Membahas tentang9 Februari 1946: PWI Dibentuk

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang9 Februari 1946: PWI Dibentuk,

Oase.id- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) diyakini sebagai wadah profesi jurnalis yg pertama berdiri di Indonesia. PWI dibentuk di Surakarta, pada 9 Februari 1946.

Sejarah pembentukan PWI seiring dgn menggeloranya perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme Belanda. Termasuk, perjuangan melalui tulisan dan media yg dilakukan kalangan wartawan.

Proses pendirian PWI dimulai pada pembentukan panitia persiapan hingga kemudian bersidang selama dua hari, tepatnya 9-10 Februari 1946 di balai pertemuan Sono Suko, Surakarta.

 

Kala itu, pertemuan perdana antarwartawan tersebut berhasil dihadiri tokoh pers, pemilik surat kabar, majalah, pewarta, dan penulis dari berbagai daerah. Dalam kongres tersebut juga diputuskan mengangkat Sumanang Surjowinoto sebagai ketua dan Sudarjo Tjokrosisworo sebagai sekretaris.

Selain mengangkat nama-nama untuk menduduki kepengurusan pertamanya, dalam kongres wartawan tersebut juga disepakati pembentukan komisi yg beranggotakan;

1. Sjamsuddin Sutan Makmur (Harian Rakyat Jakarta)
2. B.M. Diah (Harian Merdeka, Jakarta)
3. Abdul Rachmat Nasution (kantor berita Antara, Jakarta)
4. Ronggodanukusumo (Suara Rakyat, Mojokerto)
5. Mohammad Kurdie (Suara Merdeka, Tasikmalaya)
6. Bambang Suprapto (Penghela Rakyat, Magelang)
7. Sudjono (Surat Kabar Berjuang, Malang)
8. Suprijo Djojosupadmo (Surat Kabar Kedaulatan Rakyat,Yogyakarta)

Berdasarkan keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 pada 23 Januari 1985, Presiden Soeharto menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. Atas dasar itu, Dewan Pers kemudian menetapkan 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang9 Februari 1946: PWI Dibentuk . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.