Mahalul qiyam terdapat pada pembacaan maulid (riwayat kelahiran) Nabi Muhammad saw. Mahalul qiyam, sesuai namanya ialah momentum orang berdiri setelah sebelumnya duduk pada forum pembacaan maulid Barzanji.
Jamaah maulid berdiri dan membaca shalawat bersama-sama setelah pembacaan riwayat maulid oleh satu orang yg dianggap cakap membaca Kitab Barzanji atau Kitab Rawi. Berikut ini ialah lafal shalawat beserta transliterasi dan terjemahannya yg dibaca saat mahalul qiyam:
صَلَّى الله٠عَلى Ù…ÙØَمَّدْ، صَلَّى اللهÙ عَلَيْه٠وَسَلَّمْ
مَرْØَبًا يَا مَرْØَبًا يَا مَرْØَبًا، مَرْØَبًا جَدَّ الØÙسَيْن٠مَرْØَبًا
ShallallÄhu ‘alÄ Muhammad, shÄllallÄhu ‘alayhi wasallam
Marhaban yÄ marhaban yÄ marhaban, marhaban jaddal Husaini marhaban.
Allah bershalawat buat Nabi Muhammad saw, Allah bershalawat dan mengucap salam sejahtera buatnya.
Selamat datang, selamat datang, selamat datang, selamat datang kakek dari Husain, selamat datang.
يَا نَبÙÙ‰ سَلَامْ عَلَيْكَ، يَا رَسÙوْلْ سَلَامْ عَلَيْكَ
يَا ØَبÙيْبْ سَلَامْ عَلَيْكَ، صَلَوَات٠اللهْ عَلَيْكَ
YÄ nabÄ« salÄm ‘alayka, yÄ rasÅ«l salÄm ‘alayka
YÄ habÄ«b salÄm ‘alayka, shalawÄtullÄh ‘alayka
Wahai Nabi, salam sejahtera buatmu, wahai Rasul salam sejahtera buatmu
Wahai Kekasih, salam sejahtera buatmu, shalawat (rahmat) Allah buatmu
اَشْرَقَ الْبَدْر٠عَلَيْنَا، ÙَاخْتَÙَتْ Ù…Ùنْه٠الْبÙدÙوْرÙ
Ù…Ùثْلَ ØÙسْنÙكْ مَا رَأَيْنَا، Ù‚ÙŽØ·ÙÙ‘ يَا وَجْهَ السÙّرÙوْرÙ
Asyraqal badru ‘alayna, fakhtafat minhul budūru
Mitsla husnik mÄ ra’aynÄ, qaththu yÄ wajhus surÅ«ri
Satu purnama telah terbit di atas kami, pudarlah jutaan purnama lain sebabnya
Belum pernah kulihat seperti keelokanmu, wahai wajah yg gembira
اَنْتَ شَمْسٌ اَنْتَ بَدْرٌ، اَنْتَ Ù†Ùوْرٌ Ùَوْقَ Ù†ÙوْرÙ
اَنْتَ اÙكْسÙيْرٌ وَّغَالÙى، اَنْتَ Ù…ÙصْبَاØ٠الصÙّدÙوْرÙ
Anta syamsun anta badrun, anta nūrun fawqa nūri
Anta iksÄ«ruw wa ghÄlÄ«, anta mishbÄhus shudÅ«ri
Kau bak mentari, kau juga laksana purnama, kau cahaya di atas cahaya
Kau laksana obat segala guna (elixir) lagi mahal, kau ialah lentera hati
يَاØَبÙيْبÙيْ يَامÙØَمَّدْ، يَا عَرÙوْسَ الخَاÙÙقَيْنÙ
يَا Ù…Ùؤَيَّدْ يَا Ù…Ùمَجَّدْ، يَا اÙمَامَ القÙبْلَتَيْنÙ
Â
YÄ habÄ«bi yÄ Muhammad, yÄ â€˜arÅ«sal khÄfiqayni​​​​​​​
YÄ mu’ayyad yÄ mumajjad, yÄ imÄmal qiblatayni
Wahai Kekasih, wahai Muhammad saw, wahai pengantin Timur dan Barat
​​​​​​​Wahai Rasul yg diperkuat (oleh wahyu), wahai Nabi yg agung, wahai imam dua kiblat
مَنْ رَآى وَجْهَكَ يَسْعَدْ، يَا كَرÙيْمَ الوَالÙدَيْنÙ
ØَوْضÙÙƒÙŽ الصَّاÙÙÙ‰ الْمÙبَرَّدْ، ÙˆÙرْدÙنَا يَوْمَ النÙّشÙوْرÙ
Man raâ€™Ä wajhaka yas‘ad, yÄ karÄ«mal wÄlidayni
Hawdhukas shÄfil mubarrad, wirdunÄ yawman nusyÅ«ri
Siapapun yg memandang wajahmu pasti bahagia, wahai manusia yg memiliki orang tua mulia.
