Khutbah I
 اَلْØَمْد٠للهÙØŒ اَلْØَمْد٠لله٠الَّذÙىْ جَعَلَ الْاÙسْلَامَ طَرÙيْقًا سَوÙيًّا، وَوَعَدَ Ù„ÙلْمÙتَمَسÙّكÙيْنَ بÙه٠وَيَنْهَوْنَ الْÙَسَادَ مَكَانًا عَلÙيًّا. أَشْهَد٠أَنْ لاَ اÙÙ„ÙŽÙ‡ÙŽ اÙلاَّ الله٠وَØْدَه٠لَاشَرÙيْكَ Ù„ÙŽÙ‡ÙØŒ شَهَادَةَ مَنْ Ù‡ÙÙˆÙŽ خَيْرٌ مَّقَامًا ÙˆÙŽØ£ÙŽØْسَن٠نَدÙيًّا. وَأَشْهَد٠أَنَّ سَيÙّدَنَا Øَمَّدًا عَبْدÙه٠وَرَسÙوْلÙه٠الْمÙتَّصÙÙ٠بÙالْمَكَارÙÙ…Ù ÙƒÙبَارًا وَصَبÙيًّا. اَللَّهÙمَّ ÙَصَلÙÙ‘ وَسَلÙّمْ عَلَى سَيÙّدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠كَانَ صَادÙÙ‚ÙŽ الْوَعْد٠وَكَانَ رَسÙوْلاً نَبÙيًّا، وَعَلَى آلÙه٠وَصَØْبÙه٠الَّذÙيْنَ ÙŠÙØْسÙÙ†Ùوْنَ Ø¥ÙسْلاَمَهÙمْ وَلَمْ ÙŠÙŽÙْعَلÙوْا شَيْئًا ÙَرÙيًّا، أَمَّا بَعْدÙØŒ Ùَيَا أَيّÙهَا الْØَاضÙرÙوْنَ رَØÙÙ…ÙŽÙƒÙم٠اللهÙØŒ اÙوْصÙيْنÙيْ Ù†ÙŽÙْسÙىْ ÙˆÙŽØ¥ÙيَّاكÙمْ بÙتَقْوَى اللهÙØŒ Ùَقَدْ Ùَازَ الْمÙتَّقÙوْنَ.
قَالَ الله٠تَعَالَى : بÙسْم٠الله٠الرَّØْمَن٠الرَّØÙيْمÙØŒ يَا اَيّÙهَا الَّذÙيْنَ آمَنÙوْا اتَّقÙوْا اللهَ Øَقَّ تÙقَاتÙه٠وَلاَ تَمÙوْتÙنَّ Ø¥Ùلاَّ وَاَنْتÙمْ Ù…ÙسْلÙÙ…Ùوْنَ
Pada kesempatan ini, khotib berwasiat khususnya kepada diri khotib sendiri dan umumnya kepada para jamaah sekalian buat kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala .Â
Iman dalam pengertian
Â
التَّصْدÙيْق٠الجَازÙم٠بÙمَا جَاءَ بÙه٠النَّبÙيّ٠صَلَّى الله٠عَلَيْه٠وَسَلَّمَ
Yaitu pembenaran hati kita secara mantap terhadap seluruh ajaran yg dibawa oleh Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.Â
Dan takwa dalam pengertianÂ
امْتÙثَال٠أَوَامÙر٠الله٠وَاجْتÙنَاب٠نَوَاهÙيْه٠سÙرًّا وَعَلَانÙيَّةً ظَاهÙرًا وَبَاطÙنًا
Kita melaksanakan segala perintah Allah subhanahu wa ta’ala dan kita menjauhi segala larangan-Nya. Sirran wa alâniyatan. Baik sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Dhâhiran wa bâtinan. Lahir maupun batin. Dilihat maupun tak dilihat orang. Dipuji maupun tak dipuji orang. Kita tetap melaksanakan apa yg diwajibkan Allah subhanahu wa ta’ala kepada kita. Wasiat ini bukanlah sekadar wasiat rutin yg disampaikan para khotib di mimbar Jumat, namun menurut Imam al Haddad, dalam kitab an-Nashaih ad-Diniyyah, wasiat takwa ialah:
Â
وَصÙيَّة٠الله٠رَبّ٠الْعَالمَين Ù„ÙلأَوَّلÙيْنَ وَالأخÙرÙيْن وَالسَّابÙÙ‚Ùيْنَ وَاللَّاØÙÙ‚Ùيْنَ
Wasiat Allah subhanahu wa ta’ala Tuhan semesta alam bagi orang-orang dahulu, sekarang maupun yg mau datang. Semoga Allah Ta’al a menerima ketakwaan kita baik yg wajib maupun yng sunnah. Amin ya Robbal Alamin.
