Rasulullah Pun Memahami Bahasa Hewan

Salah satu mukjizat Nabi Sulaiman as.ialah mampu berbicara dan memahami bahasa hewan. Dalam beberapa literatur Islam –utamanya Al-Qur’an Surat An-Naml, Nabi Sulaiman dikisahkan dapat berinteraksi dgn beberapa hewan seperti burung dan semut. Hewan-hewan tersebut paham apa yg disampaikan Nabi Sulaiman. Begitu pun sebaliknya. 

Tapi kemampuan memahami dan berinteraksi dgn hewan tak hanya dimiliki Nabi Sulaiman saja. Nabi Muhammad saw. juga memiliki kemampuan yg sama. Dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagaimana yg tertera dalam kitab Syakshiyatur Rasul, dikisahkan Rasulullah berinteraksi dgn seekor unta.

Diceritakan, suatu hari Rasulullah masuk ke dalam sebuah kebun kurma miliki seorang Anshar. Di kebun tersebut, didapati ada seekor unta yg tengah menangis mengeluarkan air mata ketika melihat Rasulullah. Penasaran dgn hal itu, Rasulullah kemudian mendekati unta tersebut. Setelah diusap pundaknya, unta tersebut menjadi diam. Pada kesempatan itu, si unta mengadu Rasulullah bahwa ia kelaparan dan kelelahan. 

Kemudian Rasulullah menanyakan siapa pemilik unta tersebut. Setelah diketahui bahwa pemilik unta tersebut ialah si fulan, Rasulullah memerintahkannya buat merawat dan memeliharanya dgn baik. Jangan sampai membuat hewan peliharaan tak terurus dgn baik.

Kisah Rasulullah berinteraksi dgn hewan juga tertera dalam sebuah hadits riwayat Ahmad. Dalam hadits tersebut, Rasulullah berhasil ‘menaklukkan’ seekor unta yg terkenal galak dan beringas. 

Dikisahkan bahwa suatu ketika Rasulullah memasuki sebuah kebun miliki Bani Najjar yg didalamnya ada seekor unta galak. Dari cerita yg beredar, unta tersebut mau menyerang siapapun yg masuk ke dalam kebun. Akan tetapi hal itu tak terjadi ketika Rasulullah memasuki kebun. Pada saat Rasulullah memanggilnya, unta tersebut nurut dan tak menyerang. Bahkan, si unta menjulurkan lidahnya ke tanah hingga menderum di hadapan Rasulullah. Langsung saja Rasulullah memerintahkan kepada pemiliknya buat mengikatnya. 

“Sesungguhnya tak ada sesuatu pun antara langit dan bumi melainkan pasti mengetahui bahwa sesungguhnya aku ialah Rasulullah, kecuali makhluk yg bermaksiat dari jin dan manusia,” kata Rasulullah usai berhasil menjinakkan unta galak tersebut.

Di samping itu, Rasulullah juga memiliki kemampuan luar biasa lainnya seperti membelah bulan, mengeluarkan air dari ujung jari-jari, menyembuhkan penyakit, ‘memperbanyak’ makanan, dan lainnya. Meski demikian, Al-Qur’an ialah mukjizat terbesar yg diberikan Allah kepada Rasulullah. (A Muchlishon Rochmat)





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.