Membahas tentang4 Produk Kecantikan Alami dalam Islam

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang4 Produk Kecantikan Alami dalam Islam,

Oase.id – Pada era modern sekarang, banyak sekali kita melihat produk-produk kecantikan yg ditawarkan untuk merawat dan memperindah tubuh. Namun, kita harus berhati-hati, sebab tak jarang juga produk kecantikan yg ditawarkan menggunakan bahan kimia yg justru dapat berdampak buruk pada tubuh.

Dalam Islam, kita memang dianjurkan untuk merawat diri sebagai bentuk mensyukuri apa yg telah diberikan Allah SWT. Namun, tak dgn menggunakan produk-produk yg memiliki kandungan kimia, melainkan dgn bahan-bahan alami.

Dilansir dari ifdcouncil.org, berikut beberapa cara alami yg dapat kita lakukan untuk mempercantik diri yg sesuai dgn sunnah:

1. Siwak

Bersiwak dalam Islam merupakan perkara yg disunahkan terutama sebelum salat. Siwak atau sikat gigi herbal yg alami biasanya berbentuk tongkat kecil berwarna coklat muda, yg langsung dioleskan pada gigi.

Ibn Qayyim Al-Jawzijja, dalam salah satu kitabnya menjelaskan bahwa bersiwak ketika digunakan dalam jumlah sedang, membantu membersihkan gigi, mencegah gigi berlubang, menyegarkan nafas. Telah banyak manfaat lain yg telah dibuktikan oleh para ilmuwan modern tentang bersiwak, seperti membunuh kuman dan bakteri.

2. Celak mata

Celak mata termasuk dalam kategori eyeliner yg berbentuk bubuk halus berwarna gelap. Penggunaan celak sunah bagi laki-laki maupun perempuan. Ibnu Abbas meriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُ أَكْحَالِكُمُ الْإِثْمِدُ. إِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعَرَ.

“Celak yg terbaik untuk kamu ialah itsmid. Sesungguhnya ia dapat menjernihkan penglihatan dan menumbuhkan bulu mata”. (At-Tirmidzi : 2048)

3. Henna

Henna ialah bentuk hiasan tubuh yg berbentuk pasta, biasanya terbuat dari daun tanaman pacar yg dikeringkan lalu ditumbuk dan dijadikan pasta. Pengaplikasian henna pada kulit mau memberikan warna coklat atau orange yg mau memudar seminggu hingga tiga minggu setelah pemakaian.

Henna juga dipercaya mampu membuat kulit kenyal, memperkuat kuku dan memperbaiki kondisi rambut.

4. Minyak rambut

Minyak alami yg biasanya digunakan untuk rambut diantaranya minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak biji delima. Meminyaki rambut ialah sebuah kebiasaan Rasulullah ï·º supaya rambutnya tetap dalam keadaan sehat. Dalam sebuah riwayat menjelaskan bahwa Jabir bin Samurah pernah ditanya, “Apakah ada uban di rambut Rasulullah ï·º?”  Lalu Jabir menjawab:

لَمْ يَكُنْ فِي رَأْسِهِ وَلَا فِي لِحْيَتِهِ إِلَّا شَعَرَاتٌ فِي مَفْرِقِ رَأْسِهِ إِذَا دَهَنَهُنَّ وَارَاهُنَّ الدُّهْنُ

“Tidak ada uban di rambut maupun jenggot Nabi ï·º, kecuali beberapa bagian saja di belahan rambutnya yg apabila diminyaki maka ia tak kelihatan.”

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang4 Produk Kecantikan Alami dalam Islam . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.