Cegah Corona, Kemenag Siapkan Opsi Manasik Haji Secara Online

– Kementerian Agama (Kemenag) RI menyiapkan beberapa opsi dalam pemberian materi manasik haji kepada para calon jemaah haji 2020 sesuai standar pembatasan fisik dalam masa wabah ini.

Hal itu dilakukan Kemenag di tengah imbauan pembatasan fisik atau physical distancing oleh pemerintah.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Nizar mengatakan, pemberian materi manasik haji mengedepankan penerapan protokol pencegahan Covid-19.

Menurutnya, ada beberapa yg dapat dilakukan jemaah haji dan pembimbing ibadah haji yg berasal dari Kemenag, antara lain ialah pemberian materi manasik melalui online.

Maka dari itu, pihaknya meminta para pembimbing yg berasal dari Kantor Kemenag dan Kantor Urusan Agama harus diupgrade kemampuannya menggunakan dan memanfaatkan teknologi.

Baca Juga:  KBNU dan Ponpes Salafy Banten Mengutuk Tindakan Keonaran Pada Kegiatan Maulid Nabi di Tangerang

“Karena tak boleh ada kerumunan apalagi ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, alternatifnya ialah melalui online, teman-teman KUA ini harus diupgrade kemampuannya buat melakukan bimsik (bimbingan manasik) secara online,” kata Nizar, dikutip dari Liputan6, Jumat, 10 April 2020.

Selain itu, kata Nizar, Kemenag ketika ini tengah menyiapkan materi bimbingan manasik berbasis audio visual. Materi ini nantinya mau dapat diunduh di laman haji.kemenag.go.id ataupun kemenag.go.id.

Nizar pun meminta kepada Kasi PHU serta KUA terus mensosialisasikan kebijakan-kebijakan Kemenag dalam memberikan materi manasik terkini kepada masyarakat khususnya jemaah haji.

“Kita nanti mau siapkan bentuk manasik audio visual, dan videonya dapat didownload di web kemudian nanti videonya dapat dlihat di rumah,” ujarnya.

Baca Juga:  Menag Batalkan Pemberangkatan Jemaah Haji 2020, Ini Alasannya

Selain itu, pembelajaran juga dapat dilakukan melalui buku, yakni melalui pengiriman buku manasik. Serta pemberian materi manasik melalui media massa.





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.