Imam Al-Ghazali dalam kitab Mukasyafatul Qulub menyebutkan keutamaan Al-Qur’an, ilmu dan ulama pada bab tersendiri. Al-Ghazali mengutip beberapa hadits yg menerangkan keutamaan ilmu dan ulama pada bab ini dari sejumlah perawi hadits.
Al-Ghazali mengatakan, banyak hadits menerangkan keutamaan ilmu dan ulama. (Imam Al-Ghazali, Mukasyafatul Qulub, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2019 M/1440 H], halaman 277).Â
1. Orang alim merupakan orang yg dikehendaki sebagai orang baik.
مَنْ ÙŠÙرÙد٠الله٠بÙه٠خَيْرًا ÙŠÙÙَقّÙهْه٠ÙÙÙ‰ الدّÙيْن٠وَيÙلْهÙمْه٠رÙشْدَهÙ
Artinya, “Siapa saja yg dikehendaki kebaikan oleh Allah, niscaya ia mau diberi pemahaman dalam agama dan diilhami petunjuk-Nya,†(HR At-Thabarani dan Abu Nu’aim).
2. Orang alim merupakan ahli waris para nabi yg mendapatkan derajat mulia.
Â
الْعÙلَمَاء٠وَرَثَة٠الْأَنْبÙيَاء٠(رواه أبو داود والترمذي)
Artinya, “Ulama ialah ahli waris para nabi.” (HR Abu Dawud dan at-Tirmidzi).
Â
Telah maklum bahwa tak ada pangkat di atas derajat para nabi dan tak ada kemuliaan di atas kemuliaan ahli waris bagi derajat tersebut.
3. Orang alim ialah orang beriman yg bermanfaat melalui ilmunya baik buat orang lain maupun buat dirinya sendiri.
Ø£ÙŽÙْضَل٠النَّاس٠المÙؤْمÙن٠العَالÙم٠الذÙÙŠ Ø¥Ùذَا اØْتÙيْجَ إليه Ù†ÙŽÙَعَ، وإن اسْتÙغْنÙÙŠÙŽ عنه أغْنَى Ù†ÙŽÙْسَه
Artinya, “Orang paling utama ialah seorang mukmin alim yg bermanfaat bila dibutuhkan dan mencukupi dirinya bila ‘tak diperlukan,’†(HR Ibnu Asakir).
4. Orang alim berjuang mengedukasi masyarakat sesuai petunjuk para rasul.
أَقْرَب٠النَّاس٠مÙنْ دَرَجَة٠النّÙبÙوَّة٠أَهْل٠العÙلْم٠وَالْجÙهَادÙØŒ أَمَّا أَهْل٠الْعÙلْم٠ÙَدَلّÙوْا النَّاسَ عَلَى مَا جَاءَتْ بÙه٠الرÙسÙل٠وأَمَّا أَهْل٠الجÙهَاد٠يÙجَاهÙدÙوْنَ بÙأَسْيَاÙÙÙ‡Ùمْ عَلَى مَا جَاءَتْ بÙه٠الرÙسÙÙ„Ù
Artinya, “Orang paling dekat dgn derajat kenabian ialah ulama dan pejuang. Ulama memberikan petunjuk kepada manusia atas ajaran yg dibawa para rasul. Sedangkan pejuang berjihad dgn senjata mereka atas ajaran yg dibawa para rasul,†(HR Ad-Dailami).
5. Satu orang alim merupakan seorang warga yg berkualitas sebab tingkat literasinya, sehingga setara dgn sekelompok warga tanpa kualitas.
لَمَوْت٠قَبÙيلَة٠أَيْسَر٠مÙنْ مَوْت٠عَالÙÙ…Ù
Artinya, “Kematian satu kabilah lebih ringan ketimbang kematian seorang alim,†(HR At-Thabarani, Al-Baihaki, Abu Ya’la, dan Ibnu Asakir).
6. Tinta pada karya tulis ulama dan tetesan darah pejuang sangat penting. Tetapi bobot ganjaran tinta ulama kelak melebihi bobot tetesan darah syuhada.
ÙŠÙوْزَن٠يَوْمَ القÙيَامَة٠مÙدَاد٠العÙلَمَاء٠بÙدَم٠الشّÙهَدَاءÙ
Artinya, “Pada hari kiamat tinta (karya tulis) ulama ditimbang bersama tetesan darah syuhada. (Hasilnya lebih berat nilai tetsan tinta ulama sebagaimana riwayat lain),†(HR Ibnu Abdil Barr, Ibnun Najjar, Ibnul Jauzi, As-Syairazi, Al-Marhabi, dan Ad-Dailami).
7. Orang alim ialah ia yg teidak pernah puas dahaganya pada ilmu sampai ia tiba di surga.
لاَ يَشْبَع٠عَالÙÙ…ÙŒ Ù…Ùنْ عÙلْم٠Øَتَّى ÙŠÙŽÙƒÙونَ Ù…Ùنْتَهَاه٠الْجَنَّةÙ
Artinya, “Seorang alim tak adakan pernah kenyg terhadap ilmu sampai ujungnya ialah surga.†(HR Al-Qudha’i dalam Musnad As-Syihab).
8. Anti-ilmu dan gila harta bibit kerusakan umat Nabi Muhammad saw.
هَلَاك٠أÙمَّتÙيْ ÙÙيْ شَيْئَيْن٠تَرْك٠العÙلْم٠وَجَمْع٠المَالÙ
Artinya, “Kebinasaan umatku terletak pada dua hal, yaitu (1) meninggalkan ilmu, dan (2) menumpuk harta.â€
9. Terkait ilmu, umat Islam hanya memiliki empat pilihan terbaik.
ÙƒÙنْ عَالÙمًا أَوْ Ù…ÙتَعَلّÙمًا أَوْ Ù…ÙسْتَمÙعًا أَوْ Ù…ÙØÙبًّا وَلَا تَكÙن٠الخَامÙسَةَ أي Ù…ÙبْغÙضًا ÙَتَهْلÙÙƒÙŽÂ
Artinya, “Jadilah kamu seorang alim, pelajar, pendengar, atau pecinta (ilmu). Jangan kamu menjadi yg kelima, yaitu pembenci (ilmu), maka binasalah kamu,†(HR Al-Bazzar, At-Thabarani, Al-Baihaki).
10. Penolakan Allah atas seorang hamba ditandai dgn keluputannya dari ilmu.
Ø¥Ùذَا رَدَّ الله٠عَبْدًا Øَظَّرَ عَلَيْه٠العÙلْمَ
Artinya, “Jika Allah menolak seorang hamba, niscaya Dia luputkan orang tersebut dari ilmu.â€
11. Miskin harta berbahaya, tetapi miskin ilmu lebih berbahaya.
لَا Ùَقْرَ أَشَدّ٠مÙÙ†ÙŽ الجَهْلÙ
Artinya, “Tidak ada kefakiran yg lebih (parah) dari kebodohan,†(HR Abu Bakar bin Kamil pada Mu’jamnya, Ibnun Najjar, Ibnu Hibban, dan Al-Qudha’i).
Terkait keutamaan Al-Qur’an, ilmu, dan ulama, Imam Al-Ghazali mengutip Surat Al-A’raf ayat 145, pandangan Imam As-Syafi’i, dan Sayyidina Al-Hasan bin Ali bin Abu Thalib ra. (Al-Ghazali, 2019 M/1440 H: 277). Wallahu a’lam. (Ustadz Alhafiz Kurniawan)