Memaknai Bid’ah yg Baik & yg Buruk

Sebagian kelompok agama dgn mudah memvonis bahwa segala hal yg tak pernah dilakukan di zaman Rasulullah ialah hal yg menyimpang alias bid’ah sesat. Tudingan ini perlu dijernihkan, selain lebih kerap membingungkan masyarakat juga tak selaras dgn fakta historis yg masih kita jalankan hingga kini serta dasar-dasar Sunah dan al-Qur’an sendiri yg diklaim sebagai pegangan utama. <>

Khotbah I

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى وَفَّقَ عِبَادَهُ الْمُؤْمِنِيْنَ لِاَدَاءِ الْاَعْمَالِ الصَّالِحَاتِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ شَهَادَةً اَرْجُو بِهَا رَفِيعَ الدَّرَجَات. وَأَشْهَدُ اَنّ سَيِّدَ نَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ  صَاحِبُ الْمُعْجِزَاتِ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أُولِى الْفَضَائِل وَالْكَرَامَاتِ

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ. اِتَّقُوا اللهَ بِامْتِثَالِ الْمَأْمُوْرَاتِ وَاجْتِنَابِ الْمَنْهِيَّاتِ. وَاتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. وَاتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُوْنَ فِيْهِ إِلَى اللهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ وَهُمْ لاَ يُظْلَمُوْنَ

 

Maasyiral muslimin, jamaah shalat Jum’at yg dimuliakan dan diberkati Allah

Allah subhanahu wata’ala telah memberikan modal dasar kepada kita berupa iman dan takwa. Dengan modal ini, kita mendapat derajat yg mulia dan juga mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat. Kerena itulah kita harus bersyukur dgn menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Maasyiral muslimin, jamaah shalat Jum’at yg dimuliakan dan diberkati Allah

Di dalam surat al-Hadid ayat 27, Allah SWT berfirman:

وَجَعَلْنَا فِي قُلُوبِ الَّذِينَ اتَّبَعُوهُ رَأْفَةً وَرَحْمَةً وَرَهْبَانِيَّةً ابْتَدَعُوهَا مَا كَتَبْنَاهَا عَلَيْهِمْ إِلَّا ابْتِغَاءَ رِضْوَانِ اللَّهِ 

“Kami jadikan dalam hati orang- orang yg mengikutinya rasa santun dan kasih sayg. dan mereka mengada-adakan rahbaniyyah. Padahal Kami tak mewajibkannya kepada mereka tetapi (mereka sendirilah yg mengada-adakannya) buat mencari keridhaan Allah.”

Ayat ini berbicara tentang pengikut Nabi Isa yg setia kepada beliau dgn mengikuti ajaran dalam kebenaran dan rahmat. Terdapat rasa kasih sayg dalam hati mereka. Sifat rubbaniyyah ialah meninggalkan kenikmatan dunia yg sifatnya mubah. Mereka melakukannya sebab mau mendekatkan diri kepada Allah. Al-Qur’an dgn mengatakan “maa katabnaa alaihim (Kami tak mewajibkan perilaku rabbaniyyah itu buat mereka)”. Nabi Isa tak mewajibkan perilaku rabbaniyyah. Dan mereka sendiri yg mengada-adakannya sebab mau mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wataala.

Dalam Hadits riwayat al-Bukhari dijelaskan:

كُنَّا يَوْمًا نُصَلِّي وَرَاءَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمَّا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرَّكْعَةِ قَالَ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ “ØŒ قَالَ رَجُلٌ وَرَاءَهُ: رَبَّنَا ÙˆÙŽÙ„ÙŽÙƒÙŽ الحَمْدُ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ، فَلَمَّا انْصَرَفَ، قَالَ: «مَنِ المُتَكَلِّمُ» قَالَ: أَنَا، قَالَ: «رَأَيْتُ بِضْعَةً وَثَلاَثِينَ مَلَكًا يَبْتَدِرُونَهَا أَيُّهُمْ يَكْتُبُهَا أَوَّلُ 

“Pada suatu hari kami shalat di belakang Nabi SAW dan ketika beranjak dari ruku’ beliau melafalkan, ‘samiallahu liman hamidah’. Tiba-tiba ada seseorang yg mengucapkan, ‘Rabbana walakal hamdu, hamdan, tayyiban mubaarakan fih. Usai shalat, Nabi SAW bertanya, ‘Siapa yg mengucapkan kalimat itu tadi? ‘Saya’ Jawab salah seorang sahabat. ‘Saya melihat lebih dari tiga puluh malaikat berlomba-lomba mencatatnya terlebih dahulu’ Imbuh Nabi SAW.” (HR: al-Bukhari)

Rasulullah mengajarkan kepada sahabat ini bacaan tersebut. Sahabat sendiri yg mengada-ada dan memulainya terlebih dahulu, tetapi Rasulullah tak mengatakan, “Haram kamu melakukan apa yg tak  saya lakukan. Haram kamu membaca kamu membaca apa yg tak pernah saya baca”. Tetapi justru Rasulullah memberikan orang ini kabar gembira sebab ada 30 lebih malaikat yg berlomba-lomba buat mencatatnya lebih dahulu.