Jamaah Shalat Jumat yg dimuliakan Allah subhanahu wa ta’ala
Dalam buku berjudul Cahaya karya al Imam al Habib Abu Bakar bin Hasan Al Athas Azzabidi, disebutkan pernah terjadi dialog antara Allah ta’ala dgn Nabiyullah Dawud Alaihissalam. Yaitu Nabiyulloh Dawud Alaihissalam bertanya kepada Allah ta’ala: “Ya Allah, nikmat apakah yg kecil di sisi-Mu?â€. Allah ta’ala menjawab, “Napas yg kamu hirup sehari-hari ialah nikmat yg kecil di sisi-Kuâ€. Baygkan, napas yg kita hirup sehari-hari, yg menjadi oksigen bagi kita, bagi Allah ta’ala ialah nikmat terkecil. “Lalu nikmat apakah yg paling terbesar di sisi-Mu?†Tanya Nabi Daud lagi. “Diciptakannya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam†jawab Allah ta’ala.
Tak heran, bila dalam hadist Qudsi dikatakan:
لَوْلَاكَ لَوْلَاكَ يَا Ù…ÙØَمّد لما خَلَقْتَ الأَÙْلَاكÂ
Artinya: Jika bukan sebab engkau wahai Muhammad, tak mau aku ciptakan alam semesta ini.Â
Kelahiran Nabi Muhammad shalllallahu alaihi wasallam, memang anugerah dan kado terindah bagi umat manusia dari Allah yg wajib kita syukuri.Â
Allah ta’ala berfirman:
لَقَدْ مَنَّ الله٠عَلَى الْمÙؤْمÙÙ†Ùينَ Ø¥Ùذْ بَعَثَ ÙÙيهÙمْ رَسÙولًا
Artinya: “Sungguh-sungguh Allah ta’ala telah memberikan karunia bagi orang-orang beriman tatkala Dia mengutus bagi mereka seorang Rasulâ€. (QS Ali Imran: 164)
Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti kita tahun, tak terasa kita telah memasuki bulan Rabi’ul Awwal, bulan kelahiran Baginda Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam. Seorang Rasul yg diutus buat membawa rahmat dan kasih sayg bagi manusia dan semesta alam. Rahmatan lil ‘alamîn.Â
Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam menyeru kepada seluruh umat manusia ke jalan Allah subhanahu wa ta’ala. Jalan kebenaran. Jalan tauhid. Jalan yg lurus. (as-Sirotul mustaqim). Yaitu jalan orang-orang yg telah diberikan nikmat oleh Allah ta’ala, dari para Nabi dan Rasul, dan orang-orang terdahulu yg solih. Yaitu, jalan Islam.Â
Semua Nabi dan Rasul terdahulu, aqidahnya sama tak boleh kita beda-bedakan.
