Badan Hukum dalam Perspektif Fiqih

Gelaran acara Muktamar Ke-34 NU telah usai. Salah satu materi yg dibahas dalam salah satu sidang komisi bahtsul masailnya ialah berkenaan dgn syakhshiyah i’tibariyah dgn konteks badan hukum. Apa sih makna dari syakhshiyah i’tibariyah itu?

 

Syakhshiyah i’tibariyah dalam konteks badan hukum bermakna sebagai sekumpulan manusia atau harta yg berkumpul buat mengadakan suatu ikatan kerja sama buat mencapai tujuan bersama. Jadi, dgn berdasar definisi ini maka yayasan, koperasi, perusahaan, organisasi kemasyarakatan, negara, baitul maal, badan waqaf, seluruhnya masuk dalam bagian yg dicakup oleh definisi syakhshiyah i’tibariyah. Oleh sebab itu, dalam konteks fiqih turats, maka syakhshiyah i’tibariyah ini ialah bagian dari cabang (furu’) akad buyu’ (jual beli), syirkah (kemitraan), musaqah. qiradl, mudharabah, atau bahkan musabaqah (perlombaan), ijarah (sewa-menyewa), bai’, tijarah (perniagaan), dan lain sebagainya.

 

Konsekuensi dari satu rumpun dgn akad buyu’, maka segala ketentuan yg berlaku dalam syakhshiyah i’tibariyah, ialah meniscayakan terpenuhinya syarat dan rukun akad muamalah. Tidak terpenuhinya salah satu rukun, dapat menjadikan suatu perkumpulan ialah bathil (tidak sah) secara syariat.

 

 

Rukun Syakhshiyah I’tibariyah

Karena syakhshiyah i’tibariyah dalam konteks badan hukum ialah gambaran dari serikat, dan serikat itu sendiri ialah cabang dari akad jual beli, maka rukun penyusun syakhshiyah i’tibariyah ialah terdiri dari hal-hal sebagai berikut:

 

شروط أركان البيع الثلاثة، التي هي العاقد، والمعقود عليه، والصيغة.

 

“….beberapa syarat rukun bai’ yg tiga, yaitu adanya dua pihak yg berakad, adanya objek akad, dan shighat akad” (al-Bakri Al-Dimyathy bin Syatha’, I’anatu al-thalibin ‘ala hilli Alfadhi Fathi al-Mu’in, juz 3, h. 9).

 

Adapun dalam konteks syirkah, maka rukun penyusunnya ialah sebagai berikut:

 

وأرْكانُها ثَلاثَةٌ: العاقِدانِ، والمَعْقُودُ عَلَيْهِ، وهُوَ المالُ فِي شَرِكَةِ التَّجْرِ، والعَمَلُ فِي شَرِكَةِ الأبْدانِ والصِّيغَةُ

 

“Rukun syirkah dagang ada tiga, yaitu (1) adanya dua pihak yg berakad, (2) adanya objek akad baik berupa harta, niaga, atau amal (jenis pekerjaan) khususnya dalam syirkah abdan, dan (3) shigah akad.” (al-Nafrawy, al-Fawakih al-Dany ‘ala Risalati Ibn Zaid al-Qairuwany, juz 2, h. 119).

 

Di dalam akad produksi semacam akad musaqah, qiradl dan mudlarabah, maka rukun yg wajib terpenuhi, ialah:

  1. Adanya pihak rabbu al-maal (pemilik modal), yg digambarkan sebagai pemilik tanah dan pemodal
  2. Adanya ‘amil, yaitu pihak yg bekerja dan menjalankan modal atau menggarap lahan
  3. Adanya ma’qud ‘alaih berupa kesepakatan bagi hasil mengelola modal dgn nisbah yg disepakati.
  4. Adanya shighah akad, apakah berlaku sebagai akad ijarah (sewa jasa), pengelolaan lahan (musaqah, mukhabarah, atau muzara’ah), ataukah qiradl dan mudlarabah.

