Membahas tentang5 Tips Ampuh Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Tips Ampuh Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan,

Oase.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Indonesia untuk mewaspadai musim hujan dan cuaca ekstrem yg mau terjadi selama beberapa bulan ke depan. Untuk itu, kita wajib untuk terus menjaga kondisi kesehatan, apalagi saat ini kita juga masih harus menghadapi pandemi Covid-19.

Saat musim hujan tiba, potensi penyebaran penyakit tentu mau lebih mudah. Hal ini didukung oleh beberapa faktor termasuk daya tahan tubuh yg mungkin mau menurun.

Dilansir dari maydensupport.co.uk, untuk menghadapi musim hujan pastikan tubuh tetap sehat, berikut beberapa tips kesehatan mudah dan ampuh:

1. Tingkatkan asupan vitamin C

embed

Musim hujan merupakan waktu yg tepat bagi beberapa virus dan bakteri untuk berkembang biak. Maka dari itu, supaya tubuh tetap sehat perlu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu caranya ialah rutin mengonsumsi vitamin C atau makan makanan yg mengandung vitamin C yg tinggi, seperti jeruk, pepaya, bayam, dan brokoli.

BACA: 5 Cara Ampuh Meredakan Hidung Tersumbat

2. Jangan menyimpan air yg tergenang

Salah satu masalah yg sering terjadi saat musim hujan ialah perkembangbiakan nyamuk yg meningkat pesat dan dapat menyebarkan penyakit. Untuk pencegahan ini, pastikan tak ada tempat penyimpanan air terbuka di rumah, kedua perhatikan saluran pembuangan air, lalu pastikan tak ada yg tersumbat dan air yg tergenang.

3. Mencuci buah dan sayur

embed

Selama musim hujan, pastikan selalu mencuci sayur dan buah dgn air mengalir untuk menghilangkan jutaan kuman yg hidup di kulit buah dan sayuran. Biasakan hanya mengonsumsi sayuran yg telah dimasak atau direbus untuk menghindari kuman yg masih ada pada sayuran mentah.

4. Konsumsi teh herbal

embed

Agar tubuh menjadi hangat saat musim hujan, mengonsumsi teh herbal dapat menjadi salah satu solusi terbaik. Teh herbal selain dapat memberikan kehangatan untuk tubuh, juga mampu meningkatkan kekebalan dan nafsu makan. Tentunya hal ini penting supaya tubuh tetap sehat selama musim hujan dan pandemi.

Berikut resep Teh Herbal yg dapat dicoba di rumah:

Bahan : 2 ruas jahe, 3 cm kunyit, 1 batang serai, 2 sdm madu dan 300 ml air

Cara membuat : geprek jahe dan batang serai kemudian iris kunyit, setelah itu panaskan air hingga mendidih lalu masukkan jahe, serai, dan kunyit dan diamkan selama 10 menit. Setelah tercampur matikan api, lalu masukkan madu dan aduk. Teh herbal siap untuk disabilan.

BACA JUGA: Memasuki Musim Penghujan, Berikut Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Anti Jerawat!

5. Menjaga kebersihan

embed

Saat musim hujan pastikan untuk menjaga lingkungan tetap bersih, sehat, dan tersanitasi dgn baik. Apalagi saat ini Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19, tetaplah menjadi kebersihan tangan dgn mencucinya secara teratur atau menggunakan pembersih tangan instan supaya terhindar dari virus Corona.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Tips Ampuh Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.