Â
لَا Ù†ÙÙَرّÙق٠بَيْنَهÙمْ أَيْ ÙÙÙŠ اْلعَقÙيْدَة
Sejak Nabiyullah Adam ‘alaihissalam, hingga Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, mereka menyerukan kalimat Tauhid buat mengesakan Allah subhanahu wa ta’ala. La Ilaha Illallah. Meski syari’atnya berbeda-beda, pada akhirnya, semua syari’at para Nabi dan Rasul terdahulu disempurnakan oleh syariat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Yang berat diringankan. Yang susah menjadi mudah. Itulah ciri khas syariat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam. Â
Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam membawa agama Islam. Yaitu agama yg diridhai oleh Allah subhanahu wa ta’ala.Â
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
Ø¥Ùنَّ الدّÙينَ عÙنْدَ اللَّه٠الْإÙسْلَامÙ
Artinya: “Sesungguhnya agama yg diterima di sisi Allah subhanahu wa ta’ala ialah al Islam.†(QS Ali Imran: 19)
Syekh Nawawi Banten, dalam Tafsirnya, Marah Labid fi Tafsiril Qur’anil Majid (Juz 1 halaman 91) mengatakan bahwa pengertian ayat tersebut ialah bahwa tak ada agama yg diridhai oleh Allah subhanahu wa ta’ala kecuali Islam, yaitu agama tauhid dan syari’at yg mulia yg pernah ditempuh oleh para Rasul terdahulu. Turunnya ayat ini sebab ada klaim agama-agama lain, yaitu Yahudi dan Nasrani, yg merasa lebih baik, lebih benar, dan lebih utama dibandingkan Islam. Â
Semoga kita diberikan Allah subhanahu wa ta’ala  kekuatan dan istiqomah dalam mengikuti ajaran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Meneladani jejak kehidupannya yg penuh cahaya ilmu dan hikmah. Banyak bershalawat kepadanya. Dalam diri Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sungguh terdapat suri teladan yg baik dan patut dicontoh. Kecuali kekhususan-kekhususan yg melekat pada dirinya, semua ucapan dan tindakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ialah buat diikuti. Sebagaimana dikatakan Syekh Abdul Hamid Hakim dalam kitab ushul fiqih Mabadi Awwaliyah:
Â
الأَصْل٠ÙÙÙŠ Ø£ÙŽÙْعَال٠النَّبÙيّ٠صَلَّى الله٠عَلَيْه٠وَسَلَّمَ الاÙقْتÙدَاء٠إÙلَّا مَا دَلَّ الدَّلÙيْل٠عَلَى اخْتÙصَاصÙÙ‡Ù
“Hukum asal segala perbuatan Nabi ialah buat diikuti kecuali ada dalil yg mengkhususkannya.â€
بَارَكَ الله Ù„ÙÙŠ ÙˆÙŽÙ„ÙŽÙƒÙمْ ÙÙÙ‰ اْلقÙرْآن٠اْلعَظÙيْمÙØŒ ÙˆÙŽÙ†ÙŽÙَعَنÙÙŠ ÙˆÙŽØ¥ÙيَّاكÙمْ بÙمَاÙÙيْه٠مÙنْ آيَة٠وَذÙكْر٠الْØÙŽÙƒÙيْم٠وَتَقَبَّلَ الله٠مÙنَّا ÙˆÙŽÙ…ÙنْكÙمْ تÙلاَوَتَه٠وَإÙنَّه٠هÙÙˆÙŽ السَّمÙيْع٠العَلÙيْمÙØŒ ÙˆÙŽØ£ÙŽÙ‚Ùوْل٠قَوْلÙÙŠ هَذَا ÙَأسْتَغْÙÙر٠اللهَ العَظÙيْمَ Ø¥Ùنَّه٠هÙÙˆÙŽ الغَÙÙوْر٠الرَّØÙيْم
Khutbah II
