Membahas tentang6 Peristiwa yg Membantah Mitos Bulan Safar Bulan Kesialan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang6 Peristiwa yg Membantah Mitos Bulan Safar Bulan Kesialan,

Tak sedikit masyarakat beranggapan bahwa bulan Safar merupakan bulan yg penuh kesialan. Ada yg menyebut nama “Safar” merupakan “penyakit yg bersarang dalam perut, akibat ulat yg sangat berbahaya.” Padahal, bulan Safar sama saja kedudukannya dgn bulan lainnya.

Seperti yg tertulis dalam sebuah hadis riwayat Bukhari:

Rasulullah ï·º bersabda, “Tidak ada wabah dan tak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Safar dan larilah (jauhkan diri) ketimbang penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa.”

Bahkan banyak peristiwa penting yg terjadi pada bulan yg berlangsung setelah Muharram ini. Beberapa peristiwa ini juga dapat menjadi bantahan atas mitos yg beredar tentang kesialan yg ada di bulan Safar.

1. Pernikahan Rasulullah ï·º dgn Khadijah
Pernikahan Nabi Muhammad dan Sayyidah Khadijah merupakan pernikahan pertama baginya memperoleh wahyu pada usia 40 tahun. Pernikahan ini diawali dgn proses taaruf. Kemudian, dilanjutkan khithbah atau peminangan.

Sebelum dilaksanakan proses peminangan, Sayyidah Khadijah sendiri yg meminta kepada Nabi Muhammad untuk menikahi dirinya, walaupun melalui orang ketiga yaitu Nafisah binti Munyah.

2. Rasulullah ï·º Menikahkan Sayyidah Fatimah dgn Ali bin Abi Thalib
Pernikahan Fatimah Az Zahra yg merupakan putri keempat Rasulullah Muhammad ï·º dgn Ali bin Abi Thalib merupakan kisah yg sangat mengharukan. Pada saat itu, Ali bin AbibThalib merupakan orang yg sangat miskin. Karena kondisinya yg demikian, pernikahan mereka dilangsungkan dgn sangat sederhana.

Sebagai putri Rasulullah, Fatimah menjadi idola pada masanya. Selain cantik dan cerdas, Fatimah merupakan pewaris keturunan Rasulullah.

3. Rasulullah ï·º Beserta Pengikutnya Melakukan Hijrah dari Mekkah Menuju Madinah
Tepat tanggal 26 Safar 622 Masehi, Nabi Muhammad ï·º yg didampingi Sayyidina Abu Bakar Ash Shiddiq pergi ke Goa Tsur demi menghindar dari musuh supaya selamat sampai ke Madinah.

Nabi memberi tahu Abu Bakar bahwa harus hijrah malam itu dan menunjuk Abu Bakar untuk menyertainya. Peristiwa itu terekam dalam Kitab Fatkhul Bari. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad ï·º itu kemudian ditetapkan sebagai awal penanggalan Hijriah.

4. Terjadinya Perang Al-Abwa
Perang ini merupakan perang untuk menaklukkan kaum Quraisy, tetapi gagal. Perang ini menjadi perang pertama umat Islam dan bertepatan di bulan Safar tahun 12 Hijriah.

5. Rasulullah ï·º Mengutus Usamah bin Zaid kepada Pimpinan Prajurit Rum Sebelum Rasulullah ï·º Wafat
Usamah bin Zaid merupakan panglima Islam termuda. Dia sekaligus panglima terakhir yg ditunjuk langsung oleh Rasulullah. Ia mulai memimpin perang pada usia 18 tahun.

6. Tragedi Ar Raji’
Tragedi ini merupakan penghianatan dari dua kabilah Bani ‘Afdhal dan al-Qaaroh yg terjadi di suatu tempat bernama Ar Raji’.

Itulah beberapa peristiwa penting di bulan Safar dalam sejarah Islam, yg sekaligus membantah bahwa bulan Safar ialah bulan kesialan. Semoga kita senantiasa dapat mengambil hikmah dari setiap peristiwa penting di bulan Safar untuk mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang6 Peristiwa yg Membantah Mitos Bulan Safar Bulan Kesialan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.