Memahami Cara Ulama Menghafalkan Ratusan Ribu Hadits

Para pengkaji hadits dan ilmu keislaman lain mungkin sering dengar kisah bahwa ada kalangan imam atau ulama yg mampu hafal ribuan hadits, sanad dan matannya. Beberapa muhadditsin bahkan tercatat hafal lebih dari 100.000 hadits. Imam al-Bukhari, dikisahkan telah menghafal tak kurang dari 600.000 hadits di usia yg relatif muda. Belum lagi ulama era klasik lainnya. 

Agak musykil mendengar bahwa ada orang yg mampu hafal ratusan ribu hadits, sanad dan matannya. Bagi nalar kebanyakan orang sekarang – atau mungkin penulis secara pribadi – hal semacam itu ialah kecerdasan yg luar biasa. Bagaimana mungkin ada satu orang yg dapat menghafal sekian banyak hadits?

Tentu jawaban yg mau sering kita dapat ialah: berkat ketekunan, kecerdasan, juga akibat kebersihan hati, tirakat serta perilaku para ulama tersebut, sehingga dapat mencerap semua hafalan hadits. Dus, semua orang juga mengakui bahwa kualitas orang sekarang mau sangat susah menyamai ulama di masa lampau.

Tapi jawaban itu tak cukup. Kritik yg cukup tajam dari ialah bagaimana mungkin seseorang memiliki ingatan yg demikian presisi, tanpa cela? Apakah itu hanya klaim saja? Itulah wujud skeptis atas otoritas dan keaslian sumber-sumber hadits. Mudah sekali diasumsikan bahwa dari sekian ratus ribu hafalan itu, ada yg dikarang belaka, dan ada yg telah terdistorsi jauh sekali dari keterangan riwayat yg sebenarnya.

Patutlah kita mencari alasan yg lebih rasional soal kemampuan para ulama ini menghafal ribuan hadits. Soal kualitas kepribadian dan akhlak, tentu hal ini merupakan kelebihan di masa itu yg sukar terbantahkan. Sekurang-kurangnya, ada dua faktor yg menunjang kemampuan hafalan itu: eksisnya tradisi lisan dalam periwayatan, serta proses pencatatan dan penyampaian hadits dalam suatu sanad. Keterangan berikut disarikan dari catatan Syekh Mustafa Al Azami, ulama hadits dari Hyderabad, India – salah satu guru KH Ali Mustafa Yaqub –  dalam bukunya Studies In Hadith Methodology and Literature.

Banyak ulama membuat klasifikasi gelar para ahli hadits berdasarkan jumlah hafalan dan keilmuan haditsnya. Ada yg disebut musnid, muhaddits, al-hafizh, al-hakim, hingga amirul mu’minin fil hadits. Klasifikasi ahli hadits berdasarkan kepakaran dan jumlah hafalan itu seperti misalnya dicantumkan oleh Imam as-Suyuthi dalam Tadribur Rawi.

Diketahui bahwa relasi dalam sanad hadits ialah relasi guru dan murid. Jika Anda menengok kitab-kitab biografi perawi atau sering disebut kitab rijalul hadits, mudah sekali ditemui terutama pada tokoh-tokoh kesohor daftar murid dan guru seorang perawi. Terlebih, bagi sosok-sosok yg dinilai sebagai amirul mu’minin fil hadits atau madarul sanad (perawi yg banyak sekali sanad berasal darinya).

Dalam bidang hadits dikenal ulama yg sering dirujuk, seperti Ibnu Syihab az-Zuhri atau Sufyan ats-Tsauri. Tak terbilang berapa banyak orang yg menjadi muridnya, baik sekadar hadir menyimak lantas meriwayatkan darinya, atau membuat catatan yg nantinya menjadi perangkat periwayatan.

Pada era pasca penulisan kitab shahih atau sunan, tradisi lisan lebih umum di kalangan perawi. Meski tradisi kitab hadits belum umum, namun banyak murid ulama ini menulis catatan hadits pribadi dalam bentuk shahifah atau risalah-risalah kecil tentang kumpulan hadits yg dinisbatkan ke sosok salah seorang perawi. Kitab ini mungkin banyak yg tak sampai ke masa kita, akibat minimnya kebutuhan dan di masa kemudian, kontennya terserap dalam kutipan kitab-kitab hadits setelahnya pasca era kanonisasi.

