Membahas tentangDilarang dalam Islam, Berikut lima Efek Samping Mmau Berlebihan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangDilarang dalam Islam, Berikut lima Efek Samping Mmau Berlebihan,

Oase.id – Makan dan minum merupakan hal menjadi kebutuhan seluruh makhluk hidup. Namun, bagi umat muslim, kita dianjurkan buat makan dan minum secukupnya. Allah Swt melarang umatnya makan dan minum secara berlebihan.

Hal ini tertuang dalam firman Allah di QS. Al-A'raf ayat 31 yg berbunyi:

وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ

Artinya: “…. makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tak menyukai orang-orang yg berlebih-lebihan.” (QS. Al a'raf: 31)

BACA: Jangan Makan dan Minum Berlebihan, Ini Anjuran Rasulullah

Tentunya, ada alasannya Islam melarang kita makan dan minum secara berlebihan. Dalam hal ini, kaitannya dgn kesehatan. Mengonsumsi makan berlebihan menyebabkan berbagai konsekuensi kesehatan yg negatif, baik jangka pendek atau panjang.

Melansir dari Healthline.com, ada 5 efek samping berbahaya bila kita makan dan minum berlebihan:

1. Kelebihan lemak tubuh

Ketika seseorang makan lebih banyak dari kebutuhan kalori dan tak membakar banyak kalori, maka tubuh menyimpan banyak kalori yg diubah menjadi lemak. Hal ini terjadi sebab menumpuknya karbohidrat dan lemak jenuh dan buat mencegahnya, cobalah buat menambahkan protein tanpa lemak dan sayuran non-tepung dalam piring makan.

2. Dapat mengganggu regulasi kelaparan

Tubuh memiliki dua hormon utama yg mempengaruhi regulasi rasa lapar, yaitu ghrelin (yg merangsang nafsu makan) dan leptin (yg menekan nafsu makan). Dan bila seseorang makan berlebihan maka dapat mengganggu keseimbangan dari dua hormon ini.

Gangguan hormon ini dapat memicu seseorang memiliki siklus makan berlebihan yg terus menerus dan tubuh mau kesulitan buat menentukan kapan Anda membutuhkan makanan.

BACA JUGA: Alasan Rasulullah Melarang Makan dan Minum Menggunakan Tangan Kiri

3. Meningkatkan risiko penyakit

Makan berlebihan sesekali kemungkinan tak mempengaruhi kesehatan jangka panjang, namun, makan berlebihan kronis dalam waktu yg panjang dapat menyebabkan obesitas. Tubuh yg mengalami obesitas berpotensi memiliki risiko sindrom metabolik. Tentunya kondisi ini mau meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

4. Dapat menyebabkan gas yg berlebihan dan kembung

Makan dalam jumlah besar dapat membebani sistem pencernaan yg dapat memicu gas dan kembung. Makanan pedas dan berlemak, soda, kacang-kacangan hingga sayuran tertentu menjadi pemicu gas dalam tubuh meskipun tak terlalu sering dimakan.

Selain itu, makan terlalu cepat dapat meningkatkan gas dan kembung sebab sejumlah besar makanan dgn cepat memasuki perut.

5. Rasa kantuk berlebih

Makan berlebih mau membuat orang menjadi lesu atau lelah, fenomena ini biasa disebut hipoglikemia reaktif, di mana gula darah turun tak lama setelah makan besar. Gula darah rendah atau turun umumnya dikaitkan dgn gejala seperti kantuk, lesu, detak jantung cepat, dan sakit kepala.

Itulah efek samping yg mau ditimbulkan bila seseorang makan berlebihan. Oleh sebab itu, tubuh harus berusaha buat mencegah makan berlebihan dgn mengurangi ukuran porsi supaya dapat meningkatkan kesehatan jangka panjang.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangDilarang dalam Islam, Berikut lima Efek Samping Mmau Berlebihan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.