Membahas tentang18 Pesantren di Banten Rusak Berat Diterjang Banjir

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang18 Pesantren di Banten Rusak Berat Diterjang Banjir,

Oase.id- Sebanyak 18 bangunan pondok pesantren di Kabupaten Lebak, Banten, rusak berat setelah diterjang banjir bandang dan tanah longsor. Belasan pesantren itu berdiri berdekatan dgn aliran Sungai Ciberang.

“Kita telah melaporkan kerusakan pesantren ke Kementerian Agama untuk mendapat bantuan pembangunan,” kata Kepala Seksi Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Lebak Ajrum Firdaus, melansir Antara, Sabtu, 11 Januari 2020.

Kerusakan pondok pesantren itu tersebar di Kecamatan Lebak Gedong, Curugbitung, Cipanas, Maja dan Sajira. Beberapa bangunan bahkan hanyut terbawa bah. Saat ini, kegiatan belajar mengajar (KBM) diliburkan.

“Kami berharap setelah masa tanggap darurat dapat direalisasikan pembangunan, sebab tragedi banjir bandang dan longsor merupakan bencana nasional,” jelas dia.

 

Ajrum menilai pendidikan pesantren di Kabupaten Lebak memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) unggul dan berkarakter.

Pesantren mengikuti KBM selama 24 jam untuk memperdalam kaidah-kaidah keilmuan agama Islam, seperti tafsir Al-Qur'an, hadis, fiqih, bahasa Arab, akhlak, akidah, dan sejarah.

Selain itu juga diintegrasikan dgn pendidikan umum, seperti bahasa Inggris, matematika, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), bahasa Indonesia, biologi, fisika, dan lainnya.

“Kami mendorong pesantren itu menjadikan cikal bakal untuk kemajuan bangsa,” imbuh dia.

Ketua Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Lebak Ade Bujhaeremi mengatakan, pesantren yg kondisinya rusak akibat diterjang banjir bandang dan longsor perlu diberikan bantuan pembangunan oleh pemerintah. Sebab, pengelola pesantren tak memiliki dana untuk rehabilitasi.

“Kami berharap pascabencana itu dapat direalisasikan pembangunan supaya para santri dapat kembali belajar,” katanya.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang18 Pesantren di Banten Rusak Berat Diterjang Banjir . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.