Naskah khutbah Jumat kali ini menjelaskan tentang hubungan agama dan tradisi lokal. Naskah khutbah ini menegaskan kepada kita semua bahwa antara agama dan tradisi tak dapat dibenturkan. Selama tradisi itu masih dapat diadaptasi dan tak melanggar dasar-dasar ajaran Islam, maka tradisi tersebut patut kita jaga, bahkan digunakan sebagai pendekatan dakwah yg efektif.
Teks khutbah Jumat berikut ini berjudul “Khutbah Jumat: Islam dan Tradisi Lokal“. Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan dekstop). Semoga bermanfaat! (Redaksi)
Khutbah I
اَلْØَمْد٠لÙلّٰه٠Øَمْدًا ÙŠÙوَاÙÙÙŠ Ù†Ùعَمَه٠وَيÙكَاÙÙئ٠مَزÙيْدَه، يَا رَبَّنَا Ù„ÙŽÙƒÙŽ الْØَمْد٠كَمَا يَنْبَغÙيْ Ù„Ùجَلَال٠وَجْهÙÙƒÙŽ الْكَرÙيْم٠وَلÙعَظÙيْم٠سÙلْطَانÙÙƒÙŽ. سÙبْØَانَكَ اللّٰهÙمَّ لَا Ø£ÙØْصÙÙŠ ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى Ù†ÙŽÙْسÙÙƒÙŽ. وَأَشْهَد٠أَنْ لَا Ø¥Ùلهَ Ø¥Ùلَّا الله ÙˆÙŽØْدَه٠لَا شَرÙيْكَ Ù„ÙŽÙ‡ÙØŒ وَأَشْهَد٠أَنَّ Ù…ÙØَمَّدًا عَبْدÙه٠وَرَسÙوْلÙه٠وَصَÙÙيّÙه٠وَخَلÙيْلÙÙ‡. خَيْرَ نَبÙيّ٠أَرْسَلَهÙ. أَرْسَلَه٠الله٠إÙÙ„ÙŽÙ‰ الْعَالَـم٠كÙلّÙه٠بَشÙيْرًا ÙˆÙŽÙ†ÙŽØ°Ùيْرًا. اَللّٰهÙمَّ صَلّ٠وَسَلّÙمْ وَبَارÙكْ عَلَى سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠وَعَلَى آل٠سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠صَلَاةً وَسَلَامًا دَائÙمَيْن٠مÙتَلَازÙمَيْن٠إÙÙ„ÙŽÙ‰ يَوْم٠الدّÙيْن. أَمَّا بَعْد٠ÙَإنÙّي Ø£ÙوْصÙيْكÙمْ ÙˆÙŽÙ†ÙŽÙْسÙÙŠ بÙتَقْوَى الله٠الْقَائÙÙ„Ù ÙÙÙŠ ÙƒÙتَابÙه٠الْقÙرْآنÙ: رَبّ٠هَبْ Ù„ÙÙŠ ØÙكْمًا وَأَلْØÙقْنÙÙŠ بÙالصَّالÙØÙينَ، وَاجْعَلْ Ù„ÙÙŠ Ù„Ùسَانَ صÙدْق٠ÙÙÙŠ الْآخÙرÙينَ Â
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah
Islam merupakan agama yg terbuka terhadap tradisi lokal. Artinya, di mana pun dan kapan pun, Islam selalu dapat menyesuaikan diri dgn tradisi yg ada. Islam menyadari bahwa antara satu bangsa dan bangsa lainnya tak sama. Antara satu pulau dan pulau lainnya juga berbeda. Begitupun seterusnya. Keberagaman ini telah menjadi sunnatulllah.
Sejawaran Ibnu Khaldun dalam kitabnya yg berjudul Muqaddimah menjelaskan:
أَنَّ Ø£ÙŽØْوَالَ الْعَالَم٠وَالْأÙمَم٠وَعَوَائÙدَهÙمْ ÙˆÙŽÙ†ÙØÙŽÙ„ÙŽÙ‡Ùمْ لَا تَدÙوم٠عَلىٰ وَتÙيرَة٠وَاØÙدَة٠وَمÙنْهَاج٠مÙسْتَقÙرّÙ.  إÙنَّمَا Ù‡ÙÙˆÙŽ اخْتÙلَاÙÙŒ عَلىٰ الْأَيَّام٠وَالْأَزْمÙÙ†ÙŽØ©Ù. وَانْتÙقَالٌ Ù…Ùنْ Øَال٠إÙلىٰ ØَالÙ. وَكَمَا ÙŠÙŽÙƒÙون٠ذٰلÙÙƒÙŽ ÙÙÙŠ الْأَشْخَاص٠وَالْأَوْقَات٠وَالْأَمْصَارÙ. ÙَكَذٰلÙÙƒÙŽ يَقَع٠ÙÙÙŠ الْآÙَاق٠وَالْأَقْطَار٠وَالْأَزْمÙنَة٠وَالدّÙوَل٠سÙنَّة٠الله٠الَّتÙÙŠ قَدْ خَلَتْ ÙÙÙŠ عÙبَادÙÙ‡Ù.
