Naskah khutbah Jumat kali ini menjelaskan tentang pandangan Islam terhadap hewan. Naskah khutbah ini menjelaskan bahwa sikap agama Islam terhadap hewan. Naskah ini menjelaskan bagaimana kedudukan entitas hewan dalam pandangan Islam dan bagaimana umat Islam memperlakukan hewan.
Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan dekstop). Semoga bermanfaat! (Redaksi)
Khutbah I
اَلْØَمْد٠Ùلله٠الَّذÙىْ أَرْسَلَ رَسÙوْلَه٠بÙالْهÙدىْ وَدÙيْن٠الْØÙŽÙ‚ÙÙ‘ Ù„ÙÙŠÙظْهÙرَه٠عَلى الدÙّيْن٠كÙÙ„Ùّه٠وَلَوْكَرÙÙ‡ÙŽ الْمÙشْرÙÙƒÙوْنَ. أَشْهَد٠أَنْ لآإÙلهَ Ø¥Ùلاَّ الله٠وَØْدَه٠لَاشَرÙيْكَ Ù„ÙŽÙ‡ÙØŒ وَأَشْهَد٠أَنَّ Ù…ÙØَمَّدًا عَبْدÙه٠وَرَسÙوْلÙÙ‡Ù. اَللّهÙمَّ صَلÙÙ‘ وَسَلÙّمْ عَلى خَاتَم٠اْلاَنْبÙيَآء٠وَالْمÙرْسَلÙيْنَ Ù…ÙØَمَّد٠وَّعَلى آلÙه٠وَصَØْبÙه٠أجْمَعÙيْنَ. أَمَّا بَعْدÙØŒ Ùَيَا عÙبَادَ الله٠اÙتَّقÙوْا اللهَ Øَقَّ تÙقَاتÙه٠وَلاَ تَمÙوْتÙنَّ اÙلاَّ وَاَنْتÙمْ Ù…ÙسْلÙÙ…Ùوْنَ
Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah.
Di awal khutbah ini, mari kita tingkatkan ketakwaan terhadap Allah dgn sebenar-benarnya, dgn berupaya secara optimal menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.Â
Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah.
Ketakwaan terhadap Allah swt dapat kita wujudkan dgn menghindari perbuatan semena-mena terhadap sesama makhluk. Di antaranya ialah terhadap hewan yg ada di sekitar kita atau yg menjadi peliharaaan kita. Adab yg diajarkan Islam tak terbatas terhadap sesama manusia. Terhadap hewan pun umat Islam diajarkan buat menjaga akhlak.
Tidak sedikit nasihat dan perilaku langsung yg diteladankan oleh Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya yg mengajarkan kaum muslimin buat menjaga adab terhadap hewan, di antaranya ialah lima sebagimana berikut.
Adab pertama, secara umum Nabi saw memerintahkan umatnya buat berbuat baik terhadap apapun, termasuk kepada hewan. Apalagi saat orang hendak menyembelihnya, maka hendaknya dilakukan secara baik, menggunakan alat yg tajam dan mengondisikan hewan senyaman mungkin. Dalam hal ini Nabi saw bersabda:
Ø¥Ùنَّ اَللَّهَ كَتَبَ اَلْإÙØْسَانَ عَلَى ÙƒÙلّ٠شَيْءÙØŒ ÙÙŽØ¥Ùذَا قَتَلْتÙمْ ÙÙŽØ£ÙŽØْسÙÙ†Ùوا اَلْقÙتْلَةَ، ÙˆÙŽØ¥Ùذَا ذَبَØْتÙمْ ÙÙŽØ£ÙŽØْسÙÙ†Ùوا اَلذّÙبْØÙŽØ©ÙŽØŒ وَلْيÙØÙدَّ Ø£ÙŽØَدÙÙƒÙمْ Ø´ÙŽÙْرَتَهÙØŒ وَلْيÙرÙØÙ’ ذَبÙÙŠØَتَهÙ. رَوَاه٠مÙسْلÙÙ…ÙŒ
Artinya, “Sungguh Allah telah mewajibkan berbuat baik terhadap segala sesuatu. Karenanya, apabila kalian membunuh hewan, bunuhlah secara baik; apabila kalian menyembelihnya, sembelihlah secara baik. Hendaklah salah seorang yg menyembelih hewan menajamkan alatnya dan membuat nyaman hewan yg disembelihnya (semisal dgn memberi minum sebelum menyembelihnya dan menyembelih secepat mungkin supaya tak terlalu lama menyakitkannya).â€(HR Muslim).Â
Adab kedua, tak memotong tubuh hewan dalam kondisi masih hidup atau menyiksanya. Dalam hal ini Nabi saw bersabda:
مَنْ مَثَّلَ بÙØ°ÙÙŠ رÙÙˆØÙ Ø«Ùمَّ لَمْ يَتÙبْ مَثَّلَ اللَّه٠بÙه٠يَوْمَ الْقÙيَامَةÙ. رواه Ø£Øمد
Artinya, “Siapa saja yg memotong (bagian tubuh) dari hewan yg masih mempunyai ruh (masih hidup) kemudian tak bertobat, maka Allah mau memotong-motong dirinya di hari kiamat kelak.†(HR Ahmad).
