Membahas tentang3 Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang3 Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadan,

Oase.id- Ramadan telah di depan mata. Umat Muslim bergembira menyambut kedatangan bulan mulia ini.

Sebagaimana pertemuan dgn orang terkasih yg membutuhkan persiapan, perjumpaan dgn bulan Ramadan juga hendaknya disambut dgn berbagai amalan. 

Beberapa amalan yg dapat dilakukan umat muslim ketika menyambut bulan Ramadan diantaranya;

 

Berdoa 

Memasuki bulan Rajab dan Syakban, Nabi Muhammad Saw senantiasa berdoa supaya diberikan keberkahan dan dipertemukan dgn Ramadan. 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

 

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'ban wa ballighna ramadhaan

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syakban dan pertemukanlah kami dgn bulan Ramadan.” (HR Baihaqi)
 

Baca: Doa Awal Puasa atau saat Melihat Hilal Ramadan

 

Bertaubat

Di penghujung Syakban, hendaknya kita memperbanyak taubat supaya dapat memasuki Ramadan dgn kesucian dan kebersihan hati.

Habib Ali al-Jufri dalam akun twiternya @alhabibali menyatakan:

embed

 

“Hendaklah kita memasuki Ramadan dgn memperbarui taubat dan menghidupkan cinta, akhlak, kasih sayg, dan toleransi di antara kita”

Ramadan ialah bulan suci. Oleh sebab itu, selain membersihkan hati dgn taubat, jangan lupa untuk untuk mensucikan diri dan lingkungan dari kotoran dan najis di sekitar demi dapat menjalankan ibadah di rumah dgn nyaman dan khusyuk. 

Baca: Doa Menyambut Datangnya Bulan Ramadan

 

Ziarah Kubur

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia sebelum memasuki Ramadan ialah ziarah kubur. Mendoakan orang tua dan kerabat yg telah mendahului menuju pangkuan Ilahi Rabbi. Juga menabur bunga, dan membersihkan area pekuburan.

Rasulullah Saw menganjurkan umatnya untuk berziarah kubur. Ziarah kubur dapat mengingatkan manusia dari kematian dan kehidupan di akhirat. Rasulullah Saw bersabda:

“Aku telah melarang kalian dari ziarah kuburan, sekarang berziarahlah. Karena ia (ziarah kubur) dapat menjadikan kamu zuhud di dunia dan ingat dgn akhirat. (HR. Ibnu Majah)

Semasa hidupnya, Rasulullah Saw juga seringkali berziarah ke makam Baqi. Ibunda Rasulullah, Aminah juga dikuburkan di pemakaman tersebut. 

Beliau Saw bersabda, “Aku diutus kepada penduduk Baqi' untuk menyolatkan (mendoakan) mereka” (HR. Nasai)

Di kondisi pandemi Covid-19 saat ini, MUI menganjurkan masyarakat untuk menunda ziarah kubur hingga keadaan membaik. Sebagai gantinya, kita dapat mengirimkan doa dari rumah untuk orang tua dan kerabat yg telah meninggal dunia, tanpa harus beramai-ramai datang ke pemakaman. 

 

Sumber: Disarikan dari  Ad-Du’a li At-Thabrani karya Sulaiman bin Ahmad Ath-Thabrani Abu Al-Qasim, Sunan Ibnu Majah, dan Sunan an-Nasai. 

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang3 Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.