Isu mengenai Rabu terakhir di bulan Shafar atau lebih dikenal dgn istilah Rebo wekasan bukan merupakan hal yg baru. Banyak perbincangan dan kajian berkaitan dgn isu tersebut. Mulai dari sejarah, ritual-ritual atau musibah-musibah yg diasumsikan pada hari tersebut. Termasuk yg sering ramai diperbincangkan ialah ritual shalat Rebo wekasan. Sebagian menerima, sebagian yg lain menolaknya. Sebenarnya bagaimana pandangan fiqih Islam mengenai hukum shalat Rebo wekasan?
Â
Pada dasarnya, tak ada nash sharih yg menjelaskan anjuran shalat Rebo wekasan. Oleh sebabnya, bila shalat Rebo wekasan diniati secara khusus, misalkan “aku niat shalat Shafarâ€, “aku niat shalat Rebo wekasanâ€, maka tak sah dan haram. Hal ini sesuai dgn prinsip kaidah fiqih:
Â
والأصل ÙÙŠ العبادة أنها إذا لم تطلب لم تصØ
Â
“Hukum asal dalam ibadah apabila tak dianjurkan, maka tak sah.†(Syekh Sulaiman al-Bujairimi, Tuhfah al-Habib Hasyiyah ‘ala al-Iqna’, juz 2, hal. 60).
Â
Atas pertimbangan tersebut, ulama mengharamkan shalat Raghaib di awal Jumat bulan Rajab, shalat nishfu Sya’ban, shalat Asyura’ dan shalat kafarat di akhir bulan Ramadhan, sebab shalat-shalat tersebut tak memiliki dasar hadits yg kuat.
Â
Ditegaskan dalam kitab I’anah al-Thalibin:
Â
قال المؤل٠ÙÙŠ إرشاد العباد ومن البدع المذمومة التي يأثم Ùاعلها ويجب على ولاة الأمر منع Ùاعلها صلاة الرغائب اثنتا عشرة ركعة بين العشاءين ليلة أول جمعة من رجب وصلاة ليلة نص٠شعبان مائة ركعة وصلاة آخر جمعة من رمضان سبعة عشر ركعة بنية قضاء الصلوات الخمس التي لم يقضها وصلاة يوم عاشوراء أربع ركعات أو أكثر وصلاة الأسبوع أما Ø£Øاديثها Ùموضوعة باطلة ولا تغتر بمن ذكرها اه
Â
“Sang pengarang (syekh Zainuddin al-Malibari) berkata dalam kitab Irsyad al-‘Ibad, termasuk bid’ah yg tercela, pelakunya berdosa dan wajib bagi pemerintah mencegahnya, ialah shalat Raghaib, 12 Rakaat di antara maghrib dan Isya’ di malam Jumat pertama bulan Rajab, shalat nisfu Sya’ban sebanyak 100 rakaat, shalat di akhir Jumat bulan Ramadhan sebanyak 17 rakaat dgn niat mengganti shalat lima waktu yg ditinggalkan, shalat hari Asyura sebanyak 4 rakaat atau lebih dan shalat ushbu’. Adapun hadits-hadits shalat tersebut ialah palsu dan batal, jangan terbujuk oleh orang yg menyebutkannya.†(Syekh Abu Bakr bin Syatha, I’anah al-Thalibin, juz 1, hal. 270).
Â
Hanya saja, bila shalat Rebo wekasan diniati shalat sunah mutlak, dalam titik ini, ulama berbeda pandangan. Menurut Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari haram. Dalam pandangan beliau, anjuran shalat sunah mutlak yg ditetapkan berdasarkan hadits shahih tak berlaku buat shalat Rebo wekasan, sebab anjuran tersebut hanya berlaku buat shalat-shalat yg disyariatkan.
