Membahas tentang5 Manfaat Germau Salat untuk Kesehatan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Manfaat Germau Salat untuk Kesehatan,

Oase.id – Salat merupakan ibadah wajib yg paling dicintai Allah SWT dan merupakan sarana umat Muslim untuk mendekatkan diri dgn Allah. Dalam segi bahasa, salat artinya doa kepada Allah, sedangkan menurut syara’ salat berarti pekerjaan yg dimulai dgn takbir dan diakhiri dgn salam.

Sebagaimana tertuang dalam Al-Quran tentang perintah untuk salat:

وَاسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ‌Ø• وَاِنَّهَا لَكَبِيۡرَةٌ اِلَّا عَلَى الۡخٰشِعِيۡنَۙ

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dgn sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yg khusyuk.” (QS. Al-Baqarah:45)

Ibadah salat melibatkan berbagai gerakan dan ternyata hal itu memiliki manfaat medis dan kesehatan. Dilansir dari islamicfinder.org, berikut 5 manfaat kesehatan yg diperoleh dari gerakan salat:

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Posisi yg berbeda selama salat membantu dalam meningkatkan aliran darah secara keseluruhan dalam tubuh. Contohnya, dalam posisi rukuk aliran darah di tubuh bagian atas diatur dan saat tasyahud, aliran darah di tubuh bagian bawah diatur.

2. Meningkatkan pencernaan

Menurut studi ilmiah, salat juga membantu dalam pencernaan tubuh. Misalnya, dalam keadaan duduk antara dua sujud dan tahiyat yg pada dasarnya ialah ketika pria duduk dgn satu kaki ditekuk di bawahnya dan wanita duduk dgn kedua kaki di bawahnya, postur tersebut memungkinkan dan memperlancar pencernaan. Manfaat lainnya mampu membantu meringankan kasus sembelit dan makan berlebihan.

3. Meredakan sakit punggung dan nyeri sendi

Posisi tubuh saat sujud dan rukuk membantu membuka dan melemaskan persendian. Penggunaan sendi secara teratur membuat mereka tetap sehat dan berfungsi. Selain itu, posisi rukuk membantu mengurangi rasa sakit di punggung bawah dgn mengendurkan ligamen dan otot (mirip dgn yoga).

4. Kesehatan jantung

Salat dapat dimanfaatkan sebagai bentuk olahraga yg mampu meningkatkan metabolisme seseorang, yg pada dasarnya meningkatkan kesehatan kardiovaskular seseorang secara keseluruhan. Setiap salat tubuh mau bergerak yg tentunya mau meningkatkan fungsi keseluruhan organ dalam tubuh dan mengatur sekresi kelenjar dan aliran darah dalam tubuh.

5. Menjaga kebersihan

Manfaat dari salat ialah seluruh umat Muslim menjaga kebersihannya sebelum melaksanakan ibadah. Sebelum setiap salat, seorang Muslim harus melakukan wudhu, yaitu pembersihan mulut, hidung, wajah, telinga, leher, tangan, lengan dan kaki. Tetap dalam keadaan bersih mampu membuat kulit menjadi lebih sehat, menghilangkan kuman, hingga menghilangkan berbagai bentuk infeksi dan penyakit.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Manfaat Germau Salat untuk Kesehatan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.