 

Baca juga: Ke Mana Perginya Kitab dan Sumber Hadits Masa Islam Awal?

Semakin banyak murid, dari seorang guru, meniscayakan lebih banyak sanad. Dalam beberapa hadits yg mirip dalam beragam kitab, nama-nama di generasi perawi tertentu mau sama dgn lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa sang penyusun kitab hadits mengambil sanad dari beragam orang, namun di generasi yg lebih atas para perawi ini mengambil dari guru yg sama.

Setiap sanad cenderung mau “menggurita” lewat banyak murid, dan mengingat kapasitas tiap manusia berbeda buat ingat secara presisi, maka pasti ada perubahan dari redaksi riwayatnya. Karena itu para ulama hadits memperkenankan mekanisme yg disebut riwayat bil ma’na, selama tak mengubah makna. Tapi guna mencegah kerancuan antar riwayat dalam sanad yg berbeda, para muhadditsin menetapkan bahwa satu sanad – meskipun di generasi-generasi perawi yg lebih atas ada guru yg sama– maka ia dihitung satu hadits.

Misalkan hadits populer tentang ruqyah. Tentang tema “rukhsah fi ruqyah” saja, perawi hadits di tingkatan sahabat ini banyak: Buraydah, Anas bin Malik, Aisyah, Jabir bin Abdillah, Thalq bin Ali, serta Amru bin Hazm. Baygkan bila setiap sahabat itu meriwayatkan hadits kepada muridnya, dan setiap murid ada puluhan bahkan ratusan murid lainnya. Jadi dari satu hadits dari sahabat saja, sangat mungkin tercatat puluhan bahkan ratusan hadits lainnya sebab perbedaan sanad.

Nah, para ulama hadits ini selain mampu dan tekun menghafal hadits yg ada, mereka juga cermat memilah sanad dan mengidentifikasi perbedaan riwayat matan dari tiap-tiap sanad, yg tentu menjadikan haditsnya juga dihafal.

Ribuan hadits yg tercatat dalam Shahih al Bukhari maupun Shahih Muslim terbatas sesuai kriteria penyusunan kitab yg dipakai. Sangat mungkin percabangan sanad hadits itu masih ada di kitab-kitab lainnya – yg masing-masingnya dihitung satu hadits. Ribuan hadits yg ada dalam kitab rujukan hadits, catat Syekh Azami, dapat saja bercabang dalam puluhan atau bahkan ratusan ribu hadits. 

Mungkin kita pernah dengar ketika suatu waktu Imam al-Bukhari diuji hafalan haditsnya oleh sebagian ulama, dan beliau tak menjawab. Pasca-tes itu, ia memaparkan perihal riwayat hadits yg ada secara lebih akurat, dan tak lupa, meluruskan sanad-sanad hadits yg ada. Tanpa hafalan hadits yg kuat, serta pemahaman sanad yg cermat, menghafal banyak hadits agaknya ialah hal yg musykil.

Demikianlah, terlepas dari ketekunan, kapasitas intelektual serta juga keramat para ulama hadits ini, memahami banyaknya hafalan hadits para ulama ini akibat kemampuan mereka tak hanya menghafal matan hadits, tapi juga pengetahuan tentang sanadnya. Para ulama ini mampu mengidentifikasi perbedaan riwayat tiap perawi, dan menelusurinya dalam rantai masing-masing – yg tiap rantainya dihitung satu hadits. 

Jadi dari pertanyaan di awal: bagaimana mungkin para ulama hadits ini menghafal puluhan ribu bahkan ratusan ribu hadits? Pernyataan itu mungkin tak presisi jumlahnya, tapi menghafal hadits dgn jumlah sak arat-arat – khususnya ketika tradisi lisan masih populer dibanding tradisi teks kitab atau tulisan, ia memungkinkan dan masuk akal. Wallahu a’lam.

 

Muhammad Iqbal Syauqi, alumnus Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences; mahasiswa Profesi Dokter UIN Jakarta
 





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.