Adab ketiga, tak menjadikan hewan hidup sebagai sasaran latihan memanah atau menembak dalam konteks sekarang. Bahkan pelakunya dilaknat oleh Nabi saw. Dalam hal ini Abdullah bin Umar ra mengatakan:
إنَّرَسÙولَ اللَّه٠صَلَّى اللَّه٠عَلَيْه٠وَسَلَّمَ لَعَنَ مَنْ اتَّخَذَ شَيْئًا ÙÙيه٠الرّÙÙˆØ٠غَرَضًا. رواه البخاري ومسلم
Artinya, “Sungguh Rasulullah saw telah melaknat orang yg menjadikan hewan yg mempunyai ruh sebagai sasaran memanah.†(HR al-Bukhari dan Muslim).
Adab keempat, membunuh hewan bukan buat dimakan dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya, atau iseng dalam membunuhnya. Nabi saw bersabda:
مَنْ قَتَلَ عÙصْÙÙورًا عَبَثًا عÙجَّ إلَى اللَّه٠يَوْمَ الْقÙيَامَة٠يَقÙول٠يَا رَبّ٠إنَّ ÙÙلَانًا قَتَلَنÙÙŠ عَبَثًا وَلَمْ يَقْتÙلْنÙÙŠ مَنْÙَعَةً. رواه النَّسَائÙيّ٠وَابْن٠ØÙبَّانَ
Artinya, “Siapa saja yg membunuh burung ushfur (semacam burung gereja), maka pada hari kiamat burung itu mau berteriak keras kepada Allah dgn berkata: “Wahai Tuhanku, sungguh Si Fulan telah membunuhku secara iseng dan ia tak membunuhkun sebab buat dimanfaatkan sebagaimana mestinyaâ€.†(HR an-Nasai dan Ibnu Hibban).
Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah.
Adapun adab kelima ialah bila orang memelihara hewan dan mengurungnya dalam sangkar, maka harus memenuhi kebutuhannya. Utamanya kebutuhan makanan dan minumannya. Sebab orang yg mengurung hewan dan tak memberinya makan minum hingga mati, maka ia berdosa dan diancam masuk neraka. Dalam hal ini Nabi saw bersabda:
عÙذّÙبَتْ اÙمْرَأَةٌ ÙÙÙŠ Ù‡Ùرَّة٠سَجَنَتْهَا Øَتَّى مَاتَتْ، Ùَدَخَلْت٠النَّارَ ÙÙيهَا، لَا Ù‡ÙÙŠÙŽ أَطْعَمَتْهَا وَسَقَتْهَا Ø¥Ùذْ Ù‡ÙÙŠÙŽ Øَبَسَتْهَا، وَلَا Ù‡ÙÙŠÙŽ تَرَكَتْهَا تَأْكÙÙ„Ù Ù…Ùنْ خَشَاش٠اَلْأَرْضÙ.رواه البخاري ومسلم
Artinya, “Ada perempuan yg disiksa sebab kucing yg dikurungnya sehingga meninggal, lalu ia masuk neraka sebabnya. Perempuan itu tak memberinya makan dan minum ketika mengurungnya, dan tak melepaskannya sehingga dapat memakan makanan yg tercecer di tanah (bebas mencari makan sendiri).†(HR al-Bukhari dan Muslim).
