Membahas tentang5 Hal ini Mampu Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid-19

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Hal ini Mampu Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid-19,

Oase.id – Saat ini banyak sekali informasi terkait dgn efek samping vaksin Covid-19 mulai dari demam hingga muntah. Para ahli menyebutkan bahwa hal ini wajar terjadi. Menurut CDC (Centers for Disease Control), efek samping yg paling umum antara lain nyeri lengan, kemerahan di bekas suntikan, kelelahan, demam ringan, sakit kepala, kedmauan, mual atau muntah. Umumnya, efek di atas hanya berlangsung selama 24 hingga 48 jam setelah tubuh menerima suntikan.

Mendapatkan vaksinasi mau membantu melindungi diri sendiri dan orang lain dari Covid-19. Dilansir dari eatingwell.com, berikut lima hal yg dapat dilakukan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri setelah menerima vaksin :

1. Beristirahat dgn baik

Dokter spesialis penyakit dalam di Westmed Medical Group in Westchester, New York r. Nicholas Pantaleo, M.D. mengatakan dgn istirahat yg cukup dan tidur nyenyak di malam sebelum vaksin mau membantu mengurangi efek samping pada tubuh. Lalu, Istirahat selama satu sampai dua hari setelah vaksin untuk menghindari efek samping berkepanjangan terutama dosis vaksin kedua.

2. Hidrasi

“Secara umum, banyak istirahat dan tetap terhidrasi dgn baik satu hingga dua hari setelah vaksin dapat membantu dan tetap terhidrasi dgn baik setelah vaksinasi setaknya selama dua hari,” ujar Nicholas Pantaleo. Untuk mempermudah konsumsi air, disarankan untuk membeli botol air minum ekstra besar supaya dapat disimpan dan menjaga tubuh tetap hidrasi.

3. Letakkan es pada bekas suntikan

Jika lengan mulai terasa sakit atau sedikit bengkak, “beri kompres dmau atau kompres es,” saran Pantaleo. Ini dapat membantu meringankan kemungkinan pembengkakan atau nyeri.

4. Tetap bergerak

Jika memungkinkan, cobalah melakukan latihan tubuh bagian secara ringan untuk meningkatkan energi. “Gerakkan lengan yg disuntikkan sesering mungkin untuk mencegah rasa sakit atau nyeri yg berkelanjutan,” kata Pantaleo. Hal ini juga berlaku setelah penyuntikan apapun supaya rasa nyeri mereda lebih cepat.

5. Menyediakan obat nyeri

Tetap menyediakan dan mengonsumsi obat pereda nyeri atau demam setelah menerima vaksin dapat berguna untuk membantu meringankan efek samping pasca vaksinasi. Kecuali sebelumnya tubuh dianjurkan untuk menghindari obat Pereda nyeri seperti Tylenol atau Ibuprofen.

“Obat-obatan yg dijual bebas boleh dikonsumsi sesuai dgn petunjuk label,” jelas Pantaleo.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Hal ini Mampu Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid-19 . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.