Membahas tentangTips Menjaga Mmauan biar Awet Selama PSBB

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangTips Menjaga Mmauan biar Awet Selama PSBB,

Oase.id- Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadikan seseorang harus pintar-pintar mengatur jadwal keluar, bahkan sekadar untuk membeli bahan makanan.

Akan tetapi, memborong bahan makanan dalam partai besar pun tak dibenarkan. Selain merupakan bagian dari panic buying yg dapat merugikan orang lain, menyimpan makanan terlalu banyak belum tentu dapat bermanfaat secara keseluruhan.

Bisa jadi, separuh dari bahan makanan yg kamu beli telah basi atau busuk sebelum digunakan.

Nah, berikut ialah beberapa cara supaya makanan yg dibeli dapat bersifat lebih awet dan tak gampang basi. 

 

Alpukat

Jika kamu membeli alpukat dan baru mau dimanfaatkan beberapa hari ke depan, atau hendak memakan separuhnya saja sementara sisanya hendak disimpan untuk digunakan di hari kemudian, maka sikatlah terlebih dahulu buah alpukat dgn jus lemon atau minyak zaitun. 

Baca: Cara Hemat Kuota Internet Selama #DiRumahAja

 

Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu menjaga bagian alpukat yg terpotong supaya tak berubah menjadi kecokelatan. Sedangkan minyak zaitun memiliki efek yg sama, terutama menjaga alpukat terlindung dari oksidasi udara.

 

Keju

Untuk keju, bungkuslah dgn kertas tisu yg direndam cuka. Hal ini berlaku juga bagi sisa keju setelah terpotong, supaya tetap segar basahilah dgn cuka dan simpan ke dalam lemari es dgn menggunakan kantong plastik. 

Soal rasa, jangan khawatir. Menurut ThriftyFun, cuka yg sedikit tak mau mengubah rasa dan aroma keju.

 

Jangan mencuci produk

Menurut Real Simple, sebagian besar produk tak boleh dicuci sebelum masuk ke dalam lemari es. Hal itu sebab dikhawatirkan mau menyebabkan beberapa buah atau sayur cepat rusak bila lembab. 

Akan tetapi, mencuci buah atau sayur ketika hendak dimakan sangat dianjurkan. 

 

Pisahkan buah dan sayur

Menurut The Kitchn, buah-buahan seperti apel dan pisang dapat mengeluarkan gas etilen tingkat tinggi yg mau mempercepat kematangan buah dan sayuran lainnya di wadah yg sama. 

Menyimpan apel, pisang, buah dan sayuran lain dalam satu wadah menyebabkan pendeknya umur simpan dan membuatnya mudah membusuk. 

 

Simpanlah buah-buahan dan sayuran di laci berbeda dalam lemari es, atau di area terpisah ketika dihidangkan di atas meja.

Baca: Elegan, Ini 5 Kombinasi Hijab-Blazer ala Tantri Namirah

 

Sayuran dalam wadah

Untuk memperlambat pembusukan pada sayur, cobalah pindahkan sayur ke dalam wadah penyimpanan plastik yg dilapisi tisu. Tambahkan lapisan tisu lain di bagian atas sayuran tersebut sebelum menutup tempatnya secara keseluruhan. 

The Kitchn menjelaskan, tisu kertas berfungsi untuk menyerap kelembaban supaya tak membuat sayuran gampang hancur. Dengan cara ini, kesegaran sayuran dapat bertahan selama 10 hari.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangTips Menjaga Mmauan biar Awet Selama PSBB . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.