Dua Shalawat Imam Syafi’i: Bacaan & Keutamaannya

Sebagai umat Nabi Muhammad ﷺ, kita sangat dianjurkan buat memperbanyak membaca shalawat kepada Sang Baginda Nabi. Ada banyak shalawat disusun oleh para ulama. Salah satunya ialah shalawat yg disusun oleh Imam Syafi’i.

 

Syekh Yusuf bin Isma’il an-Nabhani (w. 1932 M), ulama kelahiran Izril, Israel, dalam kitab Afdhalus Shalat ‘ala Sayyiddis Sadat menjelaskan, shalawat Imam Syafi’i ada dua macam. Shalawat yg pertama ialah dgn lafal berikut,

 

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ بِعَدَدِ مَنْ صَلَّى عَلَيْهِ، وَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ بِعَدَدِ مَنْ لَمْ يُصَلِّ عَلَيْهِ، وَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ كَمَا أَمَرْتَ بِالصَّلَاةِ عَلَيْهِ، وَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ كَمَا تُحِبُّ أَنْ يُصَلَّى عَلَيْهِ، وَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ كَمَا تَنْبَغِي الصَّلَاةُ عَلَيْهِ

 

Allâhumma shalli ‘alâ muḫammadin bi ‘adadi man shalla ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin bi ‘adadi man lam yushalli ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin kamâ amarta bish shalâti ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin kamâ tuḫibbu an yushallâ ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin kamâ tanbaghish shalâtu ‘alaih

 

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat (rahmat) kepada Nabi Muhammad ﷺ sebanyak jumlah orang yg bershalawat kepadanya. Limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ sebanyak jumlah orang yg tak bershalawat kepadanya. Limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ sebagaimana Engkau perintahkan buat bershalawat kepadanya. Limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ sebagaimana Engkau suka dibacakannya shalawat atasnya. Limpahkanlah pula shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ sebagaimana selayaknya ucapan shalawat atasnya.”

 

Dalam kitab Syawariqul Anwar karya Syekh Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani, shalawat Imam Syafi’i ditulis dalam redaksi yg sedikit berbeda. Ada tambahan kata “sayyidina” di depan lafal “Muhammad”. Terkait shalawat ini, Syekh Hasan al-‘Adawi asy-Syadzili dalam kitabnya Bulûghul Masarrât Syarah Dalâ’ilul Khairât, mengutip riwayat Imam al-Baihaqi berikut:

 

Imam Syafi’i hadir dalam mimpi seseorang. Lalu ia ditanya, “Apa yg telah Allah perbuat padamu?” Imam Syafi’i menjawab, “Allah telah mengampuniku.” “Dengan apa?” “Dengan lima kalimat yg dulu aku bacakan buat bershalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ.” “Kalimat apakah itu?” “Dulu aku membaca, Allâhumma shalli ‘alâ muḫammadin bi ‘adadi man shalla ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin bi ‘adadi man lam yushalli ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin kamâ amarta bish shalâti ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin kamâ tuḫibbu an yushallâ ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin kamâ tanbaghish shalâtu ‘alaih.” (Syekh Hasan al-‘Adawi asy-Syadzili, Bulûghul Masarrât Syarah Dalâ’ilul Khairât, [Beirut: Darul Kutub al-‘Ilmiyyah, 2020], h. 128-129).

 

Baca juga: Imam Syafi’i dan Sejarah Pemikirannya dalam Ushul Fiqh

 

Sementara lafal shalawat kedua ialah sebagai berikut;

 

صَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ كُلَّمَا ذَكَرَهُ الذَّاكِرُوْنَ وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِهِ الْغَافِلُوْنَ

 

Shallahu ‘alâ nabiyyinâ muḫammadin kullamâ dzakarahudz dzâkirûna wa ghafala ‘an dzikrihil ghâfilûn(a)

 

Artinya, “Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas nabi kami, Nabi Muhammad ﷺ, selama orang-orang yg ingat menyebut-Mu dan orang-orang yg lalai lupa buat menyebut-Mu.”

