Membahas tentang7 Tips Ampuh untuk Tidur Malam Lebih Baik

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang7 Tips Ampuh untuk Tidur Malam Lebih Baik,

Oase.id – Tidur di malam hari menjadi salah satu kunci hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, dgn tidur malam yg baik, kita sebagai Muslim lebih memungkinkan untuk bangun dan menjalankan ibadah salat tahajud.

وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ‌Û– عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا‏

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yg terpuji.” (QS. Al-Isra : 79)

Lantas, bagaimana cara supaya dapat mendapatkan tidur malam yg baik? Melansir healthline.com, berikut 7 tips ampuh untuk tidur malam lebih baik supaya kesehatan lebih optimal.

1. Kurangi paparan cahaya biru di malam hari

Paparan cahaya pada pagi/siang hari memiliki manfaat baik untuk tidur, namun berbeda dgn paparan cahaya pada malam hari terutama paparan cahaya biru. Cahaya biru yg dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti telepon genggam, televisi, dan komputer berpotensi menyulitkan tidur di malam hari dan juga merusak mata.

Ada beberapa metode mudah yg dapat dilakukan untuk mengurangi paparan cahaya biru di malam hari:

  • Menggunakan kacamata yg mampu menghalangi cahaya biru
  • Unduh aplikasi seperti f.lux untuk memblokir cahaya biru di laptop, komputer, juga ponsel
  • Berhenti menonton tv dan matikan lampu terang dua jam sebelum tidur
  • Tidak menggunakan telepon genggam minimal satu jam sebelum tidur.

2. Tidak mengonsumsi kafein di sore hari

Ketika seseorang mengonsumsi kafein di sore hari, maka secara tak langsung mau merangsang sistem saraf dan menghentikan tubuh dari relaksasi alami di malam hari. Dalam penelitian Caffeine effects on sleep taken 0, 3, or 6 hours before going to bed, mengonsumsi kafein hingga 6 jam sebelum tidur secara signifikan memperburuk kualitas tidur. Oleh sebab itu, minum kopi dalam jumlah besar setelah jam 3 – 4 sore sangat tak disarankan.

3. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yg konsisten

Dengan konsisten menerapkan waktu tidur dan bangun, maka dapat membantu menjaga kualitas tidur dalam jangka waktu yg panjang. Tubuh memiliki ritme sirkadian atau proses internal dan alami yg mengatur siklus tidur-bangun. Jika kesulitan tidur, maka cobalah untuk membiasakan bangun dan tidur pada waktu yg sama. Setelah beberapa minggu, tubuh bahkan mungkin tak lagi memerlukan alarm.

4. Optimalkan lingkungan kamar tidur

Banyak ahli yg percaya bahwa penataan kamar tidur merupakan faktor pendukung untuk mendapatkan tidur malam yg nyenyak. Hal yg harus diperhatikan termasuk suhu, kebisingan, lampu eksternal, dan pengaturan furnitur. Dalam satu penelitian tentang suasana kamar tidur wanita, sekitar 50% peserta melihat peningkatan kualitas tidur ketika kebisingan dan cahaya berkurang.

Jadi, pastikan kamar tidur merupakan tempat yg tenang, bersih, dan menyenangkan supaya memperoleh kualitas tidur yg optimal.

5. Atur suhu kamar tidur

Suhu tubuh dan kamar tidur juga dapat sangat mempengaruhi kualitas tidur. Misalnya, pada musim panas mungkin kita mau sangat sulit mendapatkan tidur yg nyenyak sebab cuaca terlalu hangat. Pada penelitian Effects of mild heat exposure on sleep stages and body temperature in older men, mengungkapkan bahwa peningkatan suhu tubuh dan kamar tidur dapat menurunkan kualitas tidur dan meningkatkan tubuh menjadi terjaga. Dalam penelitian uji suhu, sekitar 20 Celcius merupakan suhu terbaik bagi kebanyakan orang.

6. Jangan makan larut malam

Makan berat larut malam dapat berdampak negatif pada kualitas tidur. Sangat disarankan untuk tak makan berat pada larut malam. Yang disarankan ialah mengonsumsi cemilan sehat 4 jam sebelum tidur. Hal ini diklaim dapat membantu tubuh tertidur lebih cepat.

7. Mandi sebelum tidur

Sebuah penelitian Bathing before sleep in the young and in the elderly, menunjukan bahwa mandi dgn air panas 90 menit sebelum tidur mampu meningkatkan kualitas tidur dan membantu tubuh tidur lebih nyenyak. Atau bila tak mau mandi di malam hari, cukup dgn merendam kaki atau membasuh kaki dgn air panas maka mau memberikan efek yg sama.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang7 Tips Ampuh untuk Tidur Malam Lebih Baik . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.