Membahas tentang Ayat Paling Agung, Inilah tiga Keutamaan Ayat Kursi

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang Ayat Paling Agung, Inilah tiga Keutamaan Ayat Kursi,

– Ayat kursi merupakan salah satu ayat dalam surah Al Baqarah ke 255, dan ayat ini mengandung banyak sekali makna yg menygkut keimanan dan menjadi ayat yg paling Agung dalam Al-Quran.

Dalam suatu riwayat, Rasulullah ﷺ bertanya kepada Ubay bin Ka’ab tentang ayat yg paling utama dalam Al-Quran, “Ayat apa yg paling utama di dalam Al-Quran?” Kemudian Ubay bin Kai menjawab, “Ayat paling utama dalam kitabullah ialah Ayat Kursi.” Dan Rasulullah ﷺ menepuk dada Ubay dgn pelan sambil berkata, “Wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dgn ilmu yg engkau miliki.” (HR Muslim).

Berikut Al Baqarah ayat 255 atau Ayat Kursi :

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

“Allah, tak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tak mengantuk dan tak tidur. Milik-Nya apa yg ada di langit dan apa yg ada di bumi. Tidak ada yg dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yg di hadapan mereka dan apa yg di belakang mereka, dan mereka tak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yg Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

 

Melansir dari berbagi sumber, mau memaparkan beberapa keutamaan dari ayat kursi:

1. Masuk surga

Mengamalkan ayat kursi setiap hari dan terutama setelah salat mau memberikan manfaat kepada kita kelak di hari akhir. Dalam sebuah riwayat dari Abu Umamah al-Bahili Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِي دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الْجَنَّةِ إِلاَّ أَنْ يَمُوْتَ

“Barangsiapa membaca ayat kursi di akhir setiap salat, maka tak yg menghalanginya buat masuk surga kecuali kematian”. (HR. an-Nasa’i dalam ‘Amalul Yaum Wal Lailah, no. 100)

2. Terlindung dari setan

Ayat kursi menjadi salah satu bacaan dzikir yg paling dianjurkan sebelum tidur supaya selama tertidur kita selalu dalam lindungan Allah dan dijauhi dari perbuatan setan terkutuk. Dalam salah satu hadis, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah mau senantiasa menjagamu dan setan tak mau mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

3. Membawa keberkahan

Dengan selalu mengamalkan ayat kursi setiap hari, maka datanglah manfaat berupa keberkahan dalam hidup dan dijauhkan dari kesulitan. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda :

Ayat kursi merupakan ayat yg diberkahi, tak ada yg membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat ketimbang ayat kursi.” (HR. Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Ghazali).

 

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang Ayat Paling Agung, Inilah tiga Keutamaan Ayat Kursi . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.