Telagamu berair jernih dan sejuk, yg kelak kami datangi pada hari kebangkitan
مَا رَأَيْنَا الْعÙيْسَ Øَنَّتْ، بÙالسÙّرَى اÙلَّا اÙلَيْكَ
وَاْلَغَمَامَةْ قَدْ اَظَلَّتْ، وَالْمَلَا صَلÙّوْا عَلَيْكَ
MÄ ra’aynal ’īsa hannat, bis surÄ illÄ ilayka
Wal ghamÄmah qad azhallat, wal malÄ shallÅ« (shallaw pada sebagian naskah) ‘alayka
Belum pernah kami melihat unta peranakan unggul yg bersuara sambil berjalan malam hari, kecuali menuju kepadamu
Gumpalan awan menaungimu, semua makhuk mengucapkan shalawat buatmu.
Posisi diri yg dilakukan oleh orang tua dan para guru kita merupakan bentuk akhlak mereka terhadap Rasulullah SAW. Para orang tua kita jelas meneladani akhlak para ulama sebagai pewaris para nabi terhadap rasulnya. Ada baiknya kita telaah uraian Sayid Bakri bin Sayid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi dalam Kitab I‘anatut Thalibin sebagai berikut.
جرت العادة أن الناس إذا سمعوا ذكر وضعه صلى الله عليه وسلم يقومون تعظيما له صلى الله عليه وسلم وهذا القيام مستØسن لما Ùيه من تعظيم النبي صلى الله عليه وسلم ØŒ وقد Ùعل ذلك كثير من علماء الامة الذين يقتدى بهم. قال الØلبي ÙÙŠ السيرة Ùقد Øكى بعضهم أن الامام السبكي اجتمع عنده كثير من علماء عصره Ùأنشد منشده قول الصرصري ÙÙŠ مدØÙ‡ صلى الله عليه وسلم: قليل Ù„Ù…Ø¯Ø Ø§Ù„Ù…ØµØ·ÙÙ‰ الخط بالذهب على ورق من خط Ø£Øسن من كتب وأن تنهض الاشرا٠عند سماعه قياما صÙÙˆÙا أو جثيا على الركب Ùعند ذلك قام الامام السبكي وجميع من بالمجلس، ÙØصل أنس كبير ÙÙŠ ذلك المجلس وعمل المولد. واجتماع الناس له كذلك مستØسن
Artinya, “Sudah menjadi tradisi bahwa ketika mendengar kelahiran Nabi Muhammad SAW disebut-sebut, orang-orang mau berdiri sebagai bentuk penghormatan bagi rasul akhir zaman. Berdiri seperti itu didasarkan pada istihsan (anggapan baik) sebagai bentuk penghormatan bagi Rasulullah SAW. Hal ini dilakukan banyak ulama terkemuka panutan umat Islam.
Al-Halabi dalam Sirah-nya mengutip sejumlah ulama yg menceritakan bahwa ketika majelis Imam As-Subki dihadiri para ulama di zamannya, Imam As-Subki membaca syair pujian buat Rasulullah SAW dgn suara lantang,
‘Sedikit pujian buat Rasulullah SAW oleh tinta emas//di atas mata uang dibanding goresan indah di buku-buku Orang-orang mulia terkemuka bangkit saat mendengar namanya//berdiri berbaris atau bersimpuh di atas lutut’Â
Selesai membaca syair Imam As-Subki berdiri yg kemudian diikuti oleh para ulama yg hadir. Kebahagiaan muncul di majelis tersebut dan maulid Rasulullah SAW diperingati di dalamnya.
Pertemuan umat Islam demi kelahiran Rasulullah SAW juga didasarkan pada istihsan.” (Lihat Sayid Bakri bin Sayid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi, I‘anatut Thalibin, Darul Fikr, Beirut, Libanon, tahun 2005 M/1425-1426 H, juz III, halaman 414). Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)