Membahas tentang5 Sunah saat Mandi Wajib!

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Sunah saat Mandi Wajib!,

Oase.id – Islam mengajarkan kita umat muslim buat melakukan mandi wajib atau mandi besar buat menghilangkan najis supaya dapat kembali menjalankan ibadah. Ada enam kondisi di mana umat muslim wajib melakukan mandi besar. Apa saja?

  1. Setelah berhubungan badan (buat pasangan suami-istri)
  2. Mengeluarkan mani
  3. Meninggal dunia
  4. Haid
  5. Nifas
  6. Melahirkan

Nah, saat mandi wajib seorang muslim harus memperhatikan banyak hal. Tentunya, agar menghilangkan najis dan dianggap sah.

Selain perkara wajib, ada juga perkara sunah yg tak boleh terlupa. Dalam kitab Taqrib, Imam Al-Qadhi Abu Syuja' menyebutkan ada lima hal yg disunahkan saat mandi wajib.

وسننه خمسة أشياء التسمية والوضوء قبله وإمرار اليد على الجسد والموالاة وتقديم اليمنى على اليسرى.

Dan sunah-sunahnya (ketika melaksanakan) mandi besar ada lima perkara. Membaca basmalah, berwudhu sebelum mandi, menjalankan tangan ke seluruh tubuh, terus menerus, dan mendahulukan anggota kanan atas anggota kiri.

BACA: Inilah 6 Kondisi yg Menyebabkan Seseorang Harus Mandi Wajib

5 Hal yg Disunahkan saat Mandi Wajib:

1. Membaca basmalah

Saat mandi wajib membaca niat diwajibkan, dan membaca basmalah disunahkan. Hal ini dianjurkan sebab melakukan hal baik lebih baik diawali dgn basmalah, dan mengucapkannya di dalam hati, mengingat sedang berada di kamar mandi. Selain itu, membaca basmalah juga dianjurkan pada saat guyuran pertama saat mandi wajib.

2. Berwudhu

embed

Dalam Islam men-sunahkan seseorang buat berwudhu sebelum melakukan serangkain mandi wajib.

3. Menjalankan tangan ke seluruh tubuh

Maksudnya ialah buat meratakan air keseluruh tubuh supaya semua najis dan kotoran hilang. Ratakan air dgn tangan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, lalu gunakan air yg bersih dan suci juga memadai ketersediaannya.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Niat Mandi Haid dan Tata Caranya Bagi Wanita

4. Terus menerus

Saat mandi wajib disunahkan buat terus menerus, tertib, dan bertahap tanpa adanya jeda. Misalnya setelah membasuh secara menyeluruh lalu dilanjutkan dgn anggota tubuh lainnya, tanpa menunggu beberapa waktu.

5. Mendahulukan anggota (tubuh) kanan atas kiri

Islam selalu menganjurkan buat mendahulukan apapun dgn anggota tubuh bagian kanan. Seperti saat masuk kamar mandi, makan, dan lain-lain. Ini sebab bagian kanan dianggap lebih baik, seperti yg diriwayatkan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menyukai mendahulukan yg kanan ketika memakai sandal, ketika menyisir rambut dan ketika bersuci, juga dalam setiap perkara (yg baik-baik).” (HR. Bukhari no. 186)

Itulah beberapa hal yg disunahkan saat mandi wajib. Semoga kita selalu dapat menjalankan segala bentuk perkara baik fardhu atau sunah sebaik mungkin supaya selalu dalam lindungan-Nya.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Sunah saat Mandi Wajib! . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.