Membahas tentangAyat Al-Quran yg Mengandung Ajaran Pentingnya Menjaga Alam dan Lingkungan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangAyat Al-Quran yg Mengandung Ajaran Pentingnya Menjaga Alam dan Lingkungan,

Masyarakat hendaknya selalu menjaga keseimbangan alam. Masyarakat dapat memanfaatkan alam sesuai kebutuhan. Memanfaatkannya secara tak berlebihan demi tercapainya keseimbangan alam.

Merawat dan menjaga alam serta lingkungan untuk berkembang dgn lebih baik sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Hal ini telah ditekankan dalam Islam bahwa keberadaan manusia di muka Bumi selain beribadah juga menjadi khalifah. Beberapa ketentuan terkait kewajiban manusia menjaga lingkungan juga termaktub dalam Al-Quran.

Allah Swt berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 22:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُون

Artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yg mau membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dgn memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yg tak kamu ketahui.”

BACA: Ingat dan Terapkan, Berikut 5 Adab Ketika Sedang di Masjid

Allah Swt dalam ayat lain juga menekankan supaya manusia selalu menjaga alam dan menghindari segala bentuk perusakan. Sebagaimana yg termaktub dalam Q.S Al-A’raf ayat 56:

وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, setelah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dgn rasa takut (tak mau diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yg berbuat baik.”

Selain itu, Allah juga berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 205. Dalam ayat ini disebutkan bahwa merusak lingkungan menjadi salah satu sifat orang munafik.

وَإِذَا تَوَلَّىٰ سَعَىٰ فِى ٱلْأَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيهَا وَيُهْلِكَ ٱلْحَرْثَ وَٱلنَّسْلَ ۗ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ ٱلْفَسَادَ

Artinya: “Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tak menyukai kebinasaan.”

Berdasarkan tiga ayat di atas, maka dapat dipahami bahwa merawat dan menjaga alam serta lingkungan sangat penting. Hendaknya sebagai manusia dan khalifah di muka bumi secara bersama-sama menjaga dan mencintai alam untuk keseimbangan di dunia ini.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangAyat Al-Quran yg Mengandung Ajaran Pentingnya Menjaga Alam dan Lingkungan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.