Artinya: “Sungguh keadaan dunia, bangsa-bangsa, adat istiadat dan keyakinan mereka tak selalu mengikuti satu model dan sistem yg tetap, melainkan selalu berbeda-beda (berubah) seiring perjalanan hari dan masa, berpindah dari satu kondisi menuju kondisi lainnya. Sebagaimana hal itu terjadi pada manusia, waktu, dan kota, di berbagai kawasan, zaman, dan negeri juga terjadi sunnah Allah (sunnatullah) yg telah terjadi pada hamba-hamba-Nya.â€
Menyadari bahwa kebaragaman tak dapat dihindari, maka Islam harus menyesuaikan. Tentunya dgn tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip ajaran Islam yg ada. Bagaimana Islam tetap disampaikan dgn cara yg ramah tanpa mengusik budaya lokal yg telah mengakar di tengah masyarakat. Dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 125, Allah SWT berfirman:
ٱدۡع٠إÙلَىٰ سَبÙيل٠رَبّÙÙƒÙŽ بÙٱلۡØÙكۡمَة٠وَٱلۡمَوۡعÙظَة٠ٱلۡØَسَنَةÙÛ– وَجَٰدÙÙ„Û¡Ù‡ÙÙ… بÙٱلَّتÙÙŠ Ù‡ÙÙŠÙŽ Ø£ÙŽØۡسَنÙÛš Ø¥Ùنَّ رَبَّكَ Ù‡ÙÙˆÙŽ أَعۡلَم٠بÙÙ…ÙŽÙ† ضَلَّ عَن سَبÙيلÙÙ‡ÙÛ¦ ÙˆÙŽÙ‡ÙÙˆÙŽ أَعۡلَم٠بÙٱلۡمÙهۡتَدÙينَ Â
Artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dgn hikmah dan pelajaran yg baik dan bantahlah mereka dgn cara yg baik. Sungguh Tuhanmu Dialah yg lebih mengetahui tentang siapa yg tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yg lebih mengetahui orang-orang yg mendapat petunjuk.â€
Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, maksud ‘bantahlah mereka dgn cara yg baik’ ialah, bila kita menyampaikan kebenaran kepada pihak yg membutuhkan upaya lebih, tetap harus disampaikan dgn cara yg baik dan lemah lembut.Â
Mencermati penafsiran Ibnu Katsir tersebut, dapat kita ambil benang merah. Dalam menyebarkan Islam di tengah masyarakat yg telah kental dgn budayanya, Islam tetap harus disampaikan dgn cara-cara yg santun. Jangan sampai Islam justru mengusik dan mengakibatkan Islam sulit diterima.Â
Jamaah shalat Jumat yg dimuliakan Allah
Rasulullah SAW sendiri telah mempraktikkan bagaimana beliau tak mengusik tradisi lokal selama tak bertentangan dgn syariat Islam. Sebagaimana kita ketahui, Nabi Muhammad menyampaikan ajaran Islam bukan di ruang hampa, melainkan di tengah masyarakat yg telah mapan dgn tradisi setempat.
Salah satu contohnya ialah tetang puasa ‘Asyura. Sebelum Islam datang, puasa ‘Asyura telah diamalkan oleh orang-orang Yahudi sebagai rasa syukur atas kemenangan Nabi Musa dari kejaran Fir’aun. Kemudian Nabi mengadopsi praktik puasa tersebut. Dalam sebuah hadits dijelaskan:
عَن٠ابْن٠عَبَّاس٠رَضÙÙŠÙŽ الله٠عَنْهÙمَا، قَالَ: قَدÙÙ…ÙŽ رَسÙول٠الله٠صَلَّى الله٠عَلَيْه٠وَسَلَّمَ الْمَدÙينَةَ، Ùَوَجَدَ الْيَهÙودَ يَصÙومÙونَ يَوْمَ عَاشÙورَاءَ ÙَسÙئÙÙ„Ùوا عَنْ Ø°ÙŽÙ„ÙÙƒÙŽØŸ ÙَقَالÙوا: هَذَا الْيَوْم٠الَّذÙÙŠ أَظْهَرَ الله٠ÙÙيه٠مÙوسَى، وَبَنÙÙŠ Ø¥ÙسْرَائÙيلَ عَلَى ÙÙرْعَوْنَ، ÙÙŽÙ†ÙŽØْن٠نَصÙومÙه٠تَعْظÙيمًا Ù„ÙŽÙ‡ÙØŒ Ùَقَالَ النَّبÙيّ٠صَلَّى الله٠عَلَيْه٠وَسَلَّمَ: Ù†ÙŽØْن٠أَوْلَى بÙÙ…Ùوسَى Ù…ÙنْكÙمْ Ùَأَمَرَ بÙصَوْمÙÙ‡Ù. رواه مسلم
Artinya: “Dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata: ‘Rasulullah saw hadir di kota Madinah, kemudian beliau menjumpai orang Yahudi berpuasa Asyura. Mereka ditanya tentang puasanya tersebut, lalu menjawab: ‘Hari ini ialah hari dimana Allah swt memberikan kemenangan kepada Nabi Musa as dan Bani Israil atas Fir’aun. Maka kami berpuasa buat menghormati Nabi Musa’. Kemudian Nabi saw bersabda: ‘Kami (umat Islam) lebih utama memuasai Nabi Musa dibanding dgn kalian’. Lalu Nabi saw memerintahkan umat Islam buat berpuasa di hari Asyura.” (HR Muslim).