Maasyiral muslimiin jamaah Jum’at yg dimuliakan dan diberkati Allah

Dari ayat Al-Qur’an dan sabda Rasulullah tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa tak serta merta sesuatu yg baru, yg tak pernah dilakukan Rasulullah, tak pernah dilakukan para Sahabat, dikatakan sesat atau bid’ah dhalalah. Sesuatu yg sesat dan pada akhirnya mau masuk neraka. Tapi timbangan bahwa sesuatu dikatakan atau tak sesat ialah timbangannya Al-Qur’an atau sunah Rasulullah. Rasulullah dalam Hadits sahih yg diriwayatkan Imam Muslim mengatakan:

مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً، فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا، وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ، وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّئَةً، فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ، كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا، وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ

“Barang siapa yg memulai dalam ajaran agama Islam ini sesuatu yg baik, maka dia mau mendapatkan pahala dan pahala orang-orang yg mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barang siapa yg memulai ajaran agama dgn sesuatu yg tak baik, maka dia mau mendapatkan dosa orang-orang yg mengikutinya setelahnya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (HR: Muslim)

Berdasarkan Hadits ini, Imam Syafii radiuallahu anhu, seperti yg dikutip oleh Asy-Syatibi, mengatakan: “Apabila perkara baru yg muncul setelah Rasulullah bertentangan dgn al-Qur’an, Sunah Rasul dan para sahabatnya, dan ijma’, maka ini termasuk perkara baru yg tercela. Namun sebaliknya, ia tak dapat dikatakan perkara baru yg tercela bila tak bertentangan dgn sumber-sumber hukum tersebut. Imam Syafii mengatakan bahwa patokan buruk atau taknya sesuatu itu bukan berdasarkan apa yg pernah dilakukan Rasulullah dan para sahabat saja, tetapi harus merujuk  kepada al-Qur’an dan Sunah Rasulullah. Pasalnya ada perbuatan yg tak dilakukan oleh Rasulullah, tetapi para sahabat mengerjakannya dan diikuti oleh banyak orang yg hidup setelahnya hingga saat ini.

Dalam sahih Bukhari, Imam Syafii menyebutkan shalat Tarawih berjamaah pertama kali dilakukan oleh Khalifah Umar bin Khattab. Sebelumnya, Rasulullah mengerjakannya sendiri-sendiri, tak berjamaah. Ketika masa Khalifah Abu Bakar, shalat Tarawih juga sendiri-sendiri. Tapi kemudian, ketika masa Khalifah Umar bin Khattab, beliau melihat para sahabat shalat sendiri, maka beliau kumpulkan dalam satu imam. Beliau menunjuk sahabat Ubaid bin Ka’ab buat menjadi imam. Setelah itu, beliau mengatakan “Sebaik-baik bid’ah ialah ini. Sebaik-baik perkara yg baru, yg tak ada sebelumnya ialah ini”. Umar bin Khattab, tak memaknai apa yg tak dilakukan Rasulullah SAW  pasti sesat. Buktinya beliau melakukan sesuatu yg tak pernah dilakukan Rasulullah dan sampai sekarang kita melakukan shalat Tarawih secara berjamaah.

Maasyiral muslimiin jamaah Jum’at yg dimuliakan dan diberkati Allah

Bagaimana pun juga, para ulama tak memahami bahwa segala sesuatu yg tak pernah dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabat ialah bid’ah yg sesat.  Ada sesuatu yg baru muncul setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahkan sampai sekarang kita masih melakukannya, seperti penulisan tanda titik dan harakat al-Qur’an, namun tak dikatakan sesat oleh banyak ulama. Penambahan titik dan harakat ini dilakukan pertama kali oleh Yahya bin Ya’kub, tabiin yg hidup setelah masa sahabat. Penjelasan ini disebutkan Al Imam Abu Dawud dalam kitabnya Darul Masohib. Pada bagian bahasan sejarah mushaf dijelaskan bahwa Yahya bin Ya’kub ialah orang yg pertama kali menuliskan tanda titik dalam Qur’an. Ketika Rasulullah meminta para Sahabat menuliskan Qur’an, tak ada titiknya. Begitu juga pada saat Khalifah Umar membagikan Al-Qur’an ke beberapa tempat, juga belum adatitiknya.

