Wakil Mufti Lebanon: Bangsa Indonesia Harus Bersatu, Jangan Seperti Timur Tengah

– Bangsa Indonesia harus bangga dianugeri negara yg indah dan damai di tengah perbedaan yg ada. Ini dinilai sebagai anugerah yg Maha Kuasa bagi Indonesia yg tak dimiliki oleh negara-negara lain.

Karena itu, bangsa Indonesia wajib memelihara persatuan dan kesatuan supaya perdamaian itu terus abadi, sekaligus buat melawan percik ‘api-api’ perpecahan serta serangan ideologi radikal terorisme.

“Indonesia ialah negeri indah, nyaman, aman dan tentram, serta memilliki toleransi dan saling menghormati sesama bangsa sangat tinggi. Ini yg membuat banyak negara iri dgn Indonesia, termasuk kami,” ujar Wakil Imam Besar (Mufti) Lebanon Syech Dr. Riyadh Bazo, Selasa (16//4/2019).

Pekan lalu, Wakil Mufti Lebanon ini menghadiri Konferensi Ulama Sufi Internasional (World Sufi Forum) di Pekalongan, 8-10 April 2019. Menurutnya, pelaksanaan konferensi itu yg dihadiri seluruh ulama sufi dari berbagai dunia merupakan wujud kemauan bangsa Indonesia buat mempertahankan nilai-nilai yg telah dibangun para pendiri bangsa, termasuk tokoh Islam seperti para wali.

Baca Juga:  Soal Larangan Cadar di Instansi Pemerintahan, Muhammadiyah: Bercadar Tidak Wajib

“Karena itu saya mau mengajak kepada bangsa Indonesia supaya selalu mempertahankan persatuan dan kesatuannya dan jangan sekali kali terpengaruh dgn ideologi-ideologi yg dapat merusak kehidupan yg damai dan tenteram. Kita harus selalu mewaspadai propaganda propaganda kelompok kelompok radikal yg dhahirnya mengmaukan kebaikan tetapi tujuannya ialah buat mencabik-cabik sebuah bangsa sehingga terjerumus dalam konflik yg berkepanjangan,” paparnya.

Ia mengungkapkan, di banyak negara Islam, juga di negaranya di Lebanon, pemikiran radikal dan terorisme masuk ke semua lini secara aktif. Hal itulah yg membuat banyak negara Islam ketidakstabilan bahkan kehancuran sebab perang saudara.

“Indonesia tak boleh terjerumus ke kubangan yg sama seperti negara-negara lain hanya sebab perbedaan pemikiran dan pilihan. Saya mengimbau sebagai sahabat supaya segenap bangsa indonesia, khususnya para Muslimin supaya tak terlibat dalam sebuah fitnah yg dapat membahayakan kehidupan damai dan tentram di negeri indah ini,” ungkap Rektor Universitas Al Azhar Lebanon ini.

Baca Juga:  Me-Timur Tengahkan Indonesia

Pun menyikapi dinamika Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia, Wakil Mufti Lebanon ini juga menyarankan bangsa Indonesia buat tak terlena dgn kondisi yg tercipta. Bangsa Indonesia wajib menjadikan perbedaan sebagai spirit dalam memperkuat keutuhan bangsa yg besar ini.

Ia menilai di Indonesia, kehidupan keagamaan telah sangat baik. Itu harus disyukuri dan dilestarikan. Di sini peran tokoh agama sangat penting buat terus memberikan pencerahan dan membangun harmonisasi dalam kehidupan.

“Umat Islam harus hidup dgn semua orang tanpa melihat latar belakang sebab yg paling penting ialah perdamaian bagi umat manusia. Saya berdoa supaya rakyat dan bangsa serta pemerintah indonesia senantiasa mendapat bimbingan dalam menjaga negeri yg indah dan baik ini,” tuturnya.

Dia juga menganjurkan kepada umat Islam Indonesia supaya senantiasa menjaga ajaran ahlussunnah waljaamah yg dipelopori oleh Abu Hassan Al-Asyari dan Abu Mansur Almaturidi serta Imam Syafii serta membaca buku buku ulama yg diterbitkan oleh ulama-ulama moderat seperti dari al-Azhar sebab manhaj mereka sangat moderat dan sesuai dgn ajaran Islam yg benar.

Baca Juga:  Puluhan Remaja Mengamuk sebab Tak Terima Ditegur Warga Saat Hendak Shalat Tarawih

“Jangan membaca buku-buku yg diterbitkan oleh kelompok ekstrem, apalagi belajar pada ulama-ulama ekstrem sebab yg demikian itu mau mempengaruhi pemikirannya jadi ekstrem. Anak-anak muda Islam harus diperhatikan dan dibina dgn baik baik melalui ajaran ajaran Islam yg moderat sebab mereka itu ialah target para kelompok radikal terorisme dan ekstremisme,” tandas Syech Dr. Riyadh Bazo.





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.