Membahas tentangDoa dan Amalan yg Bisa Dibaca Ibu Hamil Saat Memasuki Bulan Ke-4

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangDoa dan Amalan yg Bisa Dibaca Ibu Hamil Saat Memasuki Bulan Ke-4,

Saat kehamilan memasuki usia empat bulan (sekitar 17–20 minggu) menjadi momen krusial buat calon ibu. Sebab, pada momen inilah ruh ditiupkan ke janin oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk membaca doa dan amalan.

Pada usia kehamilan 4 bulan ini, ukuran tubuh janin semakin membesar. Panjang janin berkisar antara 13–16,4 cm. Beratnya sekitar 140–300 gram. Bentuk wajah janin pun mau semakin jelas.

Pada masa ini, sistem saraf janin telah mulai berfungsi. Organ reproduksinya telah berkembang sepenuhnya. Saat USG, ibu hamil mungkin telah dapat melihat jenis kelaminnya.

Dalam Islam, kehamilan bulan ke-4 merupakan periode saat ruh ditiupkan ke janin oleh Allah SWT. Terkait hal ini, Allah menjelaskan dalam Al-Quran surat Al-Mu'minun ayat 14:

ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً

Artinya: “Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yg melekat, lalu sesuatu yg melekat itu Kami jadikan segumpal daging.”

Nah, supaya kehamilan semakin membawa berkah dan kebaikan, sebaiknya sang ibu dapat mengamalkan beberapa bacaan doa

Dilansir dari buku karya Muhammad Alcaff yg berjudul “Doa dan Zikir Khusus Wanita”, wanita yg sedang memasuki kehamilan bulan ke-4 disunahkan membaca surah Ad-Dahr setiap hari Kamis dan Jumat.

Selain itu, dapat membaca surah Al-Qadr dalam seluruh bacaan salatnya. Juga dapat dibaca saat meletakkan tangan di atas perut.

Selain dua surah di atas, berikut bacaan doa yg dapat diamalkan ibu hamil saat kehamilan menginjak bulan ke-4:

Doa pertama

اَللهُمَّ احْفَظْ وَلَدِىْ مَادَامَ فِى بَطْنِىْ وَاشْفِهِ اَنْتَ شَافٍ لاَشِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُما شِفَاءً لَقاؤُما شِفَاءً لَقاؤُماً اَللهُمَّ صَوِّرْهُ حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ اِيْمَانًابِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللهُمَّ اَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِىْ وَقْتَ وِلاَدَتِىْ سَهْلاً وَّتَسْلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلاً حَاذِقًا عَلِمًا عَامِلاً. اللهم طول عمره وصحح جسده وحسن خلقه وافصح لسانه واحسن صوته لقراءة الحديث والقرآن ببركة محمد صلى الله عليه وسلم والحمد لله رب العالمين.

Artinya: “Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku, Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yg Engkau berikan, kesehatan yg tak diakhiri dgn penyakit lain.”

“Ya Allah, bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yg elok dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dgn mudah dalam keadaan selamat dan dgn bentuk yg indah dan sempurna.”

“Ya Allah, jadikanlah dia anak yg sehat dan sempurna, berakal yg cerdas, yg alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkan dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Qu'ran dan Al Hadist dgn berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Doa kedua

اَللّٰهُمَّ احْفَظْ مَافى بَطْنِ …..مِنَ الْجَنِيْنِ وَاجْعَلْهُ ذُرِّيَةُ طَيِّبَةً وَاجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا صَحِيْحًا مُعَافَى عَاقِلاً حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلاً سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفّقًا لِلْخَيْرَاتِ غَنِيًّا سَخِيًّا زَائِرًا لِلْحَرَمَيْنِ ِلاَدَاءِ النُّسُكَيْنِ بَرًّا لِلْوَالِدَيْنِ . اَللّٰهُمَّ اَحْسِنْ خَلْقَهُ وَخُلُقَهُ وَحَسِّنْ صَوْتَهُ لِقِرَأَةِ الْقُرْاَنِ الْكَرِيْمِ وَالْحَدِيْثِ النَّبَوِىِّ بِجَاهِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . اَللّٰهُمَّ وَفِّقْهُ لِطَاعَتِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ. اَللّٰهُمَّ سَهِّلْ خُرُوْجَهُ عِنْدَ الْوِلاَدَةِ وَارْزُقْهُ وَاُمَّهُ وَوَالِدَهُ السَّلاَمَةَ وَالسَّعَادَةَ وَالْعَافِيَةَ وَالشَّهَادَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَةِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Artinya: “Ya Allah, hendaklah Engkau menjaga janin yg bersemayam dalam perut… (nama Bunda), hendaklah Engkau menjadikan janin ini sebagai keturunan yg baik, dan menjadikannya sebagai anak yg saleh, yg sehat, yg selamat sentosa, yg berakal sehat, yg cerdas, yg pandai, yg mengamalkan ilmunya, yg beruntung, yg dianugerahi rezeki lapang, yg terbimbing pada perilaku-perilaku baik, yg kaya, yg dermawan, yg berkunjung ke dua negeri Haram (Mekah dan Madinah) untuk menunaikan bentuk ibadah (haji dan umrah) dan yg berbakti kepada kedua orang tuanya.”

“Ya Allah, baguskanlah dia dalam bentuk rupa dan akhlak, dan baguskanlah suaranya untuk membaca Al-Qu'ran Alkarim dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Ya Allah, hendaklah Engkau membimbing anak ini untuk mematuhi-Mu dan mengabdi kepada-Mu dgn baik.”

“Ya Allah, hendaklah Engkau mempermudah kelahiran janin ini dan hendaklah Engkau berikan rezeki padanya, dan kepada ibu-bapaknya keselamatan, keberuntungan, kesejahteraan, ke-syahid-an dan berakhir dgn baik (khusnul khatimah). Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri dan anak keturunan kami sebagai penyejuk hati, dan jadikanlah kami sebagai imam kaum bertakwa.”

Doa ketiga

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: “Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yg dilahirkannya itu, dan anak laki-laki taklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yg terkutuk.” (QS. Al-Imran: 36)

Selain membaca tiga doa di atas, ibu hamil juga dianjurkan untuk melaksanakan salat malam. Juga membaca salawat sebanyak 140 kali tiap usai salat. Juga sebelum empat bulan sepuluh hari dari masa kehamilan dianjurkan untuk memilih nama untuk anaknya.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangDoa dan Amalan yg Bisa Dibaca Ibu Hamil Saat Memasuki Bulan Ke-4 . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.