Â
Dalam himpunan fatwanya, Rais Akbar NU tersebut mengatakan dalam tulisan bahasa Jawa pegon:
Â
اورا ويناع Ùيتواه اجاء اجاء لن علاكوني صلاة رابو وكاسان لن صلاة هدية كاع كاسبوت اع سؤال كارنا صلاة لورو ايكو ماهو اورا انا اصلى ÙÙŠ الشرع. والدليل على ذلك خلو الكتب المعتمدة عن ذكرها كايا كتاب تقريب، المنهاج القويم، ÙØªØ Ø§Ù„Ù…Ø¹ÙŠÙ† ØŒ التØرير لن ساÙندوكور كايا كتاب النهاية المهذب لن اØياء علوم الدين، كابيه ماهو أورا انا كاع نوتور صلاة كاع كاسبوت. الى ان قال وليس لأØد أن يستدل بما ØµØ Ø¹Ù† رسول الله انه قال الصلاة خير موضوع Ùمن شاء Ùليستكثر ومن شاء Ùليستقلل، Ùإن ذلك مختص بصلاة مشروعة
Â
“Tidak boleh berfatwa, mengajak dan melakukan shalat Rebo Wekasan dan shalat hadiah yg disebutkan dalam pertanyaan, sebab dua shalat tersebut tak ada dasarnya dalam syariat. Tendensinya ialah bahwa kitab-kitab yg dapat dibuat pijakan tak menyebutkannya, seperti kitab al-Taqrib, al-Minhaj al-Qawim, Fath al-Mu’in, al-Tahrir dan kitab seatasnya seperti al-Nihayah, al-Muhadzab dan Ihya’ Ulum al-Din. Semua kitab-kitab tersebut tak ada yg menyebutkannya. Bagi siapapun tak boleh berdalih kebolehan melakukan kedua shalat tersebut dgn hadits shahih bahwa Nabi bersabda, shalat ialah sebaik-baiknya tempat, perbanyaklah atau sedikitkanlah, sebab sesungguhnya hadits tersebut hanya mengarah kepada shalat-shalat yg disyariatkan.†(KH. Hasyim Asy’ari sebagaimana dikutip kumpulan Hasil Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur).
Â
Sedangkan menurut Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Quds al-Maki hukumnya boleh. Menurut beliau, solusi buat membolehkan shalat-shalat yg ditegaskan haram dalam nashnya para fuqaha’ ialah dgn cara meniatkan shalat-shalat tersebut dgn niat shalat sunah mutlak. Beliau menegaskan:
Â
قلت ومثله صلاة صÙر Ùمن أراد الصلاة ÙÙ‰ وقت هذه الأوقات Ùلينو النÙÙ„ المطلق Ùرادى من غير عدد معين وهو ما لا يتقيد بوقت ولا سبب ولا Øصر له . انتهى
Â
“Aku berpendapat, termasuk yg diharamkan ialah shalat Shafar (Rebo wekasan), maka barang siapa menghendaki shalat di waktu-waktu terlarang tersebut, maka hendaknya diniati shalat sunah mutlak dgn sendirian tanpa bilangan rakaat tertentu. Shalat sunah mutlak ialah shalat yg tak dibatasi dgn waktu dan sebab tertentu dan tak ada batas rakaatnya.†(Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Quds al-Maki, Kanz al-Najah wa al-Surur, hal. 22).
Â
Shalat Rebo wekasan sendiri dijelaskan secara rinci meliputi tata cara dan doanya oleh Syekh Abdul Hamid Quds dalam Kanz al-Najah wa al-Surur. Demikian pula disebutkan oleh Syekh Ibnu Khatiruddin al-Athar dalam kitab al-Jawahir al-Khams. Shalat Rebo wekasan umum dilakukan di beberapa daerah, ada yg melakukannya secara berjamaah, ada dgn sendiri-sendiri.
Â
Demikian penjelasan mengenai hukum shalat Rebo wekasan. Ikhtilaf ulama sebagaimana dijelaskan di atas ialah hal yg telah biasa dalam fiqih, masing-masing memiliki argumen yg dapat dipertanggungjawabkan, perbedaan tersebut tak buat dipertentangkan atau ajang saling bully, namun sebagai rahmat bagi umat, membuka ruang seluas-luasnya bagi mereka buat menjalankan ritual agama tanpa keluar dari batas syariat. Wallahu a’lam. (M. Mubasysyarum Bih)
Â
Uncategorized