Penulisan tanda titik dalam Qur’an dimulai pada masa tabiin dan sampai sekarang kita masih membaca al-Qur’an yg ada titik dan harakatnya serta dilengkapi dgn nomor ayat. Hakikatnya bentuk al-Qur’an yg semacam ini tak pernah ada pada masa Rasulullah SAW. Hal ini berati patokan kebenaran itu ialah al-Qur’an dan Sunnah. Sebagaimana yg ditegaskan al-Qur’an:

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا

 “Apa yg diperintahkan oleh Rasullllah, maka kerjakanlah dan tinggalkanlah segala yg dilarang Rasulullah SAW” (QS: Al-Hasyr ayat 7).

Sesungguhnya para ulama tak mengatakan bahwa setiap bid’ah itu pasti sesat. Mereka yg berpendapat bahwa setiap bid’ah sesat selalu berdalil dgn Hadits:

فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَة

“Sesungguhnya setiap bid’ah ialah sesat”

Ibnu Hajar al-Atsqalani menerangkan bahwa Hadits ini memiliki redaksi umum yg bermakna khusus. Kullu bid’atin dhalalah dimaknai dgn sebagian bid’ah sesat, bukan semua bid’ah sesat. Pemaknaan kalimat ini hampir sama dgn firman Allah SWT tentang adzab kaum Aad:

تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ

“Yang menghancurkan segala sesuatu……..” (QS: al-Ahqaf ayat 25)

Meskipun ayat ini menggunakan kata kulla syai’, bukan berati maknanya menghancurkan semua sesuatu, sebab bila dipahami seperti ini maka berati pada waktu itu telah terjadi kiamat. Padahal maksud sebenarnya ialah angin menghancurkan setiap sesuatu yg dilewatinya saja. Sehingga makna kullu di sini dimaknai dgn sebagian besar hancur. Dengan demikian, ketika Rasul mengatakan, kullu bid’atin dhalalah, maknanya bukan berati semua bid’ah sesat, tetapi dimaknai dgn sebagian besar bid’ah yg sesat.

Terlebih lagi, tak mungkin satu Hadits bertentangan pemaknaannya dgn Hadits yg lain. Kalau Hadits yg pertama membolehkan melakukan sesuatu yg baru dan dianggap baik, bahkan orang yg melakukannya mendapatkan pahala dan begitu pula dgn orang yg mengikutinya, maka Hadits berikutnya kullu bid’atin dhalalah, tak dapat dimaknai dgn segala sesuatu yg baru ialah sesat dan orang yg melakukannya mau masuk neraka.

Para ulama mengatakan segala sesuatu ditimbang menurut ukuransyara’,al-Qur’an dan Sunah. Diantara perkara baru ialah peringatan Maulid Nabi SAW. Karenanya penting bagi kita buat memaknai bid’ah, sehingga kita bijaksana dalam menyikapi sesuatu yg muncul baru dan telah menjadi tradisi umat Islam dari generasi ke generasi. Mulai dari abad ketujuh sampai abad kelimabelas, kebanyakan umat Islam melakukannya. Maka kalau seandainya dikatakan bid’ah yg sesat dan masuk neraka, maka tak mau pernah para ulama menulis tentang kebolehanya. Ada ratusan lebih para ulama yg membolehkan maulid Nabi, bahkan Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari dalam kitabnya At Tanbihan Al Wajibat, juga membolehkannya.

Mudah-mudahan, kita dapat memahami sabda Rasulullah dan memaknai Al-Qur’an dgn benar dan mudah-mudahan, kita termasuk orang yg mengikuti Sunah Rasulullah, dan mudah-mudahan kita dijauhkan dari bid’ah-bid’ah yg menyesatkan. Amiiin ya rabbal alamiin.

 

Khotbah II

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ألِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ
أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ، وَأَحُثُّكُمْ عَلَى طَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحًمُوْنَ
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ اْلقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: يَاأَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ، وَقاَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اتَّقِ اللَّهِ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعْ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ. صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ وَصَدَقَ رَسُوْلُهُ النَّبِيُّ الْكَرِيْمُ وَنَحْنُ عَلَى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ وَالشَّاكِرِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْياَءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَقَاضِيَ الْحَاجَاتِ

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

عِبَادَ اللهِ! إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ، فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ  وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

 

(KH Khoiruddin Ansori MAg)





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.