Menurut Syekh Az-Zurqani dalam kitab Mawahibul Ladduniyah menjelaskan, dapat jadi alasan Nabi melakukan puasa tersebut buat meluluhkan hati orang-orang Yahudi dgn melakukan ibadah yg sama dgn ibadah mereka. Hal ini juga pernah Nabi lakukan saat kiblat umat Islam menghadap ke Baitul Maqdis (sebelum berkiblat ke arah Ka’bah).
Jamaah shalat Jumat yg dimuliakan Allah
Dalam jejak kesuksesan dakwah Walisongo juga banyak menggunakan pendekatan budaya. Memang, agama dan budaya ialah dua hal yg berbeda. Agama bersumber dari wayhu, sementara budaya ialah hasil karya cipta manusia. Namun, supaya agama lebih mudah diterima oleh masyarakat setempat, perlu dilakukan pendekatan budaya.
Contohnya ialah pendekatan dakwah yg dilakukan oleh Sunan Kalijaga yg terkenal dgn media wayg buat menyampaikan nilai-nilai Islam. Dalam setiap pertunjukan waygnya, Sunan Kalijaga selalu menyelipkan ajaran-ajaran Islam dan zikir-zikir. Melalui pertunjukan wayg itu pula, ia menuntun masyarakat buat mengucapkan kalimat syahadat.
Apa yg dilakukan Sunan Kudus juga tak jauh berbeda. Ia telah membangun masjid Menara Kudus yg berada di kota Kudus, Jawa Tengah. Masjid yg didirikan sekitar abad 15 atau 16 ini merupakan potret akulturasi antara Islam dgn Hindu.
Sampai saat ini kita dapat merasakan. Berkat pendekatan budaya dalam dakwah Walisongo di bumi Nusantara, terkhusus di tanah Jawa, Islam menjadi agama mayoritas tanpa perlu menggunakan cara-cara kekerasan.
Jamaah shalat Jumat yg dimuliakan Allah
Semoga Allah SWT menjadikan kita semua menjadi hamba-hamba-Nya yg selalu bijak dalam bersikap. Terlebih dalam menyikapi tradisi lokal di daerah masing-masing.