Â
Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah.
Inilah lima adab terhadap hewan yg telah diajarkan oleh Nabi saw secara terperinci. Semoga dapat menjadi panduan bagi kita semua dalam memperlakukan hewan sebagai salah satu makhluk yg diciptakan buat kepentingan manusia. Dengan demikian kita dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt dgn sebenar-benarnya, utamanya berkaitan dgn hewan yg ada di sekitar kita atau yg kita pelihara. Amin ya rabbal ‘alamin.
بÙسْم٠الله٠الرَّØْمن٠الرَّØÙيمÙ. وَالْعَصْر٠(1) Ø¥Ùنَّ الْإÙنْسَانَ Ù„ÙŽÙÙÙŠ Ø®Ùسْر٠(2) Ø¥Ùلَّا الَّذÙينَ آمَنÙوا وَعَمÙÙ„Ùوا الصَّالÙØَات٠وَتَوَاصَوْا بÙالْØَقّ٠وَتَوَاصَوْا بÙالصَّبْر٠(3). بَارَكَ الله Ù„ÙÙŠ ÙˆÙŽÙ„ÙŽÙƒÙمْ بÙاْلقÙرْآن٠اْلعَظÙيْم٠وَنَÙَعَنÙÙŠ ÙˆÙŽØ¥ÙيَّاكÙمْ بÙمَا ÙÙيْه٠مÙنَالْآيَة٠وَذÙكْر٠الْØÙŽÙƒÙيْمÙ. Ø£ÙŽÙ‚Ùوْل٠قَوْلÙÙŠ هَذَا ÙَأَسْتَغْÙÙر٠اللهَ العَظÙيْمَ، Ø¥Ùنَّه٠هÙÙˆÙŽ الغَÙÙوْر٠الرَّØÙيْم
Â
Khutbah II
اَلØمْد٠لله٠Øَمْدًا كما أَمَرَ.أَشْهد٠أَنْ لآ Ø¥ÙÙ„ÙŽÙ‡ÙŽ Ø¥Ùلاَّ الله٠وَØْدَه٠لَا شَرÙيكَ Ù„ÙŽÙ‡ÙØŒ Ø¥Ùرْغامًا Ù„Ùمَنْ جَØَدَ بÙÙ‡ وكَÙَرَ، وأَشْهَد٠أَنَّ سَيّدَنا Ù…Øمَّدًا عَبدÙه٠ورسÙولÙه٠سَيÙّد٠الْإÙنْس٠والْبَشَرÙ.اللَّهمَّ صَلÙÙ‘ وَسَلÙّمْ على سيÙّدÙنَا Ù…Øمَّد٠وآلÙÙ‡ وصَØْبÙÙ‡ مَااتَّصَلَتْ عَينٌ بÙنَظَر٠وأÙØ°ÙÙ†ÙŒ بÙخَبَرÙ
أَمَّا بَعْدÙ: ÙÙŠÙŽØ¢ Ø£ÙŽÙŠÙّهاالنّاس٠اتَّقÙوا اللهَ تَعَاَلى وَذَرÙوا الْÙَواØÙØ´ÙŽ ما ظهَرَ Ù…Ùنْها وَمَا بَطَنَ، ÙˆØاÙَظÙوا عَلَى الطَّاعَة٠وَØÙضÙور٠الْجÙÙ…Ùعَة٠والْجَماعَة٠. وَاعْلَمÙوا Ø£ÙŽÙ†ÙŽÙ‘ اللهَ أَمَرَكÙمْ بÙأَمْر٠بَدَأَ ÙÙيه بÙÙ†ÙŽÙْسÙه٠وَثَنَّى بÙمَلائكة٠قÙدْسÙÙ‡ÙØŒ Ùَقالَ تَعَالَى ولَمْ يَزَلْ قائÙلاً عَلÙيمًا: Ø¥ÙÙ†ÙŽÙ‘ اللهَ وَملائكتَه٠يÙصَلÙّونَ على النَّبÙÙŠÙÙ‘ ÙŠÙŽØ¢ أَيّها الَّذÙينَ آمَنÙوا صَلÙّوا عَلَيْه٠وسَلÙّمÙوا تَسْلÙيْمً. اَللَّهمَّ صَلÙÙ‘ وسَلÙّمْ عَلَى سيÙّدÙنا Ù…Øمَّد٠وَعَلَى آل٠سَيÙّدÙنَا Ù…Øمَّد٠كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيÙّدÙنا Ø¥ÙبْرَاهÙيمَ وَعَلَى آل٠سَيÙّدÙنَا Ø¥ÙبْرَاهÙيمَ ÙÙŠ الْعالَمÙينَ Ø¥Ùنَّكَ ØÙŽÙ…Ùيدٌ مَجÙيدٌ
