Ini Shalawat Nabi yg Ditulis Imam As-Syafi’i supaya Bebas Hisab

Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumiddin menyebutkan keutamaan Shalawat Nabi. Al-Ghazali mengutip Al-Qur’an dan sejumlah riwayat hadits yg menjelaskan keutamaan dan ganjaran atas pelafalan shalawat nabi.

Pada akhir pembahasan keutamaan shalawat, Al-Ghazali mengutip keutamaan lafal Shalawat Nabi yg ditulis Imam As-Syafi’i pada karya ushul fiqihnya, Kitab Ar-Risalah. Al-Ghazali mengisahkan perjumpaan Abul Hasan dgn Rasulullah saw dalam mimpinya.

وروي عن أبي الحسن قال رأيت النبي صلى الله عليه و سلم في المنام فقلت يا رسول الله بم جوزي الشافعي عنك حيث يقول في كتابه الرسالة وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ كُلَّمَا ذَكَرَهُ الذَّاكِرُوْنَ وغَفَلَ عَنْ ذِكْرِهِ الغَافِلُوْنَ فقال صلى الله عليه و سلم جوزي عني أنه لا يوقف للحساب

Artinya, “Diriwayatkan dari Abul Hasan, ia bercerita, ia mimpi bertemu Rasulullah saw, ‘Wahai Rasulullah, apa hadiah besar buat As-Syafi’i yg bershalawat dalam Kitab Ar-Risalah-nya, ‘Wa shallāllahu ‘alā Muhammadin kullamā dzakarahudz dzākirÅ«na, wa ghafala ‘an dzikrihil ghāfilÅ«na?’ ‘Hadiah besarku buat As-Syafi’i bahwa ia tak mau dihentikan buat hisab nanti,’’” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 391).

Shalawat Nabi yg ditulis oleh Imam As-Syafi’i dalam Kitab Ar-Risalah ialah sebagai berikut:

وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ كُلَّمَا ذَكَرَهُ الذَّاكِرُوْنَ وغَفَلَ عَنْ ذِكْرِهِ الغَافِلُوْنَ

Wa shallāllahu ‘alā Muhammadin kullamā dzakarahudz dzākirūna, wa ghafala ‘an dzikrihil ghāfilūna.

Artinya, “Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya buat Nabi Muhammad saw sebilangan orang yg mengingat-Nya dan sebilangan orang yg lalai mengingat-Nya.”

Sebenarnya orang menggunakan banyak cara buat bershalawat kepada Nabi. Sebagian orang menggunakan lafal shalawat dan salam dgn fi’il madhi. Sebagian orang lainnya menggunakan fi’il amr. Sejauh masih menggunakan lafal shalawat dan salam, maka itu diperbolehkan buat para nabi dan rasul.

Dengan kata lain, kita boleh membaca shalawat dan salam buat para nabi. Kita tak diperbolehkan buat membaca selain shalawat dan salam.

ولا يجوز الدعاء للنبي صلى الله عليه وسلم بغير الوارد كرحمه الله بل المناسب واللائق في حق الأنبياء الدعاء بالصلاة والسلام

Artinya, “Tidak boleh mendoakan Nabi Muhammad SAW dgn lafal yg tak warid seperti lafal ‘Rahimahullāhu’. Tetapi lafal yg sesuai dan layak buat para nabi dan rasul ialah lafal shalawat dan salam,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 4).

Dengan kata lain tak ada ketentuan baku perihal shalawat dan salam buat nabi sebab pada prinsipnya shalawat dan salam ialah doa yg dimohon kepada Allah buat Nabi Muhammad saw atau para nabi dan rasul yg lain. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.