramadhan. Â
Â
Di antara faedah sosial-kemasyakatan dalam puasa Ramadhan ini ialah pembiasaan kita, umat Islam, buat tertib, disiplin dan bersatu padu, cinta keadilan dan kesetaraan di antara umat Islam: antara yg kaya dan yg miskin, antara yg pejabat dan rakyat, antara pengusaha dan karyawan, dan seterusnya. Tidak ada perbedaan di antara mereka, semuanya wajib berpuasa ketika telah memenuhi persyaratannya. Juga di antara faedah sosial dari puasa ialah pembentukan rasa kasih sayg dan berbuat baik di antara kaum Muslim, sebagaimana puasa Ramadhan ini melindungi masyarakat dari keburukan-keburukan dan kemafsadatan.
Â
Adapun di antara manfaat kesehatan dari berpuasa Ramadhan ialah berpuasa itu membersihkan usus-usus dan pencernaan, memperbaiki perut yg terus-menerus beraktifitas, membersihkan badan dari lendir-lendir/lemak-lemak, kolesterol yg menjadi sumber penyakit, dan puasa dapat menjadi sarana diet atau pelangsing badan.Â
Â
Jamaah shalat Jumat hafidhakumullah,
Â
Oleh sebab itu, marilah Bulan Ramadhan ini, kita jadikan bulan kesederhanaan, bulan peribadatan, bulan memperbanyak berbuat kebabilan kepada orang-orang fakir dan orang-orang yg membutuhkan bantuan, bulan perlindungan badan kita, ucapan kita dan hati kita dari hal-hal yg dilarang agama, seperti perkataan keji (qaul az-zûr), ghibah, menebar hoaks, fitnah, hate speech (ujaran kebencian), dan adu domba, baik secara langsung maupun melalui media-media digital, media elektronik, televisi, radio, internet, dan media sosial (medsos). Intinya marilah kita jadikan bulan Ramadhan ini bulan penyucian badan dan rohani kita dari segala keburukan, supaya kita mendapatkan hikmah yg berharga dan keberkahan hidup.
Â
Saudara-saudara jamaah shalat Jumat yg dimuliakan Allah,
Â
Sebagai penutup khutbah pertama ini marilah kita renungkan firman Allah Ta’ala dalam QS. al-A’raf (7): ayat 96:
Â
أَعÙوْذ٠بÙالله٠مÙÙ†ÙŽ الشَّيْطَان٠الرَّجÙيْمÙ
وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقÙرَىٓ ءٰمَنÙوْا وَاتَّقَوْا Ù„ÙŽÙَتَØْنَا عَلَيْهÙمْ بَرَكٰت٠مّÙÙ†ÙŽ السَّمَآء٠وَاْلأَرْض٠وَلَكÙنْ كَذَّبÙوْا ÙَأَخَذْنٰهÙمْ بÙمَا كَانÙوْا يَكْسÙبÙوْنَ.
Â
Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami mau melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka sesuai dgn apa yg telah mereka kerjakan.Â
Â
Semoga kita mendapatkan hikmah yg berharga dan keberkahan di bulan Ramadhan ini. Amîn yâ rabbal ‘âlamîn.Â
Â
بَارَكَ الله٠لÙيْ ÙˆÙŽÙ„ÙŽÙƒÙمْ بÙاْلÙقْرءَان٠اْلعَظÙيْم٠وَنَÙَعَنÙيْ ÙˆÙŽØ¥ÙيَّاكÙمْ Ùبمَا ÙÙيْه٠مÙÙ†ÙŽ اْلآيَات٠وَالذّÙكْر٠الْØÙŽÙƒÙيْمÙ, ÙَاسْتَغْÙÙرÙوْه٠إÙنَّهٗ Ù‡ÙÙˆÙŽ اْلغَÙÙوْر٠الرَّØÙيْمÙ
Â
Khutbah II
Â