اَللَّهمَّ وَارْضَ عَن٠الْخÙÙ„ÙŽÙَاء الرّاشÙدÙينَ الَّذينَ قَضَوْا بÙالْØÙŽÙ‚ÙÙ‘ وَكانÙوا بÙه٠يَعْدÙÙ„Ùونَ، أَبÙÙŠ بَكْر٠وَعÙمَرَ Ùˆ عÙثْمانَ وَعَلÙيّ٠وَعَن٠السَتَّة٠الْمÙتَمÙّمÙينَ Ù„Ùلْعَشْرَة٠الْكÙرام٠وَعَنْ سائÙر٠أَصْØاب٠نَبÙÙŠÙّكَ أَجْمَعينَ، وَعَن٠التَّابÙعÙينَ وتَابÙعÙÙŠ التَّابÙعÙينَ وَمَنْ تَبÙعَهÙمْ بÙØ¥ÙØْسان٠إÙÙ„ÙŽÙ‰ يَوم٠الدÙّينÙ. اَللَّهÙÙ…ÙŽÙ‘ لَا تَجْعَلْ Ù„ÙØ£ÙŽØَد٠مÙنْهÙمْ ÙÙÙŠ عÙÙ†ÙÙ‚Ùنَا ظَلَامَةً، ونَجÙّنَا بÙØÙبÙّهÙمْ Ù…Ùنْ أَهْوال٠يَوم٠الْقÙيامَةÙ. اَللَّهمَّ أَعÙزَّ الْإÙسْلَامَ والمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ، وأَهْلÙك٠الْكَÙَرَةَ والمÙشْركÙينَ، ودَمÙّرْ أَعْداءَ الدÙّينÙ. اَللَّهÙÙ…ÙŽÙ‘ آمÙنَّا ÙÙÙŠ دÙوْرÙنَا وَأَصْلÙØÙ’ ÙˆÙلَاةَ Ø£ÙÙ…ÙورÙنا، وَاجْعَل٠اللَّهÙÙ…ÙŽÙ‘ ÙˆÙلَايَتَنا ÙÙيمَنْ خاÙÙŽÙƒÙŽ وَاتَّقَاكَ
اللَّهÙÙ…ÙŽÙ‘ اغْÙÙرْ Ù„ÙلْمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ والْمÙسْلÙمَات٠وَالْمÙؤْمÙÙ†Ùيْنَ وَالْمÙؤْمÙناتÙØŒ اَلْأَØْياء٠مÙنْهÙمْ والْأَمْواتÙØŒ بÙرَØْمَتÙÙƒÙŽ يَا وَاهÙبَ الْعَطÙيَّاتÙ. اَللَّهمَّ ادْÙَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ والوَباءَ وَالرّÙبَا وَالزÙّنَا والزَّلَازÙÙ„ÙŽ وَالْمÙØÙŽÙ†ÙŽ وَسÙوْءَ الْÙÙتَن٠مَا ظَهَرَ Ù…Ùنْها وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدÙنَا هَذَا خَاصَّةً، وعَنْ سائÙر٠بÙلَاد٠الْمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ عَامَّةً يا رَبَّ الْعَالَمÙينَ.رَبَّنا آتÙنا ÙÙŠ الدّنيا Øَسَنَةً ÙˆÙŽÙÙŠ الْآخÙرَة٠Øَسَنَةً ÙˆÙŽÙ‚Ùنَا عَذَابَ النَّارÙ