بَارَكَ الله٠لÙيْ ÙˆÙŽÙ„ÙŽÙƒÙمْ ÙÙÙŠ الْقÙرْاٰن٠الْعَظÙيْم٠وَنَÙَعَنÙÙŠ وَاÙيَّاكÙمْ بÙمَا ÙÙيْه٠مÙÙ†ÙŽ الْاٰيَات٠وَالذّÙكْر٠الْØÙŽÙƒÙيْم٠وَتَقَبَّلَ Ù…ÙنّÙيْ ÙˆÙŽÙ…ÙنْكÙمْ تÙلَاوَتَه٠اÙنَّه٠هÙÙˆÙŽ السَّمÙيْع٠الْعَلÙيْمÙ. وَأَسْتَغْÙÙر٠اللهَ الْعَظÙيْمَ Ù„Ùيْ ÙˆÙŽÙ„ÙŽÙƒÙمْ ÙˆÙŽÙ„ÙسَائÙر٠الْمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ وَالْمÙسْلÙمَات٠Ùَيَا Ùَوْزَ الْمÙسْتَغْÙÙرÙيْنَ وَيَا نَجَاةَ التَّائÙبÙيْنَ
Khutbah II
اَلْØَمْد٠لله٠الَّذÙيْ أَنْعَمَنَا بÙÙ†Ùعْمَة٠الْاÙيْمَان٠وَالْاÙسْلَامÙ. وَالصَّلَاة٠وَالسَّلَام٠عَلٰى سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠خَيْر٠الْأَنَامÙ. وَعَلٰى اٰلÙه٠وَأَصْØَابÙه٠الْكÙرَامÙ. أَشْهَد٠اَنْ لَا اÙلٰهَ اÙلَّا الله٠الْمَلÙك٠الْقÙدّÙوْس٠السَّلَام٠وَأَشْهَد٠اَنَّ سَيّÙدَنَا ÙˆÙŽØَبÙيْبَنَا Ù…ÙØَمَّدًا عَبْدÙه٠وَرَسÙوْلÙه٠صَاØÙب٠الشَّرَÙ٠وَالْإÙØْتÙرَامÙ
Â
أَمَّا بَعْدÙ. ÙَيَاأَيّÙهَا النَّاس٠أÙوْصÙيْكÙمْ ÙˆÙŽÙ†ÙŽÙْسÙيْ بÙتَقْوَى الله٠Ùَقَدْ Ùَازَ الْمÙتَّقÙوْنَ. Ùَقَالَ الله٠تَعَالَى اÙنَّ اللهَ ÙˆÙŽ مَلَائÙكَتَه٠يÙصَلّÙوْنَ عَلَى النَّبÙيّ٠يٰأَيّÙهَا الَّذÙيْنَ أٰمَنÙوْا صَلّÙوْا عَلَيْه٠وَ سَلّÙÙ…Ùوْا تَسْلÙيْمًا. اَللّٰهÙمَّ صَلّ٠وَسَلّÙمْ عَلٰى سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠وَ عَلٰى أٰل٠سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيّÙدÙنَا اÙبْرَاهÙيْمَ وَبَارÙكْ عَلٰى سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠وَعَلٰى اٰل٠سَيّÙدÙنَا Ù…ÙØَمَّد٠كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيّÙدÙنَا اÙبْرَاهÙيْمَ وَعَلٰى اٰل٠سَيّÙدÙنَا اÙبْرَاهÙيْمَ Ùْي الْعَالَمÙيْنَ اÙنَّكَ ØÙŽÙ…Ùيْدٌ مَجÙيْدٌ
Â
اَللّٰهÙÙ…ÙŽÙ‘ وَارْضَ عَن٠الْخÙÙ„ÙŽÙَاء٠الرَّاشÙدÙيْنَ. وَعَنْ اَصْØَاب٠نَبÙيّÙÙƒÙŽ اَجْمَعÙيْنَ. وَالتَّابÙعÙبْنَ وَتَابÙع٠التَّابÙعÙيْنَ ÙˆÙŽ تَابÙعÙÙ‡Ùمْ اÙلٰى يَوْم٠الدّÙيْنÙ. اَللّٰهÙÙ…ÙŽÙ‘ اغْÙÙرْ Ù„ÙلْمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ وَالْمÙسْلÙمَات٠وَالْمÙؤْمÙÙ†Ùيْنَ وَالْمÙؤْمÙنَاتÙ. اَللّٰهÙمَّ ادْÙَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالطَّاعÙوْنَ وَالْاَمْرَاضَ وَالْÙÙتَنَ مَا لَا يَدْÙَعÙه٠غَيْرÙÙƒÙŽ عَنْ بَلَدÙنَا هٰذَا اÙنْدÙوْنÙيْسÙيَّا خَاصَّةً وَعَنْ سَائÙر٠بÙلَاد٠الْمÙسْلÙÙ…Ùيْنَ عَامَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمÙيْنَ. رَبَّنَا اٰتÙنَا ÙÙÙŠ الدّÙنْيَا Øَسَنَةً ÙˆÙŽ ÙÙÙŠ الْاٰخÙرَة٠Øَسَنَةً ÙˆÙŽ Ù‚Ùنَا عَذَابَ النَّارÙ
Â
عÙبَادَ الله٠اÙنَّ اللهَ يَأْمÙر٠بÙالْعَدْل٠وَالْاÙØْسَان٠وَيَنْهَى عَن٠الْÙÙŽØْشَاء٠وَالْمÙنْكَرÙ. يَعÙظÙÙƒÙمْ لَعَلَّكÙمْ تَذَكَّرÙوْنَ. ÙَاذْكÙرÙوا اللهَ الْعَظÙيْمَ يَذْكÙرْكÙمْ. ÙˆÙŽ اشْكÙرÙوْه٠عَلٰى Ù†ÙعَمÙه٠يَزÙدْكÙمْ. ÙˆÙŽÙ„ÙŽØ°Ùكْر٠الله٠اَكْبَر٠Â
Ustadz Muhamad Abror, pengajar Ma’had Ali Pesantren As-Shiddiqiyah Kedoya.