Fachrul Razi: 65 Persen Muslim Indonesia Buta Alquran

– Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkapkan sekitar 65 persen muslim di Indonesia buta huruf Alquran.

Hal itu disampaikan Fachrul ketika mengikuti peluncuran publikasi MTQ Nasional XXVII di Sumatera Barat (Sumbar), Selasa, 28 Juli 2020.

“Data kita ketika ini masih ada 65 persen umat Islam di Indonesia yg masih buta aksara Alquran. Angka itu sangat tinggi buat negara yg mayoritas Muslim,” ujar Fachrul, Selasa, 28 Juli 2020 seperti dilansir dari Republika.co.id.

Menag mengatakan bahwa jumlah warga yg melek huruf Alquran juga mau berbanding lurus dgn tingkat pemahaman penghayatan yg berasal dari Alquran.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama buat memberantas buta aksara Alquran ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Aher Bahas Jihad Ulama dan Santri Dalam Peringatan Hari Bela Negara

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir sejumlah Dirjen Kementerian Agama di Jakarta, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama jajaran di Padang dan para gubernur di seluruh Indonesia ikut menghadiri launching tersebut.

“Kami mengapresiasi Sumbar yg berkomitmen buat melaksanakan dan mensukseskan MTQ Nasional XXVIII di Padang pada 12-21 November 2020, meski dalam kondisi yg tak biasa,” ujar Menag.

Selain itu, Fachrul juga menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 jangan menjadi penghalang buat produktif dan proaktif melaksanakan dan menjalankan berbagai kegiatan positif, termasuk MTQ.

Menurutnya  MTQ sangat penting artinya sebab diharapkan dapat menjadi katalisator perubahan masyarakat jadi lebih baik.

“Karena itu, MTQ jangan hanya jadi kontestasi semata tapi juga buat menstimulasi umat supaya mau mempelajari Alquran dan memahami isi yg terkandung di dalamnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Santri Rembang Ini Dirikan Madrasah buat Anak-anak Papua





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.