عÙبادَ اللهÙØŒ Ø¥ÙÙ†ÙŽÙ‘ اللهَ يَأْمÙر٠بÙالْعَدْل٠والْإÙØْسان وإÙيتاءَ Ø°ÙÙŠ الْقÙرْبَى ويَنْهَى عَن٠الْÙÙŽØْشاء٠والْمÙنْكَر٠وَالْبَغْي٠يَعÙظÙÙƒÙمْ لَعَلَّكÙمْ تَذَكَّرÙوْنَ. ÙَاذْكÙرÙوا اللهَ الْعَظÙيْمَ يَذْكÙرْكÙمْ، وَاشْكÙرÙوه٠على Ù†ÙعَمÙه٠يَزÙدْكÙمْ، وَاسْئَلÙوه٠مÙنْ ÙَضْلÙÙ‡Ù ÙŠÙعْطÙÙƒÙمْ، ÙˆÙŽÙ„ÙŽØ°Ùكْر٠الله٠أَعَزَّ وَأَجَلَّ وَأَكْبَرÙ
Ùَقَالَ الله٠تَعَالَى: Ø¥Ùنَّ اللهَ وَمَلَائÙكَتَه٠يÙصَلّÙوْنَ عَلَى النَّبÙيّÙØŒ يٰأَ يّÙها الَّذÙيْنَ آمَنÙوْا صَلّÙوْا عَلَيْه٠وَسَلّÙÙ…Ùوْا تَسْلÙيْمًا. اَللَّهÙÙ…ÙŽÙ‘ صَلÙÙ‘ عَلَى سَيÙّدَنَا Ù…ÙØَمَّد٠وَعَلَى أَل٠سَيÙّدَنَا Ù…ÙØَمَّدÙ
اَللّهÙمَّ اغْÙÙرْ Ù„ÙلْمÙؤْمÙÙ†Ùيْنَ وَاْلمÙؤْمÙنَات٠وَاْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ وَاْلمÙسْلÙمَاتÙØŒ اَلْأَØْياء٠مÙنْهÙمْ وَاْلاَمْوَاتÙ. اَللّهÙمَّ ادْÙَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَاْلوَبَاءَ والرّÙبَا وَالزَّلاَزÙÙ„ÙŽ وَاْلمÙØÙŽÙ†ÙŽ وَسÙوْءَ اْلÙÙتَن٠وَاْلمÙØÙŽÙ†ÙŽ مَا ظَهَرَ Ù…Ùنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدÙنَا Ø¥ÙنْدÙونÙيْسÙيَّا خآصَّةً وَسَائÙر٠اْلبÙلْدَان٠اْلمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ عامَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمÙيْنَ. اَللَّهÙمَّ أَرÙنَا الْØَقَّ Øَقًّا وَارْزÙقْنَا اتّÙبَاعَه٠وَأَرÙنَا الْبَاطÙÙ„ÙŽ بَاطÙلًا وَارْزÙقْنَا اجْتÙنَابَهÙ. رَبَّنَا آتÙناَ ÙÙÙ‰ الدّÙنْيَا Øَسَنَةً ÙˆÙŽÙÙÙ‰ اْلآخÙرَة٠Øَسَنَةً ÙˆÙŽÙ‚Ùنَا عَذَابَ النَّارÙ. وَاَلْØَمْد٠لÙلّٰه٠رَبّ٠الْعٰلَمÙيْنَ.
Ùَيَا عÙبَادَ اللهÙØŒ Ø¥Ùنَّ اللهَ يَأْمÙر٠بÙاْلعَدْل٠وَاْلإÙØْسَان٠وَإÙيْتاء٠ذÙÙŠ اْلقÙرْبىَ وَيَنْهَى عَن٠اْلÙÙŽØْشاء٠وَاْلمÙنْكَر٠وَاْلبَغْي٠يَعÙظÙÙƒÙمْ لَعَلَّكÙمْ تَذَكَّرÙوْنَ. وَاذْكÙرÙوا اللهَ اْلعَظÙيْمَ يَذْكÙرْكÙمْ، وَاشْكÙرÙوْه٠عَلىَ Ù†ÙعَمÙه٠يَزÙدْكÙمْ، ÙˆÙŽÙ„ÙŽØ°Ùكْر٠الله٠أَعَزَّ وَأَجَلَّ وَأَكْبَرْ
Ustadz Ahmad Muntaha AM, Founder Aswaja Muda dan Redaktur Keislaman NU Online.Â
Â
Â
Uncategorized