 

Terkait shalawat ini, Syekh Abu Abdillah Muhammad bin Qasim dalam kitabnya, Tadzkiratul Muhibbîn Syarhu Asmâ’i Sayyidil Mursalîn mengutip sebuah riwayat berikut,

 

Ùˆ قال ابن الحكيم رأيت الشافعي في المنام فقلت له: ما فعل الله تعالى بك؟ فقال: غفر لي؛ ورحمني؛ وزفّفت روحي إلى الجنة كما تُرّفُ العروس؛ ونثر علي كما يُثر عَلَى العروس؛ فقيل له: بما بلغت هذه الحالة؟ فسمعت قائلا يقول: بكتابة اسمه الشريف في أوّل كتاب ” الرسالة ” ». قلت: وكيف ذلك؟ قلت: قال: وصلَّى الله عَلَى محمّد عدد ما ذكره الذاكرون؛ وعدد ما غفل عن ذكره الغافلون. فلمًا أصبحت نظرت فِي الرسالة فوجدت الأمر كما رأيت؛ وعددت من رأى الشافعي فِي النوم, فوجدتهم أربين رجلا، كل منهم يقول بخلاف الأخر. فمنهم من رأى النبي صلى الله عليه Ùˆ سلم Ùˆ هو يدعو له، Ùˆ منهم من قال له لا يقف للحساب يوم القيامة، Ùˆ منهم من قال له خصصته أن الله تعالى لا يحاسبه، Ùˆ منهم من قال له: تسبق بصلاة لم يسبق بها أحد.

 

Artinya: “Ibnul Hakim berkata, ‘Saya bermimpi bertemu Imam Syafi’i, lantas saya bertanya, ‘Apa yg Allah lakukan terhadapmu? Imam Syafi’i menjawab, ‘Allah mengampuniku, merahmatiku, dan memboyong ruhku menuju surga sebagaimana diboyongnya pengantin, juga ditaburi layaknya pengantin’. Lalu ia ditanya, ‘Apa yg membuatmu mencapai semua ini?’ Kemudian aku mendengar seseorang berakata, ‘Dengan sebab menulis nama Nabi Muhammad yg mulia di awal kitab Ar-Risâlah (kitab karya Imam Syafi’i).’ Aku pun bertanya, ‘Bagaimana itu?’ Yaitu, Shallahu ‘alâ nabiyyinâ muḫammadin kullamâ dzakarahudz dzâkirûna wa ghafala ‘an dzikrihil ghâfilûn(a).’

 

Ketika aku terbangun dan mengecek Ar-Risâlah, dan aku lihat di dalamnya apa yg dikatakan dalam mimpi tadi. Lalu aku himpun orang-orang yg pernah mimpi bertemu Imam Syafi’i, aku temukan sebanyak empat puluh orang. Masing-masing dari mereka menceritakan mimpi bertemu Imam Syafi’i dgn pengalaman yg berbeda. Ada yg mimpi bertemu Nabi Muhammad yg mendoakan Imam Syafi’i. Ada yg bilang Imam Syafi’i tak mau terkena hisab (perhitungan amal) di hari kiamat nanti.

 

Ada pula yg mengatakan, Allah mengistimewakan Imam Syafi’i dgn tanpa melewati hisab. Dan ada yg bilang disodorkan shalawat yg baru sama sekali. (Syekh Abu Abdillah Muhammad, Tadzkiratul Muhibbin Syarhu Asma’i Sayyidil Mursalin, [Beirut: Darul Kutub al-‘Ilmiyyah, 2007], h. 56).

 

 

Ustadz Muhamad Abror, Pengasuh Madrasah Baca Kitab, Alumnus Pesantren KHAS Kempek, Mahasantri Mahad Aly Saidusshiddiqiyah Jakarta

 





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.