Membahas tentangBahasa Indonesia Berpotensi Jadi Bahasa Pengantar Internasional

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangBahasa Indonesia Berpotensi Jadi Bahasa Pengantar Internasional,

Oase.id- Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Dadang Sunendar menyebut, Bahasa Indonesia telah memenuhi syarat menjadi bahasa pengantar ASEAN. Bahasa Indonesia telah memenuhi kriteria untuk menjadi bahasa internasional.

“Yang pertama penutur Bahasa Indonesia banyak. Angkanya lebih dari 300 juta penutur. Bukan hanya di Indonesia, tapi di negara lain dgn dialek berbeda,” kata Sunendar di Gedung Kemendikbud Jakarta, sebagaimana dilansir dari Medcom.id pada Minggu, 23 Februari 2020.

Bahasa Indonesia juga telah digunakan di berbagai negara. Seperti Timor Leste, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina.

 

Meski dalam dialek berbeda, hal itu tentu menjadi catatan baik buat penggunaan Bahasa Indonesia. Selanjutnya, Bahasa Indonesia juga dikenal mudah dipelajari.
 
“Bahasa yg mudah dipelajari orang asing. Ini dapat cepat, artinya bahasa Indonesia mau mampu menjdi bahasa ilmu pengetahuan bagi siapa saja,” ungkapnya.
 
Namun hal itu mau sulit, bila Indonesia sendiri tak siap secara internal. Baik itu secara politik, sosial, dan ekonomi.
 
Namun dia menilai, belakangan hal itu kian membaik. Selain tantangan politik, sosial, ekonomi, warga Indonesia juga harus bangga dgn bahasanya.
 
“Sikap sebagian masyarakat Indonesia terhadap bahasa Indonesia sendiri. Ada yg belum bangga, belum menghormati, dan masih menganggap fungsi bahasa Indonesia hanya satu yaitu alat komunikasi saja. Salah,” jelas Dadang.
 
Menurut Dadang, fungsi utama Bahasa Indonesia ialah cermin jati diri bangsa. Selain itu juga menjadi kebanggaan dan alat pemersatu bangsa.
 
“Termasuk juga alat komunikasi budaya. Jadi sekali lagi, jangan menganggap bahasa Indonesia alat komunikasi saja. Kalau begitu, selesai telah mungkin tak perlu ada bahan bahasa,” pungkasnya.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangBahasa Indonesia Berpotensi Jadi Bahasa Pengantar Internasional . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.