Khutbah Jumat: Oleh-oleh Haji & Umrah

Khutbah I

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ، ـ
أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ في مُحْكَمِ كِتَابِهِ: وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ  

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Mengawali khutbah yg singkat ini, khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi buat senantiasa berusaha meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala dgn menjalankan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari segala yg dilarang dan diharamkan.

Hadirin rahimakumullah,

Tema khutbah kali ini ialah tentang buah tangan atau oleh-oleh yg biasa dibawa oleh jamaah haji dan umrah dan dihadiahkan kepada para tamu sekembalinya mereka dari Tanah Suci. Meskipun tahun ini tak ada pemberangkatan jamaah haji asal Indonesia ke Tanah Suci (akibat pandemi Covid-19), namun khatib mau menyampaikan tema ini dgn maksud buat mengobati kerinduan kita mau Tanah Suci dan hal-hal yg berkaitan dgn haji dan umrah.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Ada beberapa oleh-oleh yg biasanya dihadiahkan para jamaah haji dan umrah kepada para tamu sesampainya mereka di tanah air. Di antaranya ialah:

Pertama, siwak.

Mengenai keutamaan siwak, Nabi shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda:

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ (رواه البخاريّ) ـ

Maknanya: “Siwak ialah alat yg membersihkan mulut dan sebab buat mendapatkan ridha Allah” (HR al-Bukhari). 

Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

رَكْعَتَانِ بِسِوَاكٍ أَفْضَلُ مِنْ سَبْعِيْنَ رَكْعَةً مِنْ غَيْرِ سِوَاكٍ (رواه ابن ماجه) ـ

Maknanya: “Dua rakaat yg disertai dgn siwak itu lebih utama dari 70 rakaat tanpa disertai dgn siwak” (HR Ibnu Majah). 

Siwak ialah kayu atau semacamnya yg digunakan buat membersihkan gigi dan mulut. Boleh menggunakan semua jenis kayu. Namun yg paling utama digunakan ialah kayu Arak (الأراك). Disunnahkan bersiwak ketika hendak melaksanakan shalat, ketika mau berwudlu’, setelah membasuh kedua telapak tangan saat wudlu’, sebelum tayamum, sebelum membaca al Qur`an, pada saat gigi menguning, pada saat tawaf dan ketika bangun dari tidur. Disunnahkan bersiwak dgn tangan kanan, memulai dari bagian kanan mulut kemudian kembali ke tengah lalu dijalankan ke arah kiri mulut lalu kembali lagi ke tengah, setelah itu dijalankan di langit-langit mulut dgn lembut, disertai niat mau memperoleh kesunnahan. Di antara manfaat siwak ialah membersihkan mulut, meraih ridha Allah, menguatkan gusi, melipatgandakan pahala, memutihkan gigi, membantu mengeluarkan huruf-huruf dari makhrajnya dan mengingatkan dua kalimat syahadat menjelang kematian. Siapakah di antara kita yg tak berharap mampu mengucapkan dua kalimat syahadat ketika maut menjelang?. Oleh sebabnya, marilah kita jaga dan pelihara sunnah yg agung ini.

Kedua, air zamzam. 

Disunnahkan meminum air zamzam. Seseorang yg memiliki hajat atau keperluan tertentu, hendaklah minum air zamzam dgn niat supaya dikabulkan hajatnya dan hendaklah membaca doa berikut ini sebelum meminumnya: 

اللهم إِنَّهُ بَلَغَنِي أَنَّ نَبِيَّكَ قَالَ: مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ، اللهم إِنِّـي أَشْرَبُهُ سَائِلاً عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

“Ya Allah, sungguh telah sampai kepadaku berita bahwa Nabi-Mu bersabda: “Air zamzam bermanfaat buat tercapainya tujuan sesuai dgn niat orang yg meminumnya,” Ya Allah sungguh aku meminumnya buat memohon ilmu yg  bermanfaat, rezeki yg lapang dan kesembuhan dari segala macam penyakit.”

Setelah itu, memohon hajat apa pun yg dimaukan.

Ketiga, kurma.

Kurma sangatlah banyak jenisnya. Di antara sekian banyak jenis kurma, kurma yg paling banyak mengandung manfaat dan khasiat ialah kurma ‘ajwah Madinah (عَجْوَةُ الْمَدِيْنَةِ). Baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 
مَنْ تَصَبَّحَ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعَ تَـمَرَاتِ عَجْوَةٍ لَـمْ يَضُرَّهُ فِي ذلِكَ اليَوْمِ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ (رواه البخاريّ) ـ

Maknanya: “Barangsiapa makan setiap pagi hari 7 buah kurma ‘Ajwah, maka di hari itu ia tak mau terkena bahaya oleh racun maupun sihir” (HR al Bukhari).