 

Di dalam badan hukum seperti amil zakat atau badan wakaf, maka syarat yg berlaku ialah:

  1. Adanya waqif (pihak pewakaf), atau muzakki (penunai zakat)
  2. Adanya pihak yg menerima wakaf atau amil. Dua-duanya inii termasuk muta’aqidain.
  3. Adanya objek wakaf, berupa sebidang tanah, atau objek zakat semisal zakat fitrah atau zakat maal
  4. Adanya tujuan dari wakaf itu sendiri kemana hendak disalurkan, atau zakat kemana hendak ditasarufkan.
  5. Adanya shighah wakaf atau shighah zakat yg disampaikan dalam bentuk lafadh atau isyarah.

 

Baik pihak pewaqif atau amil, seluruhnya wajib memenuhi kriteria selaku ahli taukil dan tawakkul. Kriteria ini, dapat diketahui secara umum di bawah ini.

 

Peserta Syakhshiyah i’tibariyah

Al-Nafwawy (w. 1126 H) menjelaskan mengenai syarat keanggotaan (muta’aqidain) dari suatu badan hukum, antara lain sebagai berikut:

 

فَشَرْطُ العاقِدِ أهْلِيَّةُ التَّوْكِيلِ والتَّوَكُّلِ؛ لِأنَّ كُلَّ واحِدٍ وكِيلٌ، ومُوَكِّلٌ، فَيُشْتَرَطُ فِي كُلٍّ البُلُوغُ والرُّشْدُ، فَلا تَصِحُّ شَرِكَةُ عَبْدٍ غَيْرِ مَأْذُونٍ، ولا صَبِيٍّ ولا سَفِيهٍ، كَما يُؤْخَذُ مِن كَلامِ خَلِيلٍ وابْنِ الحاجِبِ لِعَدَمِ صِحَّةِ تَوَكُّلِ المَحْجُورِ عَلَيْهِ كَما قالَهُ اللَّخْمِيُّ وغَيْرُهُ، خِلافًا لِابْنِ رُشْدٍ القائِلِ بِالصِّحَّةِ؛ لِأنّا نَشْتَرِطُ وُجُودَ شَرْطِ صِحَّةِ التَّوْكِيلِ والتَّوَكُّلِ مَعًا فِي الشَّرِكَةِ، ولِذَلِكَ أوْرَدُوا عَلى كَلامِهِما شَرِكَةَ العَدُوِّ لِعَدُوِّهِ، وشَرِكَةَ الذِّمِّيِّ لِمُسْلِمٍ لِصِحَّةِ شَرِكَتِهِما عَلى المُعْتَمَدِ

 

“Syarat ‘aqid (anggota badan hukum) ialah terdiri dari pihak yg memenuhi kriteria cakap dalam mewakilkan atau menerima perwakilan, sebab antar peserta satu dgn yg lain ialah berlaku sebagai wakil atau menjadi mewakilkan. Oleh sebab itu, syarat yg harus dipenuhi ialah baligh, cerdas (akalnya telah berkembang). Oleh sebab itu, tak sah perkumpulannya para budak, anak atau safih (tidak sehat akalnya) sebagaimana penjelasan Imam Khali dan Ibn Hajib, sebab illat ketiadaan sahnya perwakilan pihak mahjur ‘alaih. Demikian ini juga disampaikan oleh al-Lukhmy dan para ulama lainnya, khilaf dgn Ibnu Rusyd yg menyampaikan kebalikannya mengenai sahnya akad syirkah pihak mahjur alaih. Karena kita, telah menetapkan syarat bahwa sahnya syirkah ialah apabila pihak anggota memenuhi kriteria dapat mewakilkan (ahi taukil) atau menerima perwakilan (ahli tawakkul) secara bersama-sama maka adanya khilaf dari para ulama tersebut ialah dimaksudkan kebolehan perkumpulan musuh buat menghadapi musuhnya, perkumpulan ahli dzimmah terhadap orang muslim. Kedua jenis syirkah ini ialah sah menurut qaul yg mu’tamad.” (al-Nafrawy, al-Fawakih al-Dany ‘ala Risalati Ibn Zaid al-Qairuwany, juz 2, h. 119).

