Membahas tentangBeritahukan Pada Anak, Berikut 3 Tanda Baligh dalam Islam

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangBeritahukan Pada Anak, Berikut 3 Tanda Baligh dalam Islam,

Oase.id – Baligh merupakan istilah dalam hukum Islam yg menunjukkan seseorang telah mencapai kedewasaan. Nah, bagi orang tua, wajib hukumnya untuk memberikan pengetahuan terkait dgn baligh kepada anak-anaknya.

“Baligh” diambil dari kata bahasa Arab yg secara bahasa memiliki arti “sampai”, maksudnya “telah sampainya usia seseorang pada tahap kedewasaan”. Saat seorang anak telah baligh, menjadi perkara penting disebabkan kewajiban beragam mau menjadi tanggung jawab diri sendiri.

Lantas, apa yg jadi ukuran seorang anak telah baligh. Apakah usia atau ada faktor lainnya?

Syaikh Salim bin Sumair Al-Hadlrami dalam kitabnya Safinatun Najah menyebutkan tiga hal yg menandai bahwa seorang anak telah baligh.

علامات البلوغ ثلاث، تمام خمس عشرة سنة في الذكر والأنثى والاحتلام في الذكر والأنثى لتسع سنين والحيض في الأنثى لتسع سنين

“Tanda – tanda baligh yaitu ada tiga: (1) Sempurna umurnya 15 tahun pada laki – laki dan perempuan, (2) Mimpi basah atau keluarnya air mani bagi laki – laki dan perempuan setelah melewati sembilan tahun dgn menghitung tanggal hijriah, (3) Keluarnya darah pada wanita berusia sembilan tahun.”

Berikut penjelasan 3 tanda seseorang telah baligh:

1. Mencapai umur 15 tahun

Usia 15 tahun ini dihitung berdasarkan perhitungan kalender qamariyah atau biasa disebut hijriah. Dihitung dari sejak anak lahir ke dunia, maka penting bagi orang tua untuk mencatat kelahiran anak dalam hitungan hijriah. Jika anak telah berusia 15 tahun, maka ia telah termasuk baligh.

2. Keluar sperma (ihtilam)

Pada laki-laki maupun perempuan yg telah berusia sembilan tahun dan mengeluarkan cairan sperma maka ia telah mencapai baligh. Keluarnya cairan tersebut baik dalam kondisi sadar maupun sedang tidur (bermimpi) atau hal lain yg menyebabkan keluarnya sperma.

3. Haid

Bagi anak perempuan mau merasakan haid ketika usianya telah menginjak sembilan tahun atau lebih. Apabila keluar darah dari kemaluannya, maka darah tersebut dapat dimaksudkan sebagai darah haid dan sebagai ciri perempuan yg telah baligh.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangBeritahukan Pada Anak, Berikut 3 Tanda Baligh dalam Islam . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.