Membahas tentang5 Cara Ampuh Meredmau Hidung Tersumbat

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Cara Ampuh Meredmau Hidung Tersumbat,

Oase.id – Hidung tersumbat menyebabkan rasa yg tak nyaman terutama saat bernafas, dan mungkin mau menimbulkan sakit kepala. Banyak yg mengira hidung tersumbat disebabkan oleh banyaknya lendir pada rongga hidung.

Namun, nyatanya hidung tersumbat diakibatkan oleh pembuluh darah yg meradang dan berujung pada pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus. Tapi tak perlu khawatir, banyak cara yg dapat dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat di rumah dan mau membuat bernafas menjadi lebih baik.

Berikut, 5 tips meredakan hidung tersumbat:

1. Menggunakan humidifier

embed

Dilansir dari healthline.com, Humidifier merupakan alat yg digunakan untuk membuat udara dalam ruangan menjadi lebih lembab. Menghirup udara yg lembab mampu menenangkan jaringan yg teriritasi dan pembuluh darah bengkak penyebab hidung tersumbat. Letakkan humidifier di kamar untuk meredakan peradangan dan membuat tidur menjadi lebih nyaman untuk bangun pagi lebih baik.

2. Mandi

Mandi menggunakan air hangat dapat juga meredakan hidung tersumbat. Selain itu, mandi air hangat juga memiliki efek kesehatan yg luar biasa. Uap panas saat mandi dapat membantu mengencerkan lendir hidung, mengurangi peradangan, dan membantu pernapasan kembali normal, setaknya untuk sementara waktu.

3. Tetap terhidrasi

embed

Menjaga tubuh tetap terhidrasi mau mencegah berbagai penyakit, termasuk meredakan hidung tersumbat. Cairan yg cukup mau membantu tubuh mengencerkan lendir di saluran hidung, lalu mendorong cairan keluar dan mengurangi tekanan pada sinus. Jika hidung tersumbat dan disertai dgn sakit tenggorokan, konsumsi teh hangat dan sup juga mau membantu meringankan ketaknyamanan di tenggorokan.

4. Gunakan kompres hangat

Kehangatan dapat memberikan kenyamanan dari segala rasa sakit dan membantu meredakan peradangan di lubang hidung, tentunya mampu meredakan hidung tersumbat. Untuk membuat kompres hangat, pertama-tama rendam handuk dalam air hangat. Lalu peras air dari handuk, lalu lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi.

5. Menggunakan minyak

embed

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat hidung tersumbat mau menggunakan minyak kayu putih atau minyak yg mengandung mentol lainnya untuk meredakan sumbatan dalam beberapa waktu. Menurut situs kesehatan University of Maryland Medical Center, minyak kayu putih dapat bertindak sebagai ekspektoran, untuk melonggarkan dahak di daerah paru-paru dan merangsang reseptor saraf di hidung, lalu membuat hidung terasa seperti lebih banyak udara yg masuk.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Cara Ampuh Meredmau Hidung Tersumbat . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.