Keempat, tasbih. 

Di antara hadiah haji dan umrah ialah tasbih. Para ulama Ahlussunnah menegaskan bahwa tak mengapa menggunakan tasbih buat berdzikir, sebab ia selalu mengingatkan orang yg membawanya buat mengingat Allah dan mengagungkan-Nya. Suatu ketika, salah seorang istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meletakkan di hadapannya empat ribu biji kurma buat bertasbih. Rasulullah melihatnya dan sama sekali tak mengingkarinya. Berdasarkan ini, para ulama memahami bahwa berdzikir dgn tasbih hukumnya boleh, bukan bid’ah dan tak haram sebagaimana didengungkan oleh sebagian kalangan. Hanya saja berdzikir dgn menggunakan jari-jari tangan lebih utama berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

 
عَلَيْكُنَّ بِالتَّسْبِيْحِ وَالتَّهْلِيْلِ وَالتَّقْدِيْسِ وَاعْقِدْنَ بِالأَنَامِلِ فَإِنَّـهُنّ مَسْؤُوْلَاتٌ مُسْتَنْطَقَاتٌ (رواه الترمذيّ) ـ

Maknanya: “Hendaklah kalian bertasbih, bertahlil serta menyucikan Allah dan hitunglah dgn jari-jari tangan sebab di hari kiamat jari-jari tangan itu mau ditanya dan disuruh berbicara memberikan kesaksiannya” (HR at Tirmidzi).

Pada hari kiamat, Allah mau memberikan kemampuan berbicara kepada jari-jari tangan buat bersaksi bagi para pemiliknya mengenai apa yg mereka lakukan di dunia, yaitu berdzikir dan menyebut asma Allah disertai menghitung jumlah dzikir itu dgn jari-jari tangan mereka.

Bahkan di dunia hal semacam itu pernah terjadi. Al Hafizh Ibnu ‘Asakir menceritakan dalam kitab Tarikh Dimasyq bahwa suatu ketika, Abu Muslim al-Khaulani, salah seorang wali di kalangan tabi’in tengah berdzikir dgn tasbih. Kemudian ia tertidur. Tasbih itu pun lalu berputar sendiri di tangannya pada saat ia tidur sembari tasbih itu berucap: 

سُبْحَانَكَ يَا مُنْبِتَ النَّبَاتِ وَيَا دَائِمَ الثَّبَاتِ

“Mahasuci Engkau Ya Allah, Dzat yg menumbuhkan tumbuhan dan Mahakekal.” 

Ketika Abu Muslim terbangun, ia memanggil istrinya dan mengatakan: “Wahai Ummu Muslim, kemarilah, lihatlah keajaiban yg luar biasa ini.” Pada waktu Ummu Muslim tiba dan melihat tasbih itu berputar sembari membaca dzikir, sesaat setelah itu tasbih tersebut diam dan berhenti berputar. Peristiwa ini telah terjadi di dunia dan merupakan bukti yg menguatkan apa yg mau terjadi di hari kiamat kelak, saat jari-jari tangan mau berbicara dan bersaksi buat para pemiliknya. 

Hadirin rahimakumullah,

Kelima, buku-buku gratis.

Para jamaah haji dan umrah ketika menunaikan ibadah di Tanah Suci, biasanya mendapatkan hadiah buku-buku terjemahan berbahasa Indonesia. Buku-buku itu dibagikan kepada para jamaah dgn cuma-cuma. Jika kita baca dgn seksama, buku-buku itu umumnya memuat aqidah dan ajaran yg bertentangan dgn apa yg diyakini, diamalkan, dan diajarkan oleh para ulama kita di Indonesia.

Di antara yg disebutkan dalam buku-buku itu ialah pengkafiran terhadap para pelaku tawassul, tabarruk dan ziarah makam para wali. Padahal mayoritas umat Islam, tak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai belahan dunia yg lain, ialah para pengamal tawassul, tabarruk dan ziarah kubur. Di buku-buku itu juga disebutkan pembid’ahan terhadap beberapa amaliah yg telah mentradisi di kalangan umat Islam, seperti peringatan maulid nabi dan peringatan hari-hari besar yg lain. Oleh sebab itulah, buku-buku tersebut tak layak dibaca, tak layak disebarluaskan dan tak layak dijadikan oleh-oleh dan hadiah.     

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Demikian khutbah yg singkat ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. 

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا،ـ
 أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

Ustadz Nur Rohmad, Pemateri/Peneliti di Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur dan Ketua Bidang Peribadatan & Hukum, PD Dewan Masjid Indonesia Kab. Mojokerto





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.