Membahas tentang Isra Miraj, Inilah tiga Amalan & Doa yg Dianjurkan!

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang Isra Miraj, Inilah tiga Amalan & Doa yg Dianjurkan!,

Isra Mi'raj meruapkan salah satu peristiwa mukjizat bersejarah dalam Islam, yg diperingati setiap tahunnya pada 27 Rajab pada penanggalan Hijriah atau 28 Februari 2022 dalam penanggalan Masehi.

Peristiwa Isra Mi'raj’ ini tercatat dalam Al-Quran, sebagaimana yg tertulis dalam surat Al Isra’ ayat 1,

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya:Maha Suci (Allah), yg telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yg telah Kami berkahi sekelilingnya supaya Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.”

Banyak hal yg dapat dilakukan buat memperingati peristiwa ini salah satunya dgn memperbanyak amalan baik dan mendekatkan diri kepada Allah swt. Kali ini merangkum apa saja amalan yg dianjurkan.

1. Mendirikan salat sunnah

Saat malam Isra Mi'raj dianjurkan buat mendirikan salat sunah sebanyak 12 rakaat dgn dua rakaat dan salam. Setiap rakaatnya membaca Al-Fatihah dan surat pendek lainnya, kemudian dilanjutkan buat membaca Tasbih, Tahmid, dan Tahlil sebanyak 100 kali.

Salah satu zikir yg dianjurkan sebagai berikut :

Laa haula walaa quwwata illa billah

Artinya: “Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dgn pertolongan Allah.”

Zikir ini diajarkan oleh Nabi Ibrahim as kepada Nabi Muhammad ﷺ pada ketika perjalanannya ke langit ke tujuh.

2. Memperbanyak istighfar dan berdoa

Kitab Risalah Amaliyah menjelaskan bahwa “Barangsiapa membaca (istighfar) pada bulan Rajab, bulan Sya’ban dan bulan Ramadan dibaca setiap hari terutama pada waktu antara shalat Ashar dan Maghrib, maka Allah Swt mewahyukan kepada dua malaikat supaya merobek buku catatan dosa dan kesalahannya semasa hidupnya.”

Selain itu, Imam Ghazali meriwayatkan yaitu :

ويدعو لنفسه بما شاء من أمر دنياه وآخرته ويصبح صائما فإن الله يستجيب دعائه كله الا أن يدعو في معصية

“kemudian terus berdo'a buat dirinya apa saja yg dikehendaki mulai dari urusan dunia maupun urusan akhirat, dan pagi harinya berpuasa, maka Allah mau mengijabah do'anya semuanya kecuali do'a buat maksiat (dosa).”

3. Berpuasa

Selain salat sunah dan memperbanyak berdzikir, pada tanggal 27 Rajab juga dianjurkan buat menunaikan puasa sunah. Keutamaan dari berpuasa pada hari tersebut seperti melaksanakan puasa sebulan penuh, hingga dijauhkan dari pintu neraka.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang Isra Miraj, Inilah tiga Amalan & Doa yg Dianjurkan! . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.