اَلْØَمْد٠لله٠عَلىَ Ø¥ÙØْسَانÙه٠وَالشّÙكْر٠لَه٠عَلىَ تَوْÙÙيْقÙه٠وَاÙمْتÙنَانÙÙ‡Ù. وَأَشْهَد٠أَنْ لاَ اÙÙ„ÙŽÙ‡ÙŽ Ø¥Ùلاَّ الله٠وَالله٠وَØْدَه٠لاَ شَرÙيْكَ لَه٠وَأَشْهَد٠أنَّ سَيّÙدَنَا Ù…ÙØَمَّدًا عَبْدÙه٠وَرَسÙوْلÙه٠الدَّاعÙÙ‰ إلىَ رÙضْوَانÙÙ‡Ù. اللهÙمَّ صَلّ٠عَلَى سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠وÙعَلَى اَلÙه٠وَأَصْØَابÙه٠وَسَلّÙمْ تَسْلÙيْمًا ÙƒÙثيْرًا
أَمَّا بَعْد٠Ùَياَ اَيّÙهَا النَّاس٠اÙتَّقÙوااللهَ ÙÙيْمَا أَمَرَ وَانْتَهÙوْا عَمَّا Ù†ÙŽÙ‡ÙŽÙ‰ وَاعْلَمÙوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكÙمْ بÙأَمْر٠بَدَأَ ÙÙيْه٠بÙÙ†ÙŽÙْسÙه٠وَثَـنَى بÙمَلآ ئÙكَتÙه٠بÙÙ‚ÙدْسÙه٠وَقَالَ تَعاَلَى Ø¥Ùنَّ اللهَ وَمَلآئÙكَتَه٠يÙصَلّÙوْنَ عَلىَ النَّبÙÙ‰ يآ اَيّÙهَا الَّذÙيْنَ آمَنÙوْا صَلّÙوْا عَلَيْه٠وَسَلّÙÙ…Ùوْا تَسْلÙيْمًا. اللهÙمَّ صَلّ٠عَلَى سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠صَلَّى الله٠عَلَيْه٠وَسَلّÙمْ وَعَلَى آل٠سَيّÙدÙناَ Ù…ÙØَمَّد٠وَعَلَى اَنْبÙيآئÙÙƒÙŽ وَرÙسÙÙ„ÙÙƒÙŽ وَمَلآئÙكَة٠اْلمÙقَرَّبÙيْنَ وَارْضَ اللّهÙمَّ عَن٠اْلخÙÙ„ÙŽÙَاء٠الرَّاشÙدÙيْنَ أَبÙÙ‰ بَكْر٠وَعÙمَر وَعÙثْمَان وَعَلÙÙ‰ وَعَنْ بَقÙيَّة٠الصَّØَابَة٠وَالتَّابÙعÙيْنَ وَتَابÙعÙÙŠ التَّابÙعÙيْنَ Ù„ÙŽÙ‡Ùمْ بÙاÙØْسَان٠اÙلَىيَوْم٠الدّÙيْن٠وَارْضَ عَنَّا مَعَهÙمْ بÙرَØْمَتÙÙƒÙŽ يَا أَرْØÙŽÙ…ÙŽ الرَّاØÙÙ…Ùيْنَ
اَللهÙمَّ اغْÙÙرْ Ù„ÙلْمÙؤْمÙÙ†Ùيْنَ وَاْلمÙؤْمÙنَات٠وَاْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ وَاْلمÙسْلÙمَات٠اَلاَØْيآء٠مÙنْهÙمْ وَاْلاَمْوَات٠اللهÙمَّ أَعÙزَّ اْلإÙسْلاَمَ وَاْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ ÙˆÙŽØ£ÙŽØ°Ùلَّ الشّÙرْكَ وَاْلمÙشْرÙÙƒÙيْنَ وَانْصÙرْ عÙبَادَكَ اْلمÙÙˆÙŽØÙ‘ÙدÙيَّةَ وَانْصÙرْ مَنْ نَصَرَ الدّÙيْنَ وَاخْذÙلْ مَنْ خَذَلَ اْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ ÙˆÙŽ دَمّÙرْ أَعْدَاءَ الدّÙيْن٠وَاعْل٠كَلÙمَاتÙÙƒÙŽ Ø¥ÙÙ„ÙŽÙ‰ يَوْمَ الدّÙيْنÙ. اللهÙمَّ ادْÙَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزÙÙ„ÙŽ وَاْلمÙØÙŽÙ†ÙŽ وَسÙوْءَ اْلÙÙتْنَة٠وَاْلمÙØÙŽÙ†ÙŽ مَا ظَهَرَ Ù…Ùنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدÙنَا اÙنْدÙونÙيْسÙيَّا خآصَّةً وَسَائÙر٠اْلبÙلْدَان٠اْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمÙيْنَ. رَبَّنَا آتÙناَ ÙÙÙ‰ الدّÙنْيَا Øَسَنَةً ÙˆÙŽÙÙÙ‰ اْلآخÙرَة٠Øَسَنَةً ÙˆÙŽÙ‚Ùنَا عَذَابَ النَّارÙ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْÙÙسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْÙÙرْ لَنَا وَتَرْØَمْنَا Ù„ÙŽÙ†ÙŽÙƒÙوْنَنَّ Ù…ÙÙ†ÙŽ اْلخَاسÙرÙيْنَ. عÙبَادَالله٠! Ø¥Ùنَّ اللهَ يَأْمÙرÙنَا بÙاْلعَدْل٠وَاْلإÙØْسَان٠وَإÙيْتآء٠ذÙÙŠ اْلقÙرْبىَ وَيَنْهَى عَن٠اْلÙÙŽØْشآء٠وَاْلمÙنْكَر٠وَاْلبَغْي يَعÙظÙÙƒÙمْ لَعَلَّكÙمْ تَذَكَّرÙوْنَ وَاذْكÙرÙوا اللهَ اْلعَظÙيْمَ يَذْكÙرْكÙمْ وَاشْكÙرÙوْه٠عَلىَ Ù†ÙعَمÙه٠يَزÙدْكÙمْ ÙˆÙŽÙ„ÙŽØ°Ùكْر٠الله٠أَكْبَرْ
(Darul Quthni)
Uncategorized