Membahas tentang5 Hal yg Harus Diperhatikan saat Hendak Bersedekah 

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Hal yg Harus Diperhatikan saat Hendak Bersedekah ,

Bersedekah merupakan salah hal yg dianjurkan oleh Nabi Muhammad ï·º. Selain membantu sesama, dgn bersedekah kita juga mau mendapatkan syafaat, atau pertolongan yg diberikan Nabi SAW kepada umatnya di hari kiamat untuk mendapatkan keringanan atau kebebasan dari hukuman Allah Swt.

“Perumpamaan orang-orang yg menafkahkan di jalan Allah ialah serupa dgn sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir; seratus biji, Allah melipat gandakan bagi siapa yg Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 251)

Adapun 5 hal yg harus diperhatikan saat hendak bersedekah, yaitu sebagai berikut:

1. Menyembunyikan sedekah.

Sebagaimana firman Allah swt:

“Wa in tukhfuhaa wa tu’tuuhal fuqaraa-a fahuwa khairun lakum.”

Artinya: “Dan bila kamu meyembunyikan sedekah, dan kamu berikan pada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.” 

Oleh sebab itu, para ulama dahulu bersaing dalam menyembunyikan sedekah mereka dari pandangan orang banyak, sampai ada sebagian mereka yg mencari orang fakir yg buta, supaya orang itu tak mengetahui siapa yg bersedekah. Sebagian lagi mengikatkan pada baju orang fakir di kala tidur. Dan sebagian lainnya melemparkannya di jalan yg di lalui orang-orang fakir, supaya mereka mengambilnya.

2. Jangan menyebut-nyebutnya (sedekah) dan menyakiti hati (penerimanya).

Allah swt berfirman:

“Yaa ayyuhal ladziina aamanuu laa tubthiluu shadaqaatikum bil manni wal adzaa kal ladzii yunfiqu maalahu riaa’an naasi.”

Artinya: “Hai orang-orang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dgn menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yg menafkahkan hartanya sebab riya kepada manusia.”

3. Hendaknya sedekah itu dikeluarkan dari harta yg terbaik. 

Sebagaimana firman Allah Swt:

“Lan tanaalul birra hattaa tunfiquu mimmaa tuhibbuuna.”

Artinya: “Kamu sekali-kali tak sampai kepada kebaktian (yg sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yg kamu cintai.”

4. Saat bersedekah, hendaklah dgn wajah berseri-seri dan gembira.

Allah swt berfirman:

“Alladziina yunfiquuna amwaalahum fii sabiilillaahi tsumma laa yutbi'uuna maa anfaquu mannaw wa laa adzan lahum ajruhum 'inda rabbihim wa laa khaufun 'alaihim wa laa hum yahzanuuna.”

Artinya: “Orang-orang yg menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tak mengirmauya apa yg dinafkahkannya itu dan dgn tak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tak (pula) mereka bersedih hati.”

5. Memilih tempat sedekah dan memberikannya kepada orang yg bertakwa.

Dengan memberikan sedekah ke tempat dan orang yg tepat, maka ia (si penerima sedekah) dapat menggunakan sedekah itu dgn ketaatan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Hal yg Harus Diperhatikan saat Hendak Bersedekah  . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.