Membahas tentangBisa Mendatangkan Rezeki, Ini tiga Keistimewaan Surat Al-Waqiah

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangBisa Mendatangkan Rezeki, Ini tiga Keistimewaan Surat Al-Waqiah,

Oase.id – Surah Al-Waqiah merupakan surah ke 56 dalam juz 27 yg terdiri dari 96 ayat. Surat ini menceritakan tentang bagaimana hari kiamat dan balasan bagi seluruh umat, hari kebangkitan dan menjelaskan tentang penciptaan manusia, api, juga makhluk hidup lain.

Banyak kebaikan yg mau diperoleh seorang muslim apabila mereka membaca surat Al-Waqiah setiap hari. Hal ini pun tertulis dalam salah satu hadis, Rasulullah ï·º Bersabda “Barang siapa yg membaca surat al-waqiah setiap harinya maka ia tak mau ditimpakan kekafiran”.

Melansir dari berbagai sumber, kali ini Oase.id membahas tiga keistimewaan dari membaca surh Al-Waqiah, Yuk Simak!

1. Dijauhkan dari kemiskinan

Surah Al-Waqiah dikenal sebagai salah satu surah yg mau mendatangkan rezeki dan terlepas dari kemiskinan. Dalam sebuah riwayat, Khalifah Utsman bin Affan hendak memberikan sejumlah harta buat Abdullah bin Mas’ud serta putra-putranya. Namun, Abdullah bin Mas’ud menolak dan menjelaskan kepada Utsman bahwa dirinya dan seluruh putra tak takut mau kemiskinan.

Ia mengatakan bahwa dia dan putranya telah mengerjakan satu amalan yg telah diajarkan oleh Rasulullah ï·º. “Apakah Amirul Mukminin takut putra-putraku miskin? Mereka telah ku suruh membaca Surat Al Waqiah setiap malam,” kata Abdullah bin Mas’ud ketika sakit menjelang wafat.

Kemudian Abdullah menyampaikan sabda Rasulullah ï·º yg pernah didengarnya:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

“Barangsiapa membaca surah Al Waqiah setiap malam, dia tak mau menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir)

Dalam sumber lain, Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir yg diriwayatkan Anas.

وْرَةُ الْواقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلَّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ

“Surat Al Waqiah ialah surat ‘kekayaan’. Maka bacalah Surah Al Waqiah dan ajarkanlah kepada anak-anak kalian” (HR. Ibnu Murdawaih)

Dalam Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn, Imam Ja’far Ash-Shadiq menjelaskan “Barangsiapa yg membaca surah Waqiah pada malam jum’at, ia mau dicintai oleh Allah SWT, dicintai oleh manusia, tak melihat kesengsaraan, kefakiran, dipenuhi kebutuhannya, dan dijauhkan dari penyakit dunia; surah ini merupakan bagian dari sahabat Amirul Mukimin  yg bagi beliau memiliki keistimewaan yg tak tertandingi oleh yg lain.”

2. Mendapatkan Syafaat

Seorang Muslim yg rajin dan selalu mengamalkan surah Al-Waqiah, maka di akhirat nanti ia mau memperoleh syafaat. Sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah ï·º bersabda : “Barangsiapa yg merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surah Al-Waqiah, dan barangsiapa yg mau melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.”

3. Mendapatkan Ketenangan Jiwa

Selain memberikan banyak kebaikan rejeki, membaca surah Al-Waqiah mau mendapatkan ketenangan baik dari segi jiwa maupun raganya. Hal ini ditulis dalam Tsawabul A’mal hal 117, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yg membaca surah Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia mau berjumpa dgn Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.”

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangBisa Mendatangkan Rezeki, Ini tiga Keistimewaan Surat Al-Waqiah . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.