 

Lalu Apa itu Syakhshiyah I’tibariyah?

Berangkat dari penjelasan di atas maka makna dari syakhshiyah i’tibariyah dalam konsepsi fiqih turats, sejatinya ialah telah didefinisikan oleh para ulama mutaqaddimin dan mutaakhirin, berdasarkan jenis akad yg dilakukan. Jika akadnya ialah kemitraan, maka syakhshiyah i’tibariyah itu mengikuti definisi dari akad syirkah. Jika akadnya ialah investasi, maka definisi dari syakhshiyah i’tibariyah itu mengikuti akad qiradl, mudlarabah, musaqah, dan sejenisnya. Jika akadnya ialah tabarru’, maka definisi syakhshiyah i’tibariyah itu ialah mengikuti ushul (landasan) di mana akad itu dicabangkan. Adapun definisi syakhshiyah i’tibariyah menurut kalangan ulama mu’ashirin sebagai perhimpunan orang-orang atau sekumpulan dana yg dibentuk dgn tujuan tertentu dan diberikan kepribadian hukum sejauh yg diperlukan buat mencapai tujuan itu, ialah definisi umum dan telah mencakup kriteria dan definisi dari para ulama mutaqaddimin (klasik) dan mutaakhirin (kontemporer). Misalnya, ialah definisi sebagai berikut:

 

الشَّخْصُ الإِعْتِبَارِيُّ هُوَ مَجْمُوعَةٌ مِنَ الأَشْخَاصِ أَوْ الأَمْوَالِ تَرْمَى إِلَى تَحْقِيقِ غَرَضٍ مُعَيَّنٍ وَيُمْنَحُ الشَّخْصِيَّةَ القَانُونِيَّةَ بِالْقَدرِ اللَّازِمِ لِتَحْقِيقِ هَذَا العَرَضِ

 

“Al-syakhsh al-i’tibari ialah perhimpunan orang-orang atau sekumpulan dana yg dibentuk dgn tujuan tertentu dan diberikan kepribadian hukum sejauh yg diperlukan buat mencapai tujuan itu.” (Khalid ‘Abd al-‘Aziz bin Ibrahim al-Juraid, al-Syakhshiyyah al-I’tibariyyah, h. 67 Jurnal al-‘Adl edisi 29 Muharram 1427 H).

 

الشَّخْصُ الإِعْتِبَارِيُّ هُوَ مَجْمُوعٌ مِنَ الأَشْخَاصِ أَوْ مَجْمُوعٌ مِنَ الأَمْوَالِ يُسْتَهْدَفُ بِهِ تَحْقِيقُ غَرَضٍ مُعَيَّنٍ وَيَعْتَرِفُ القَانُونُ لَهُ بِالشَّخْصِيَّةِ القَانُونِيَّةِ وَبِالتَّالِي يُصْبِحُ قَابِلًا لِأَنْ تَثْبُتَ لَهُ الحُقُوقُ وَتَجِبُ لَهُ الوَاجِبَاتُ وَيُنْظَرُ مُجَرَّدًا عَنِ الأَشْخَاصِ الْمُؤَسِّسَةِ لَهُ أَوِ الاَمْوَالِ الْمُكَوِّنَةِ لَهُ

 

“Badan hukum ialah sekelompok orang atau sekumpulan harta yg dibentuk guna mencapai tujuan tertentu yg diakui undang-undang sebagai kenyataan yuridis, buat kemudian dapat ditetapkan hak dan kewajiban atasnya tanpa melihat orang atau pribadi-pribadi yg mendirikan atau harta yg membentuknya.” (‘Abd al-Nashir al-‘Aththar, Madkhal li Dirasah al-Qanun wa Tathbiq al-Syariah, h. 314, Dar al-Sa’adah: Kairo, Mesir)

 

Ustadz Muhammad Syamsudin, Peserta Bahtsul Masail Komisi Maudluiyah di Muktamar Ke-34 NU di Bandar Lampung


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.