Membahas tentang3 Masjid Paling Afdal untuk Melaksanmau Salat

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang3 Masjid Paling Afdal untuk Melaksanmau Salat,

Salat 5 waktu ialah rukun Islam yg wajib ditunaikan umat muslim di seluruh dunia. Idealnya, salat dilakukan di masjid dan secara berjamaah.

Menurut buku berjudul “Waktu dan Tempat Shalat” karya Isnan Ansory, ada tiga masjid yg dianggap paling afdal untuk melaksanakan salat. Tempat afdal (utama) yg dimaksud ialah tempat tersebut memiliki nilai dan kualitas yg khusus, dibandingkan tempat salat lainnya.

Berikut 3 Masjid Paling Afdal untuk Melaksanakan Salat:

1. Masjid al-Haram

embed

Photo by: HansMusa/Shutterstock.com

Masjid terbesar di dunia ini berlokasi di pusat kota Mekkah. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka'bah yg menjadi arah kiblat bagi umat Islam. Masjid al-Haram atau Masjidilharam merupakan tempat suci bagi kaum muslimin.

 

2. Masjid Nabawi

embed

Photo by: Konevi/Pixabay

 Masjid yg didirikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Lokasinya di pusat kota Madinah, Arab Saudi. Juga, merupakan masjid ketiga yg dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah masjid al-Haram.

 

3. Masjid al-Aqsha

embed

Photo by: Anna Sulencka/Pixabay

Baitulmaqdis berkubah biru yg merupakan nama sebuah kompleks dgn luas 144.000 meter persegi yg berada di Kota Lama Yerusalem. Masjid al-Aqsha menjadi kiblat umat Islam generasi awal hingga tujuh belas bulan setelah hijrah sampai kemudian dialihkan ke Ka’bah di Masjidilharam.

Rasulullah saw pun menjelaskan keistimewaan ibadah salat yg dilakukan di tiga masjid tersebut. Yakni sebagai berikut.

Dari Abu ad-Dar’da’ra: Nabi saw bersabda:

Salat di masjid al-Haram, lebih utama sebanyak 100.000 kali di banding salat di masjid lainnya. Dan di masjidku (masjid Nabawi), lebih utama 1.000 kali. Sedangkan di masjid Bait al-Maqdis, lebih utama 500 kali. (HR. Thabrani)

Meski ketiga masjid di atas memiliki keistimewaan, namun pada dasarnya Allah SWT tak pernah menyulitkan umat-NYA, terutama dalam hal melaksanakan salat. Salat dapat dilakukan di mana saja. Yang terpenting, tempat tersebut sesuai dgn syarat sahnya salat, yakni tempatnya suci, bersih dari najis.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang3 Masjid Paling Afdal untuk Melaksanmau Salat . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.