اَلْØَمْد٠لله٠عَلىَ Ø¥ÙØْسَانÙه٠وَالشّÙكْر٠لَه٠عَلىَ تَوْÙÙيْقÙه٠وَاÙمْتÙنَانÙÙ‡Ù. وَأَشْهَد٠أَنْ لاَ اÙÙ„ÙŽÙ‡ÙŽ Ø¥Ùلاَّ الله٠وَالله٠وَØْدَه٠لاَ شَرÙيْكَ لَه٠وَأَشْهَد٠أنَّ سَيّÙدَنَا Ù…ÙØَمَّدًا عَبْدÙه٠وَرَسÙوْلÙه٠الدَّاعÙÙ‰ إلىَ رÙضْوَانÙÙ‡Ù. اللهÙمَّ صَلّ٠عَلَى سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠وÙعَلَى اَلÙه٠وَأَصْØَابÙه٠وَسَلّÙمْ تَسْلÙيْمًا ÙƒÙثيْرًا
Â
أَمَّا بَعْد٠Ùَياَ اَيّÙهَا النَّاس٠اÙتَّقÙوا اللهَ ÙÙيْمَا أَمَرَ وَانْتَهÙوْا عَمَّا Ù†ÙŽÙ‡ÙŽÙ‰ وَاعْلَمÙوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكÙمْ بÙأَمْر٠بَدَأَ ÙÙيْه٠بÙÙ†ÙŽÙْسÙه٠وَثَـنَى بÙمَلآ ئÙكَتÙه٠بÙÙ‚ÙدْسÙه٠وَقَالَ تَعاَلَى Ø¥Ùنَّ اللهَ وَمَلآئÙكَتَه٠يÙصَلّÙوْنَ عَلىَ النَّبÙÙ‰ يآ اَيّÙهَا الَّذÙيْنَ آمَنÙوْا صَلّÙوْا عَلَيْه٠وَسَلّÙÙ…Ùوْا تَسْلÙيْمًا. اللهÙمَّ صَلّ٠عَلَى سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠صَلَّى الله٠عَلَيْه٠وَسَلّÙمْ وَعَلَى آل٠سَيّÙدÙناَ Ù…ÙØَمَّد٠وَعَلَى اَنْبÙيآئÙÙƒÙŽ وَرÙسÙÙ„ÙÙƒÙŽ وَمَلآئÙكَة٠اْلمÙقَرَّبÙيْنَ وَارْضَ اللّهÙمَّ عَن٠اْلخÙÙ„ÙŽÙَاء٠الرَّاشÙدÙيْنَ أَبÙÙ‰ بَكْر٠وَعÙمَر وَعÙثْمَان وَعَلÙÙ‰ وَعَنْ بَقÙيَّة٠الصَّØَابَة٠وَالتَّابÙعÙيْنَ وَتَابÙعÙÙŠ التَّابÙعÙيْنَ Ù„ÙŽÙ‡Ùمْ بÙاÙØْسَان٠اÙلَىيَوْم٠الدّÙيْن٠وَارْضَ عَنَّا مَعَهÙمْ بÙرَØْمَتÙÙƒÙŽ يَا أَرْØÙŽÙ…ÙŽ الرَّاØÙÙ…Ùيْنَ
Â
اَللهÙمَّ اغْÙÙرْ Ù„ÙلْمÙؤْمÙÙ†Ùيْنَ وَاْلمÙؤْمÙنَات٠وَاْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ وَاْلمÙسْلÙمَات٠اَلاَØْيآء٠مÙنْهÙمْ وَاْلاَمْوَات٠اللهÙمَّ أَعÙزَّ اْلإÙسْلاَمَ وَاْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ ÙˆÙŽØ£ÙŽØ°Ùلَّ الشّÙرْكَ وَاْلمÙشْرÙÙƒÙيْنَ وَانْصÙرْ عÙبَادَكَ اْلمÙÙˆÙŽØÙ‘ÙدÙيَّةَ وَانْصÙرْ مَنْ نَصَرَ الدّÙيْنَ وَاخْذÙلْ مَنْ خَذَلَ اْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ ÙˆÙŽ دَمّÙرْ أَعْدَاءَ الدّÙيْن٠وَاعْل٠كَلÙمَاتÙÙƒÙŽ Ø¥ÙÙ„ÙŽÙ‰ يَوْمَ الدّÙيْنÙ. اللهÙمَّ ادْÙَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزÙÙ„ÙŽ وَاْلمÙØÙŽÙ†ÙŽ وَسÙوْءَ اْلÙÙتْنَة٠وَاْلمÙØÙŽÙ†ÙŽ مَا ظَهَرَ Ù…Ùنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدÙنَا اÙنْدÙونÙيْسÙيَّا خآصَّةً وَسَائÙر٠اْلبÙلْدَان٠اْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمÙيْنَ. رَبَّنَا آتÙناَ ÙÙÙ‰ الدّÙنْيَا Øَسَنَةً ÙˆÙŽÙÙÙ‰ اْلآخÙرَة٠Øَسَنَةً ÙˆÙŽÙ‚Ùنَا عَذَابَ النَّارÙ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْÙÙسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْÙÙرْ لَنَا وَتَرْØَمْنَا Ù„ÙŽÙ†ÙŽÙƒÙوْنَنَّ Ù…ÙÙ†ÙŽ اْلخَاسÙرÙيْنَ. عÙبَادَالله٠! Ø¥Ùنَّ اللهَ يَأْمÙرÙ بÙاْلعَدْل٠وَاْلإÙØْسَان٠وَإÙيْتآء٠ذÙÙŠ اْلقÙرْبىَ وَيَنْهَى عَن٠اْلÙÙŽØْشآء٠وَاْلمÙنْكَر٠وَاْلبَغْي يَعÙظÙÙƒÙمْ لَعَلَّكÙمْ تَذَكَّرÙوْنَ وَاذْكÙرÙوا اللهَ اْلعَظÙيْمَ يَذْكÙرْكÙمْ وَاشْكÙرÙوْه٠عَلىَ Ù†ÙعَمÙه٠يَزÙدْكÙمْ ÙˆÙŽÙ„ÙŽØ°Ùكْر٠الله٠أَكْبَرْ
Â
Â
Ustadz Ahmad Ali MD, Pengurus Lembaga Dakwah PBNU
Uncategorized