Arti Mimpi Gigi Copot atau Goyg

Di antara beberapa bentuk mimpi yg sering dialami oleh seseorang ialah mimpi ada bagian giginya yg copot. Apa maksud dari mimpi ini?

Ulama pakar tafsir mimpi, Ibnu Sirin dalam kitabnya Tafsir al-Ahlam mengartikan mimpi gigi yg copot dgn penjelasan berikut:

وحركة بعض الأسنان دليل على ما هو تأويله في المرض وسقوطه وضياعه دليل على موته أو غيبته عنه غيبة من لايعود إليه

“Mimpi sebagian gigi goyg (Jawa: oglak-aglik) menunjukkan arti ada seseorang yg sakit. Sedangkan mimpi copotnya gigi atau hilangnya gigi menunjukkan matinya seseorang atau perginya seseorang layaknya perginya orang yg tak mau kembali padanya” (Ibnu Sirin, Tafsir al-Ahlam, hal. 110).

Siapa orang yg sakit atau meninggal dalam tafsir mimpi itu? Tergantung bagian gigi mana yg goyg atau copot dalam mimpi tersebut. Masing-masing dari bagian menunjukkan spesifikasi orang yg berbeda. Jika gigi bagian atas, berarti yg mau meninggal atau sakit ialah anggota keluarganya yg laki-laki, sedangkan gigi bagian bawah, berarti anggota keluarganya yg perempuan.

Jika gigi taring copot maka itu berarti orang yg dituakan atau menjadi kepala keluarga di rumahnya. Jika gigi seri bagian kanan maka itu berarti ayah. Jika gigi seri bagian kiri maka itu berarti paman, namun bila keduanya (ayah dan paman) telah meninggal maka kedua gigi tersebut berarti saudara laki-laki atau anak laki-laki, dan bila keduanya juga tak ada atau telah meninggal maka diartikan dua teman yg akrab dgn orang yg bermimpi gigi copot tersebut.

Sedangkan ketika gigi yg copot dalam mimpinya ialah gigi raba’iyah (gigi yg berada di antara gigi seri dan gigi taring) yg bagian atas maka ditakwil orang itu ialah anak dari paman. Jika gigi yg copot ialah gigi dlawahik (gigi yg tampak saat tertawa atau gigi yg berada di samping gigi taring) maka ditakwil orang itu ialah paman dan bibi yg merupakan saudara ibu dan orang yg berkedudukan layaknya paman dan bibi tersebut dalam hal memberi nasihat. Jika gigi yg copot ialah gigi geraham maka itu berarti kakek atau anak laki-laki. Sedangkan bila gigi yg copot ialah gigi seri bawah yg bagian kanan maka itu berarti Ibu, bila gigi seri bawah yg bagian kiri maka itu berarti bibi dari jalur ayah. Jika keduanya ternyata telah meninggal maka kedua gigi tersebut diartikan dua saudara perempuan atau dua anak perempuan atau orang yg berada di posisi tersebut. 

Jika gigi yg copot ialah gigi raba’iyah bagian bawah maka itu bararti anak perempuan dari paman jalur ayah atau anak perempuan dari bibi jalur ayah. Sedangkan gigi taring yg bawah ialah perempuan yg dituakan atau menjadi kepala dalam keluarganya. Gigi dlawahik yg bawah diartikan anak-anak perempuan dari paman dari jalur ibu atau anak perempuan dari bibi jalur ibu. Gigi geraham bawah diartikan anggota keluarga wanita yg jauh atau juga diartikan anak wanita yg masih kecil (Ibnu Sirin, Tafsir al-Ahlam, hal. 110).

Selain gigi copot dan gigi goyg, juga terdapat ragam mimpi lain yg berkaitan dgn gigi. Misalnya seperti termakannya gigi yg memiliki arti mau adanya bala (cobaan/bencana) yg mau terjadi pada orang yg senasab dgn orang yg bermimpi hal tersebut. Bermimpi bergesekannya gigi atau gemetarnya gigi sebab kedmauan atau rasa takut menunjukkan arti mau adanya perdebatan di antara keluarga. Jika seseorang melihat adanya karang gigi atau plak gigi pada mimpinya maka itu menunjukkan adanya cacat atau hal negatif pada sebagian anggota keluarganya yg mau kembali pada dirinya. 

Jika seseorang bermimpi giginya tampak putih dan indah maka itu menunjukkan bertambah kuat dan solidnya keluarganya atau berarti mau bertambah harta dan derajat keluarganya. Jika bermimpi seolah-olah dia mencabut sendiri giginya maka mimpi tersebut menunjukkan bahwa ia mau memutus hubungan kerabat dgn salah satu anggota keluarganya.
 

Baca juga: Cara Menyikapi Mimpi Baik dan Buruk dalam Islam

 

Berbagai penafsiran tentang mimpi yg berkenaan dgn gigi seperti yg dijelaskan di atas merupakan salah satu pendekatan dalam menafsirkan mimpi yg cukup rumit buat ditafsirkan berdasarkan nalar. Sehingga sebaiknya mimpi itu tak diartikan secara serampangan sesuai kehendak akal kita, sebab tafsir mimpi memiliki kaidah dan dasar-dasar tersendiri yg harus dipelajari secara menyeluruh. 

Dengan menyandarkan arti dari mimpi kita pada penafsiran yg telah disampaikan oleh para ulama yg pakar dalam bidang tafsir mimpi, setaknya kita dapat waspada tatkala mimpi yg kita alami ternyata merupakan mimpi yg buruk. Dengan begitu kita dapat berikhtiar dan berdoa kepada Allah supaya arti dari mimpi buruk tersebut dapat terhindar dari kita dan keluarga kita. Wallahu a’lam.

Ustadz M. Ali Zainal Abidin, anggota Komisi Fatwa MUI Jawa Timur dan pengajar di Pondok Pesantren Annuriyyah, Kaliwining, Rambipuji, Jember
 


Artikel tentang tafsir mimpi dapat dibaca dalam Penjelasan dan Ragam Tafsir Mimpi dalam Islam





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.